logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

11 Cara Mengatasi Anak Susah BAB yang Dapat Dilakukan

open-summary

Cara mengatasi anak susah BAB dapat dilakukan dengan mendapat cukup cairan, mengonsumsi makanan berserat, hingga menggunakan pelunak feses. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal.


close-summary

2023-03-28 10:41:28

| Dina Rahmawati

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Anak susah BAB bisa terjadi akibat kekurangan serat

Kurang serat bisa menyebabkan anak susah BAB

Table of Content

  • Apa itu susah buang air besar atau sembelit?
  • Cara mengatasi anak susah BAB
  • Penyebab anak susah BAB
  • Kapan harus membawa anak ke dokter?

Susah buang air besar (BAB) atau sembelit pada anak bisa membuat orangtua khawatir. Namun, terdapat beberapa cara mengatasi anak susah BAB yang dapat dilakukan, baik dengan perawatan di rumah ataupun sesuai anjuran dokter.

Advertisement

Walaupun gangguan pencernaan ini umumnya bukanlah masalah serius, kondisi sembelit yang menjadi kronis dapat mengiritasi atau merobek lapisan anus sehingga membuat BAB semakin terasa menyakitkan, bahkan bisa menyebabkan wasir.

Apa itu susah buang air besar atau sembelit?

Sembelit merupakan masalah yang umum terjadi pada anak. Ketika anak sembelit, mereka akan kesulitan untuk mengeluarkan fesesnya, bahkan terkadang sampai merasa kesakitan.

Sebagian besar kasus anak susah BAB hanya bersifat sementara dan bukan masalah yang serius. Namun, pada beberapa kasus tertentu, kondisi ini kadang menjadi indikasi adanya masalah serius atau menyebabkan komplikasi.

Ketika si kecil mengalami susah BAB, akan ada tanda-tanda yang dapat terjadi, seperti sakit perut, BAB kurang dari tiga kali dalam seminggu, mengejan dengan kuat, tinja yang keras dan kering, terdapat bercak atau noda kecil tinja pada celana dalam anak, hingga adanya darah di permukaan tinja yang keras.

Lantas, bagaimana cara mengatasi anak susah BAB?

Cara mengatasi anak susah BAB

Jika masalah susah BAB pada anak baru terjadi, Anda dapat mencoba mengatasinya melalui beberapa cara alami yang dapat dilakukan di rumah, sebelum berkonsultasi ke dokter. Berbagai tindakan ini dapat menjadi pertolongan pertama sembelit pada anak.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi anak susah BAB yang dapat Anda lakukan.

1. Mendapat cukup cairan

Cara mengatasi sembelit pada anak adalah dengan mendapat cukup cairan. Ketika terkena sembelit, anak harus mendapat cairan yang cukup agar pencernaannya dapat bekerja dengan baik untuk mengeluarkan feses. 

Anak berusia 1-3 tahun membutuhkan 5 gelas air putih setiap harinya, anak berusia 4-8 tahun membutuhkan sekitar 6-7 gelas, sedangkan anak berusia 9 tahun ke atas membutuhkan 8-10 gelas. Kurang minum bisa memperburuk kondisi anak.

2. Minum jus buah

Agar BAB anak lancar dan tidak keras, Anda bisa memberikan jus buah. Sebab, minuman ini umumnya mengandung pemanis sorbitol yang dapat berfungsi sebagai pencahar.

Jus apel, jus prune, atau jus pir merupakan pilihan yang tepat. Namun, jangan memberikan berbagai jus ini secara berlebihan.

3. Mengonsumsi makanan berserat

makanan berserat
Makanan berserat membantu mengatasi anak susah BAB

Cara mengatasi susah BAB pada anak juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan berserat

Untuk mengatasi anak susah BAB, tambahkan lebih banyak asupan yang mengandung serat dalam makanan anak, baik buah, sayur, sereal berserat tinggi, kacang-kacangan, maupun biji-bijian.

Makanan berserat tinggi penting untuk memperlancar BAB anak.

4. Hindari makanan cepat saji

Menghindari makanan cepat saji termasuk cara mengatasi anak susah BAB.

Pastikan anak tidak mengonsumsi makanan cepat saji dan junk food karena dapat memperlambat pencernaan sehingga memperburuk masalah sembelitnya. 

Jauhkan mereka dari kentang goreng, hamburger, gorengan, keripik kentang, dan lainnya.

5. Batasi konsumsi soda dan teh

Kandungan kafein dalam teh dan soda dapat membuat susah BAB anak semakin parah. 

Selain itu, konsumsi minuman ini bisa membuat perut kembung dan terasa tidak nyaman. Jadi, batasi pemberian kafein pada anak.

6. Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik

Anda dapat memberi makanan yang mengandung probiotik, misalnya yogurt tawar (plain) sebagai cara mengatasi sembelit pada anak

Asupan tersebut dapat memperbaiki kesehatan pencernaan dengan meningkatkan bakteri baik di dalamnya.

7. Menggunakan pelunak feses

Cara mengatasi sembelit pada anak dapat dilakukan dengan menggunakan obat pelunak feses. Namun, gunakan obat yang diformulasikan untuk anak-anak, seperti docusate, lactulose, dan sennoside B.

Obat anak susah BAB ini dapat mempermudah proses buang air besar sehingga tidak keras lagi. Namun, pastikan menggunakannya sesuai dengan petunjuk penggunaan agar tidak menyebabkan efek samping.

8. Biasakan anak BAB secara teratur

anak BAB
Biasakan anak BAB secara teratur

Solusi anak susah BAB berikutnya adalah membiasakan mereka BAB secara teratur. Supaya tidak lagi sembelit, akan lebih baik jika anak terbiasa BAB sekali atau dua kali dalam sehari. 

Waktu yang tepat untuk BAB adalah setelah makan. BAB secara teratur bisa membuat anak terhindar dari masalah pencernaan yang mengganggu.

9. Lebih banyak bergerak

Lebih banyak bergerak juga merupakan salah satu cara mengatasi anak susah BAB. Sebab, bergerak membantu merangsang usus untuk mendorong sisa makanan agar lebih mudah dikeluarkan.

Sebaliknya, orang yang tidak banyak bergerak lebih rentan mengalami susah buang air besar. Jadi, ajak anak untuk pergi keluar dan bermain daripada berlama-lama menonton TV atau bermain gawai di rumah.

10. Menggunakan obat pencahar

Selanjutnya, cara mengatasi sembelit pada anak yang dinilai efektif adalah mengonsumsi obat pencahar

Jika penumpukan feses menyebabkan penyumbatan, dokter dapat meresepkan obat pencahar untuk anak guna membantu menghilangkan penyumbatan tersebut. 

Akan tetapi, jangan memberikan obat pencahar pada anak tanpa persetujuan dari dokter dan petunjuk dosis yang tepat.

11. Memijat perut anak dengan lembut

Memijat perut anak dengan lembut dapat membantu merelaksasi otot-otot yang menopang kandung kemih dan usus sehingga meningkatkan aktivitas usus dan mendorongnya buang air besar.

Balurkan baby oil pada perut anak, kemudian pijat searah jarum jam menggunakan ujung jari. Gerakan pijat dimulai dari bagian kanan bawah perut, kemudian ke bagian tengah atas, turun ke bawah sisi kiri perut, dan ke bagian tengah bawah perut.

Baca Juga

  • 3 Cara Mengobati Penyakit Cacar agar Cepat Kering Tanpa Bekas
  • Mengenal HCU dan Fungsinya untuk Pasien, Ini Penjelasan Lengkapnya
  • Terapi Mata Minus, Solusi Efektif untuk Mengatasi Mata Minus pada Anak

Penyebab anak susah BAB

Itulah beberapa cara mengatasi anak susah BAB. Terdapat banyak faktor yang dapat menyebabkan anak mengalami sembelit. Hal ini umumnya berkaitan dengan gaya hidup anak.

Beberapa penyebab anak susah BAB, di antaranya:

1. Menahan BAB

Anak biasanya akan menahan keinginan untuk BAB karena takut pergi ke toilet atau tidak ingin istirahat dari waktu bermainnya.

Selain itu, beberapa anak mungkin juga menahan BAB karena tidak mau menggunakan toilet umum saat tidak berada di rumah, atau takut merasa sakit saat BAB.

Sering menahan BAB dapat menyebabkan anak menjadi susah untuk BAB karena tinja menjadi keras.

2. Masalah toilet training

Ketika Anda memulai toilet training terlalu dini untuk anak, mereka dapat memberontak dan menahan diri untuk BAB.

Mereka pun akan mengabaikan keinginannya untuk BAB sehingga bisa menjadi kebiasaan. Lama kelamaan, hal ini tentu dapat menjadi penyebab anak balita susah BAB.

3. Kurang serat

Serat dapat mendorong pergerakan usus sehingga memudahkan anak untuk BAB, namun banyak anak mengalami kurang serat karena tidak cukup makan buah, sayur, dan biji-bijian.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan padat yang tidak diimbangi dengan cukup serat juga bisa memicunya. Ketika kurang serat, tinja anak menjadi keras, kering, dan susah dikeluarkan.

4. Kurang cairan

anak minum air putih
Kurang cairan dapat menyebabkan anak susah BAB

Minum air putih dapat membantu serat memperlancar pencernaan sehingga mudah untuk BAB.

Namun, kurangnya cairan dalam tubuh dapat membuat anak mengalami susah BAB. Bukan hanya itu, anak juga bisa terkena dehidrasi.

5. Perubahan dalam rutinitas

Setiap perubahan dalam rutinitas anak, seperti melakukan perjalanan, terkena cuaca panas, atau stres dapat mempengaruhi fungsi ususnya. 

Mereka juga lebih rentan mengalami susah BAB ketika mulai bersekolah.

6. Obat-obatan tertentu

Obat-obatan tertentu, seperti obat penghilang rasa sakit, antasida, dan obat antidepresan, juga dapat menjadi penyebab sembelit pada anak sebagai efek sampingnya.

7. Alergi susu sapi

Alergi susu sapi atau terlalu banyak mengonsumsi produk susu, terkadang dapat menjadi penyebab balita susah BAB.

Ketika mengalami alergi susu sapi, mungkin tak hanya susah BAB yang dapat dirasakan. Gejala-gejala lain, seperti ruam, mual, ataupun muntah, bisa juga muncul.

8. Kondisi medis

Sembelit bisa terjadi karena kondisi medis tertentu, seperti hipotiroidisme (kelenjar tiroid kurang aktif), masalah metabolisme, ataupun sistem pencernaan. Namun, berbagai kondisi ini jarang terjadi pada anak-anak.

Kapan harus membawa anak ke dokter?

Bila cara mengatasi susah BAB pada anak tersebut tidak mempan, maka Anda dapat berkonsultasi pada dokter anak.

Dokter dapat meresepkan pencahar ringan atau pelunak feses yang ramah digunakan anak. Selain itu, segera bawa anak Anda ke dokter jika mengalami sejumlah gejala berikut:

  • Susah BAB berlangsung lebih dari 2 minggu
  • Demam
  • Tidak mau makan
  • Adanya darah di tinja
  • Pembengkakkan perut
  • Penurunan berat badan
  • Nyeri saat BAB
  • Ada bagian usus yang keluar dari anus.

Berbagai kondisi di atas bisa menandakan adanya masalah yang serius pada tubuh anak dan harus segera mendapat penanganan.

Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar anak susah BAB, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

penyakit anakkesehatan anakanak sakitfeses

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved