Penyebab Bintik Kuning pada Mata dan Cara Menghilangkannya

0,0
25 May 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Bintik kuning pada mata dapat mengganggu penampilanBintik kuning pada mata umumnya tidak berbahaya
Bintik kuning pada mata adalah pertumbuhan kecil (nonkanker) yang dapat terbentuk di konjungtiva (lapisan tipis yang menutupi bagian putih mata), tepatnya dekat kornea. Bintik kuning yang dikenal sebagai pinguekula ini biasanya muncul di sisi dalam mata yang dekat dengan hidung.Kondisi ini umumnya tidak berbahaya, tapi mungkin dapat menyebabkan sedikit ketidaknyamanan. Sebagian orang bisa saja merasa terganggu penampilannya karena keberadaan bintik kuning di mata. Kondisi ini juga bisa mengganggu kenyamanan saat menggunakan lensa kontak.Cara menghilangkan bintik kuning di mata tidak selamanya memerlukan prosedur yang rumit. Dalam kondisi ringan, pinguekula bahkan bisa ditangani dengan obat tetes mata dan pemberian salep mata.

Penyebab bintik kuning pada mata

Bintik kuning pada mata terbentuk saat jaringan yang ada di konjungtiva berubah dan menciptakan benjolan kecil. Benjolan ini dapat mengandung protein, lemak, kalsium, atau kombinasi ketiganya.Penyebab perubahan pada jaringan konjungtiva ini belum bisa dipahami secara pasti, tapi kerap dikaitkan dengan paparan berlebihan terhadap paparan sinar matahari, debu, dan angin. Bintik kuning pada mata juga cenderung lebih sering terjadi seiring bertambahnya usia.Pinguekula berbeda dengan bintitan. Bintitan biasanya muncul pada tepi luar kelopak mata atau berupa benjolan di kelopak mata bagian dalam (hordeolum internal) yang meradang dan tampak seperti bisul atau jerawat.Hordeolum internal tidak bisa dlihat langsung dari luar karena letaknya di kelopak mata bagian dalam. Bintitan juga bisa menyebabkan mata bengkak dan rasanya lebih gatal serta menyakitkan jika dibandingkan bintik kuning pada mata atau pinguekula.

Gejala bintik kuning pada mata

Pinguekula biasanya berupa bintik kuning di mata dan lebih banyak berbentuk benjolan seperti segitiga. Bintik kuning ini umumnya tumbuh di sekitar kornea.Berikut adalah sejumlah gejala bintik kuning pada mata yang umumnya terjadi.
  • Terasa seperti ada kotoran di mata, misalnya debu, pasir, bulu mata, atau partikel kasar lainnya
  • Mata terasa kering
  • Mata terasa gatal
  • Mata tampak merah atau meradang.
Pinguekula umumnya berukuran kecil, tapi ada juga yang bisa bertambah besar walaupun sangat jarang. Bintik kuning pada mata yang membesar biasanya tumbuh dengan sangat perlahan dalam waktu yang lama.

Cara menghilangkan bintik kuning di mata

Cara menghilangkan bintik kuning di mata dapat disesuaikan dengan kondisi dan tingkat keparahannya. Pada kondisi ringan atau sedang, bintik kuning pada mata mungkin bisa diatasi dengan tindakan perawatan nonbedah.Namun, jika kondisinya ternyata lebih serius, dokter dapat merekomendasikan tindakan pembedahan sebagai cara menghilangkan bintik kuning di mata.

1. Pilihan perawatan nonbedah

Sebagian besar kasus bintik kuning pada mata sifatnya ringan dan hanya memerlukan perawatan nonbedah. Setelah melakukan pemeriksaan mata lengkap, dokter dapat meresepkan obat tetes mata atau salep oles sebagai cara menghilangkan bintik kuning di mata.

2. Tindakan pembedahan

Dokter dapat merekomendasikan prosedur bedah untuk mengangkat pinguekula jika kasus bintik kuning pada mata sudah tergolong parah atau berat. Cara menghilangkan bintik kuning di mata dengan pembedahan dapat disarankan jika:
  • Letaknya dekat dengan kornea sehingga bisa memengaruhi penglihatan
  • Menyebabkan ketidaknyamanan yang serius
  • Terus-menerus mengalami peradangan yang cukup berat walaupun sudah diberikan obat tetes mata atau salep
  • Mengganggu penggunaan lensa kontak, seperti membuatnya tidak nyaman atau membuat lensa kontak menjadi tidak pas
  • Memengaruhi estetika mata.
Cara menghilangkan bintik kuning di mata ini biasanya tidak menyebabkan komplikasi. Meskipun demikian, bukan mustahil jika bintik kuning pada mata dapat tumbuh kembali di kemudian hari.Setelah menjalani pengobatan, Anda harus merawat dan menjaga mata agar masalah ini tidak tumbuh kembali, misalnya menggunakan kacamata antiultraviolet saat Anda terpapar sinar matahari.

Jika bintik kuning pada mata tidak ditangani

Karena sifatnya jinak, bintik kuning pada mata umumnya tidak berbahaya dalam jangka panjang. Meskipun demikian, pinguekula yang tidak ditangani dapat menyebabkan ketidaknyamanan terus-menerus.Bahkan, jika posisinya sampai menutupi bagian kornea, bintik kuning pada mata berpotensi mengganggu penglihatan Anda.Mengingat perawatan bintik kuning di mata biasanya tidak rumit, lebih baik Anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis mata. Dengan demikian, mata Anda dapat segera kembali nyaman tanpa gangguan.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kesehatan matapenyakit mata
Broberg Eye Care. https://brobergeyecare.com/pinguecula/#
Diakses 11 Mei 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/pinguecula#outlook
Diakses 11 Mei 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/eye-health/internal-stye#
Diakses 11 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait