10 Penyebab Bintik Merah pada Kulit yang Harus Anda Waspadai

Bintik merah pada kulit bisa disebabkan oleh gigitan serangga
Bintik merah pada kulit dapat muncul di punggung

Kemunculan bintik-bintik merah pada kulit biasanya dianggap enteng oleh penderitanya, misalnya seperti menganggapnya sebagai gigitan serangga saja. Namun, tahukah Anda bahwa bintik merah tersebut bisa disebabkan oleh berbagai kondisi lain, mulai dari yang sifatnya ringan hingga tergolong parah.

Munculnya bintik merah ini biasanya disertai dengan rasa gatal, perih, atau iritasi yang bisa mengganggu kenyamanan penderitanya. Oleh sebab itu, Anda harus mencari tahu penyebabnya agar dapat menemukan penanganan yang tepat.

Penyebab bintik merah pada kulit

Bintik merah pada kulit bisa terjadi di area tubuh mana saja, seperti wajah, punggung, perut, dada, lengan, kaki, ataupun masalah lainnya. Adapun penyebab munculnya bintik merah tersebut, di antaranya:

  • Gigitan atau sengatan serangga

Gigitan atau sengatan serangga menjadi penyebab paling umum dari bintik merah pada kulit. Ketika Anda digigit oleh nyamuk, semut, dan kutu, atau disengat oleh lebah dan tawon, maka keluhan ini bisa muncul. Selain menimbulkan bintik merah, Anda juga akan merasakan gatal, nyeri, dan pembengkakan di sekitar lokasi gigitan atau sengatan. 

  • Biang keringat

Bukan hanya terjadi pada bayi, biang keringat atau miliaria juga dapat terjadi pada orang dewasa. Biang keringat terjadi ketika keringat terjebak di bawah kulit, biasanya ketika cuaca sedang panas. Kondisi ini menyebabkan munculnya bintik-bintik kecil berwarna merah yang terkadang berisi cairan. 

  • Kudis

Kudis adalah masalah kulit yang disebabkan oleh tungau mikroskopis. Kondisi ini sangat menular, dan dapat dengan mudah menyebar melalui kontak langsung dari individu ke individu. Ketika terkena kudis, gejala yang umumnya muncul berupa bintik-bintik merah pada kulit, gatal-gatal yang hebat, dan luka di sekitar ruam akibat garukan.

  • Dermatitis kontak

Dermatitis kontak merupakan masalah kulit yang terjadi setelah Anda menyentuh suatu zat yang bersifat alergen atau iritan, seperti produk pembersih yang berbahan kimia kuat. Kulit pun akan bereaksi terhadap zat tersebut sehingga muncul bintik-bintik merah, ruam, gatal, pembengkakan, rasa terbakar, pengerasan kulit, atau melepuh. 

  • Cacar air

Cacar air adalah infeksi yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Kondisi ini menyebabkan timbulnya bintik-bintik merah kecil dan gatal pada area tertentu, namun kemudian dapat menyebar ke seluruh tubuh. Bintik-bintik tersebut selanjutnya berkembang menjadi lepuhan yang akan mengering.

  • Herpes zoster

Herpes zoster atau cacar api juga disebabkan oleh virus varicella zoster yang bisa menimbulkan bintik-bintik merah melepuh pada kulit. Kondisi ini dimulai dengan rasa tidak nyaman, gatal, atau sakit di lapisan kulit luar area tertentu. Dalam beberapa hari, bintik-bintik lepuhan kecil pun muncul dengan sensasi panas, dan lama kelamaan akan pecah hingga menimbulkan bekas luka. 

  • Kurap 

Kurap adalah infeksi jamur yang menyebabkan muncul bintik-bintik berwarna merah, gatal, bersisik, dan sedikit mengelupas dalam batasan yang melingkar. Ketika infeksi menyebar, lingkaran tersebut akan meluas. 

Kurap dapat menyebar melalui kontak langsung dengan orang atau hewan yang terinfeksi. Kurap umumnya terjadi di area selangkangan atau kaki, namun bisa juga pada area tubuh yang lain.

  • Dermatitis atopik

Dermatitis atopik merupakan jenis eksim yang umum terjadi. Tidak diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebabnya, namun faktor genetik dan lingkungan yang kurang bersih dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit ini. 

Dermatitis atopik menyebabkan timbulnya bercak merah yang kering dan gatal di kulit. Jika bercak ini sering tergores, infeksi dapat terjadi dan menimbulkan lepuhan yang mengeluarkan cairan kuning.

  • Demam berdarah

Salah satu gejala demam berdarah adalah munculnya bintik merah pada kulit. Demam berdarah adalah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk. Kondisinya berkisar dari ringan hingga berat, jadi Anda harus selalu waspada. Selain adanya bintik-bintik merah, Anda juga bisa merasakan nyeri sendi dan otot yang parah.

  • Alergi obat

Alergi obat dapat terjadi bila tubuh Anda menunjukkan reaksi alergi setelah mengonsumsi atau menggunakan suatu obat. Salah satu gejala alergi obat yang mungkin terjadi adalah munculnya bintik-bintik merah pada kulit yang sifatnya ringan atau bahkan berat. Bintik-bintik tersebut juga bisa saja terasa gatal dan mengelupas.

Untuk mengatasi bintik merah pada kulit, pengobatan yang dilakukan harus berdasarkan pada penyebabnya. Oleh sebab itu, melakukan pemeriksaan ke dokter menjadi pilihan yang tepat dalam menentukan penyebab dan pengobatan yang harus Anda lakukan. 

Dokter mungkin akan memberi salep atau obat-obatan tertentu untuk mengobati kondisi yang mendasarinya sehingga bintik merah bisa hilang dan kondisi Anda segera pulih. 

Healthline. https://www.healthline.com/health/skin/red-spots-on-skin#drug-rash
Diakses pada 11 Maret 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/skin-rash/sls-20077087?s=1
Diakses pada 11 Maret 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/317999#57-possible-causes
Diakses pada 11 Maret 2020

Artikel Terkait