Kenali Penyebab Bisul di Ketiak Serta Cara Mengobatinya dengan Tepat


Bisul di ketiak bisa muncul akibat keringat berlebih, kebersihan tubuh yang buruk, hingga kebiasaan mencukur rambut ketiak. Meski tidak membahayakan, ada berbagai cara mengobati bisul di ketiak yang bisa dilakukan.

0,0
21 May 2019|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kebiasaan mencukur bulu ketika adalah salah satu penyebab timbulnya bisul ketiakBisul di ketiak bukan kondisi yang membahayakan
Bisul di ketiak yang tumbuh secara tiba-tiba tentu dapat mengganggu siapa pun yang mengalaminya. Selain terasa sakit, kondisi ini juga kerap dianggap sebagai penyakit kulit yang memalukan. 
Penyebab bisul di ketiak bisa karena beberapa hal. Umumnya, penyebab bisul di ketiak berkaitan dengan kebiasan sehari-hari yang kerap Anda lakukan. Kemunculan bisul di ketiak bukan merupakan kondisi yang membahayakan. Biasanya, bisul dapat sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu beberapa hari. Namun, untuk mempercepat proses penyembuhannya, ada berbagai cara menghilangkan bisul di ketiak yang dapat Anda lakukan.

Penyebab bisul di ketiak bisa terjadi

Secara umum, bisul adalah infeksi pada folikel rambut atau kelenjar minyak di kulit. Infeksi tersebut disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus yang menumpuk pada folikel rambut dalam bentuk nanah dan sel kulit mati.Penumpukan tersebut kemudian menyebabkan area kulit yang terinfeksi menjadi berwarna kemerahan dan membesar. Lama kelamaan, bisul akan membesar seiring semakin menumpuknya nanah di area tersebut.Pada bisul di ketiak, ada beberapa kondisi dan kebiasaan tertentu yang dapat memicu munculnya infeksi. Berikut adalah penyebab bisul di ketiak bisa terjadi. 

1. Keringat berlebih

Salah satu faktor risiko yang menjadi penyebab bisul di ketiak adalah produksi keringat berlebih.Produksi keringat bisa berlebih akibat cuaca panas maupun aktivitas fisik atau olahraga, yang tidak diiringi cara membersihkan diri dengan baik. Akibatnya, area tubuh tertentu jadi lebih rentan terhadap infeksi kulit, termasuk bisul. 

2. Mencukur rambut ketiak

Faktor risiko penyebab bisul di ketiak berikutnya adalah kebiasaan mencukur rambut pada area tubuh ini. Ketiak merupakan tempat menumpuknya keringat dan sel kulit mati. Jika sering mencukur rambut ketiak, maka Anda lebih berisiko terkena infeksi bakteri di ketiak.Aktivitas mencukur berpotensi menimbulkan luka atau kulit terbuka secara tidak sengaja. Hal itulah yang membuat bakteri dapat lebih mudah masuk ke bawah permukaan kulit dan menyebabkan infeksi.

3. Kebersihan ketiak kurang terjaga

Kebersihan ketiak yang tidak terjaga dengan baik juga menjadi faktor risiko penyebab bisul di ketiak. Jadi, jika Anda tidak membersihkan ketiak dengan bersih secara rutin, maka kotoran, keringat, minyak, dan sel kulit mata dapat menumpuk. Hal tersebut dapat memicu terbentuknya bisul di ketiak.

4. Sistem imun terganggu

Penyebab bisul di ketiak bisa terjadi bisa jadi karena sistem imun tubuh yang terganggu. Saat sistem kekebalan tubuh terganggu, tubuh akan lebih sulit untuk melawan infeksi bakteriItulah sebabnya, bisul umum terjadi pada orang yang mengalami diabetes melitus, kanker, maupun alergi.

5. Penyakit kulit

Adanya riwayat penyakit kulit juga bisa menjadi faktor risiko penyebab bisul di ketiak. Pasalnya, penyakit kulit, seperti eksim, bisa membuat bakteri menjadi lebih mudah masuk ke dalam tubuh. Sama halnya dengan tubuh yang kekurangan nutrisi. Sistem kekebalan tubuh orang yang mengalami kekurangan nutrisi juga rentan mengalami gangguan.Baca Juga: Penyebab Bisul di Payudara dan Cara Menghilangkannya

Ciri-ciri bisul di ketiak

Saat bisul di ketiak muncul, ada sejumlah ciri-ciri yang mungkin Anda rasakan, seperti:
  • Area kulit yang terdapat bisul jadi memerah.
  • Rasa nyeri di area kulit yang terinfeksi. 
  • Ada titik kuning atau putih di puncak tengah benjolan.
  • Benjolan dan area kulit yang terinfeksi terasa gatal. 
  • Demam. 
  • Merasa tidak enak badan. 
Perlu diketahui bahwa tidak semua orang yang mengalami bisul di ketiak akan mengalami ciri-ciri yang serupa. Sebagian orang mungkin hanya mengalami bisul berukuran kecil yang menyerupai jerawat. Sedangkan, beberapa orang lainnya mungkin mengalami ciri-ciri bisul di ketiak seperti yang telah disebutkan di atas.Baca Juga: Apa Penyebab Bisul Tanpa Mata Bisa Terjadi?

