Bisul di kemaluan pria tidak berbahaya, namun bisa menjadi indikasi dari infeksi jamur atau penyakit menular seksual
Bisul di kemaluan disebabkan oleh kondisi tertentu dan menjadi indikasi infeksi jamur atau penyakit menular seksual

Bisul dapat muncul pada bagian tubuh mana saja, termasuk di penis. Bisul di kemaluan pria bisa berupa kelainan yang umum, seperti jerawat, rambut tumbuh ke dalam, atau kista. Kadang bisul juga bisa menjadi tanda adanya infeksi jamur atau penyakit menular seksual. Untuk mengetahui bagaimana bisul di kemaluan pria bisa muncul, simak penjelasan seputar penyebab bisul berikut ini.

Penyebab Bisul di Kemaluan Pria

1. Jerawat

Jerawat dapat timbul di bagian tubuh mana pun yang memiliki pori-pori. Saat pori-pori kulit tersumbat oleh lemak atau sel kulit mati, ditambah dengan infeksi bakteri, menyebabkan jerawat dapat muncul. Jerawat bisa terlihat sebagai benjolan berisi nanah dan nyeri jika dipegang, namun bisa juga teraba keras.

Faktor risiko timbulnya jerawat di daerah kemaluan adalah:

  • Tidak menjaga kebersihan tubuh
  • Cuaca yang lembap
  • Kulit berminyak
  • Kebiasaan mencukur rambut kemaluan
  • Memakai baju yang terlalu ketat dan tidak menyerap keringat

Cara yang paling tepat untuk menangani jerawat pada penis adalah dengan membiarkannya, namun harus diiringi dengan menjaga daerah kemaluan tetap kering dan bersih. Memang kadang-kadang kita rasanya gemas ingin memecahkan jerawat, tapi dorongan ini sebaiknya ditahan karena malah dapat memperparah infeksi. Biasanya jerawat akan hilang dengan sendirinya.

2. Ingrown Hair (Rambut Tumbuh ke Dalam)

Ingrown hair adalah kondisi di mana ujung rambut tidak dapat tumbuh keluar, tetapi malah tumbuh kembali ke dalam kulit atau folikel rambut. Selain menyebabkan benjolan, ingrown hair sering berisi cairan bening, kekuningan, atau kehijauan seperti nanah. Ingrown hair dapat terjadi pada kulit tubuh mana saja yang berambut, termasuk di daerah selangkangan, dasar penis, ataupun batang penis. Ingrown hair paling sering ditemukan pada kulit yang rambutnya sering dicabut atau di-wax.

Bisul akibat rambut yang bertumbuh ke dalam bisa tampak kemerahan, gatal, ataupun nyeri. Ciri khas lainnya adalah tampak titik kehitaman di tengahnya.

Penanganan khusus untuk ingrown hair tidak ada karena biasanya dapat hilang dengan sendirinya. Jika Anda mau mempercepat penyembuhan bisul akibat ingrown hair, lakukan langkah-langkah ini dengan seksama:

  • Cuci daerah kelamin dan tangan dengan sabun, kalau perlu gunakan sabun antibakteri.
  • Kompres bisul dengan air hangat untuk melunakkan kulit 2-3 kali sehari
  • Hindari mencukur daerah yang terkena bisul sampai luka sembuh.

Jika terasa gatal, hindari menggaruk bisul, karena dapat memperparah iritasi dan menyebabkan infeksi. Infeksi yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan infeksi sekunder oleh bakteri dan jamur.

3. Kista

Kista adalah benjolan yang teraba keras berisi cairan, biasanya tidak disertai rasa sakit. Warnanya mirip dengan kulit, teksturnya pun sama dengan kulit sekitar. Ukuran kista jarang berubah, namun perlahan-lahan dapat membesar. Kista mungkin pecah, meradang, dan terinfeksi, yang dapat menyebabkan rasa sakit. Kondisi ini biasanya tidak membutuhkan penanganan khusus.  

Bisul pada penis juga bisa menandakan adanya herpes genital. Beberapa gejala herpes genital dengan bisul yang membedakannya dengan kelainan umum, yaitu:

  • Bisul pada herpes biasanya berupa lepuh-lepuh kecil berisi cairan bening yang berkelompok
  • Ukuran bisul lebih kecil dari 2 milimeter
  • Biasanya muncul berulang
  • Kadang disertai dengan keluarnya cairan kekuningan dari bisul
  • Bisul terasa sakit saat dipegang
  • Disertai dengan demam dan sakit kepala
  • Disertai dengan keluarnya cairan yang tidak biasa dari penis
  • Pembengkakan kelenjar di lipat paha

Jika Anda tidak yakin apakah bisul di kemaluan berbahaya atau tidak, sebaiknya Anda memastikannya dengan berkonsultasi ke dokter.

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed