Penyebab Bibir Kering, Mulai dari Cuaca hingga Dehidrasi

Penyebab bibir kering sangatlah beragam, salah satunya paparan sinar matahari.
Penyebab bibir kering ini ternyata tidaklah asing dalam kehidupan sehari-hari.

Penyebab bibir kering masih menjadi pertanyaan besar bagi sebagian orang. Padahal, penyebab bibir kering sangat sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Sayangnya, masih banyak yang masih belum mengetahui pemicu kondisi itu.

Penyebab bibir kering, bukan hal asing

Tidak seperti bagian kulit lainnya, bibir tidak memiliki kelenjar minyak. Tak heran, bibir sangat rentan terhadap kekeringan dan menjadi pecah-pecah.

Mengetahui penyebab bibir kering tentu bisa mencegah terjadinya kondisi tersebut. Apa saja ya, yang bisa menyebabkan kulit bibir menjadi kering, dan bahkan pecah-pecah?

1. Cuaca

Cuaca menjadi salah satu penyebab bibir kering yang paling utama. Sebab, lingkungan dan cuaca bisa dengan mudah membuat bibir Anda pecah-pecah.

Misalnya, dalam keadaan cuaca dingin, bibir akan lebih rentan mengalami kekeringan dan pecah-pecah. Itulah sebabnyam Anda disarankan untuk menutup bibir dengan masker atau syal, supaya bibir kering dapat dihindari.

2. Kebiasaan menjilat bibir

Di saat bibir kering melanda, seseorang cenderung akan menjilat bibirnya untuk membuatnya basah kembali.
Memang, menjilat bibir bisa menghilangkan bibir kering, tapi hanya sementara waktu. Parahnya, kebiasaan menjilat bibir akan membuat air liur menguap di bibir, dan menarik kelembapan dari bibir Anda sehingga membuat bibir akan semakin kering.

3. Produk kosmetik

Produk kosmetik seperti lip balm, hingga lipstik, berpotensi mengandung bahan-bahan yang bisa menjadi penyebab bibir kering. Sebut saja menthol, fenol, hingga camphor.

Beberapa orang yang memiliki alergi produk kosmetik juga bisa mengalami bibir kering sebagai salah satu reaksi alerginya.

4. Paparan sinar matahari

Sinar matahari
Penyebab bibir kering salah satunya matahari

Terlalu lama terpapar sinar matahari, bisa membuat bibir kering dan pecah-pecah. Sebab, sinar ultraviolet (UV) terbukti bisa menyebabkan kulit, termasuk bibir, rusak dan kering.

Paparan sinar matahari yang terlalu lama juga bisa menyebabkan kondisi medis bernama keratosis aktinik. Penyakit ini menyebabkan bibir pecah-pecah, bertekstur kasar, serta kering.

5. Obat-obatan

Penyebab bibir kering selanjutnya datang dari beberapa jenis obat. Sebut saja antihistamin, obat kemoterapi, dan diuretik. Obat-obatan ini bisa menyebabkan dehidrasi, sehingga menjadi penyebab bibir kering.

Beberapa obat oles jerawat yang mengandung asam salisilat dan benzoil peroksida, juga bisa menjadi penyebab bibir kering.

6. Penyakit

Sejumlah penyakit pun ternyata memicu kondisi bibir kering. Sebut saja penyakit tiroid, yang mampu mengeringkan bibir dan membuatnya jadi pecah-pecah.

Kemudian, kekurangan nutrisi seperti vitamin B kompleks, zinc, hingga zat besi juga bisa menjadi penyebab bibir kering.

Tidak hanya itu, penyakit Crohn juga bisa menjadi penyebab bibir kering. Namun, kasusnya jarang terjadi.

7. Dehidrasi

Minum air
Minum air untuk atasi bibir kering

Saat tubuh Anda mengalami dehidrasi atau kekurangan air, bibir Anda akan lebih rentan mengalami kekeringan dan pecah-pecah. Minumlah 8 gelas air putih dalam sehari untuk mencegah dehidrasi.

8. Bernapas lewat mulut

Penyebab bibir kering yang satu ini mungkin menjadi kebiasaan yang sering Anda lakukan. Percayalah, bernapas lewat mulut juga bisa menjadi penyebab bibir kering. Sebab, bernapas lewat mulut bisa menghilangkan kelembapan bibir, sehingga membuatnya kering.

Cara mencegah bibir kering

Cara mencegah bibir kering sebenarnya tidak sulit dilakukan, Anda hanya perlu niat dan komitmen untuk melakukannya secara rutin.

Berikut ini adalah beberapa cara mencegah bibir kering yang mudah dilakukan:

  • Minum air yang cukup

Seperti yang sudah disinggung tadi, dehidrasi menjadi salah satu penyebab bibir kering yang sangat harus diwaspadai. Sebab, dehidrasi tidak hanya menyebabkan bibir kering, tapi juga kerugian lainnya.

Minumlah air putih secara teratur dan pastikan tubuh Anda tetap terhidrasi.

  • Tidak menjilat atau mencabut bibir kering

Kebiasaan menjilat dan mencabut bibir kering harus dihindari sebisa mungkin. Sebab, kulit yang ada pada bibir sangatlah halus dan tipis. Jika Anda mencabut kulit bibir yang kering, iritasi akan datang dan menyebabkan bibir kering.

  • Menggunakan lip balm

Gunakanlah lip balm secara teratur, untuk menghindari bibir kering. Lip balm bisa mencegah bibir kering akibat paparan sinar matahari yang Anda sering temui dalam kehidupan sehari-hari.

Mengalami bibir kering sangatlah lumrah dan hampir dirasakan setiap orang. Meski begitu, Anda disarankan untuk tidak meremehkannya. Kenalilah berbagai penyebab bibir kering di atas supaya Anda bisa terhindar dari bibir kering.

Healthline. https://www.healthline.com/health/chapped-lips#causes
Diakses pada 6 Mei 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324281#causes
Diakses pada 6 Mei 2020

Everyday's Health. https://www.everydayhealth.com/skin-and-beauty/home-remedies-for-chapped-lips.aspx
Diakses pada 6 Mei 2020

UPMC. https://share.upmc.com/2017/02/chapped-lips-treatment-prevention/
Diakses pada 6 Mei 2020

Artikel Terkait