Cara mengobati bisul di ketiak

Bisul di ketiak umumnya bisa sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu 2 minggu. Meski demikian, ada beberapa cara mengobati bisul di ketiak yang bisa Anda lakukan untuk meredakan gejala nyeri yang ditimbulkan. Adapun berbagai cara mengobati bisul di ketiak adalah sebagai berikut. 

1. Gunakan kompres air hangat

Salah satu cara mengobati bisul di ketiak adalah menggunakan kompres air hangat. Cara menghilangkan bisul di ketiak dengan kompres air hangat adalah merendam kain waslap atau handuk ke dalam air hangat. Lalu, angkat kain atau handuk, peras airnya hingga terasa cukup lembap. Setelah itu, tempelkan kain atau handuk pada area ketiak yang terdapat bisul selama 20 menit.Lakukan langkah ini sebanyak 3-4 kali dalam sehari. Kompres air hangat dapat membantu cairan di dalam bisul naik ke permukaan kulit sehingga cairan nanah akan keluar dan mengering. 

2. Bersihkan bisul

Cara mengobati bisul di ketiak berikutnya adalah dengan membersihkan bisul. Saat mandi, Anda bisa menggunakan sabun mandi antibakteri yang bertujuan untuk membersihkan area kulit yang mengalami bisul. 

3. Berhenti bercukur

Berhenti bercukur juga menjadi pilihan cara mengobati bisul di ketiak. Terlebih, bila penyebab bisul di ketiak karena kebiasaan Anda mencukur rambut ketiak. Maka, Anda perlu menghentikannya untuk sementara waktu sampai bisul benar-benar sembuh.Cara menyembuhkan bisul di ketiak ini bertujuan untuk menghindari penyebaran bakteri lebih jauh.  

4. Jaga area bisul tetap kering dan bersih

Cara mengobati bisul di ketiak selanjutnya adalah menjaga area bisul tetap kering dan bersih. Pastikan Anda membersihkan area bisul setiap hari. Lalu, langsung keringkan tubuh, termasuk area ketiak, menggunakan handuk berbahan lembut.Jangan biasakan untuk menyentuh bisul karena dapat memperlambat proses penyembuhan.

5. Kenakan pakaian yang longgar

Anda juga perlu mengenakan pakaian yang longgar sebagai cara mengobati bisul di ketiak. Penggunaan pakaian yang terlalu sempit atau ketat membuat area ketiak rentan mengalami iritasi. Maka dari itu, saat bisul muncul di area ketiak, sebaiknya gunakan pakaian yang lebih longgar agar bisul tidak semakin parah akibat adanya iritasi dan gesekan berlebihan.

6. Jangan memencet atau memecahkan bisul

Meski terkadang sulit untuk ditahan, jangan berusaha untuk memencet atau memecahkan bisul tersebut. Memencet atau memecahkan bisul bukan cara mengobati bisul di ketiak yang tepat. Alih-alih menyembuhkan, langkah ini justru bisa membuat bakteri kembali masuk ke lapisan bawah kulit sehingga menyebabkan infeksi kulit lebih lanjut. 

7. Minum obat antibiotik

Cara mengobati bisul di ketiak lainnya adalah dengan minum obat antibiotik. Kendati demikian, obat bisul di ketiak berupa antibiotik hanya bisa didapat setelah Anda berkonsultasi dengan dokter. Obat antibiotik bisa diberikan oleh dokter guna mempercepat proses penyembuhan setelah cairan bisul berhasil dikeluarkan menggunakan alat steril. Baca Juga: Penyebab Bisul di Vagina dan Cara Menyembuhkannya

Cara mencegah bisul di ketiak muncul lagi di kemudian hari

Bisul di ketiak bisa dicegah selama Anda menjaga kebersihan area tubuh dengan baik. Berikut adalah beberapa cara mencegah bisul di ketiak dengan benar. 
  • Bila ingin mencukur rambut ketiak, gunakan pisau cukur yang tajam dan bersih, serta tidak memakainya bergantian dengan orang lain. 
  • Ganti pakaian setiap hari dan sesaat setelah berolahraga. 
  • Mandi tiap hari dan jangan lupa untuk membersihkan area ketiak. 
  • Ganti handuk dan sprei secara rutin.

Catatan dari SehatQ

Jika bisul tidak juga sembuh dan kemunculannya disertai demam, area kulit kemerahan, serta ada pembengkakan kelenjar getah bening, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan segera.Anda juga disarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter apabila bisul bertambah parah walaupun sudah dilakukan pengobatan rumahan, timbul rasa nyeri yang parah, jumlah bisul bertambah, atau ada riwayat diabetes, atau memiliki penyakit yang berkaitan dengan imunitas.Begitu pula bila sudah melakukan tindakan pencegahan, tetapi bisul di ketiak masih muncul kembali. Dokter mungkin akan memberikan rekomendasi obat bisul di ketiak dan tindakan medis lain sesuai tingkat keparahan bisul yang Anda alami. Anda pun bisa berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui lebih lanjut seputar cara menyembuhkan bisul di ketiak. Caranya, download sekarang App Store dan Google Play.
kesehatan kulitpenyakit kulitmasalah kulitbisul
Healthline. https://www.healthline.com/health/boils-under-arm
Diakses pada 11 April 2019
WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/guide/boils#1
Diakses pada 11 April 2019
Medicinet. https://www.medicinenet.com/boils/article.htm
Diakses pada 11 April 2019
WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/ss/slideshow-boils
Diakses pada 25 Oktober 2019
Better Health. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/boils
Diakses pada 25 Oktober 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait