7 Penyebab Bibir Hitam dan Cara Membuatnya Cerah Kembali

Bibir hitam dapat disebabkan karena kebiasaan merokok, terlalu banyak mengonsumsi kafein, paparan sinar matahari, dan obat-obatan
Perubahan warna bibir menjadi lebih gelap hingga menghitam disebabkan oleh kondisi tertentu

Bibir adalah salah satu bagian tubuh yang memiliki daya tarik tersendiri. Sebagian orang bahkan rela merogoh koceknya dalam-dalam untuk melakukan perawatan khusus pada bibirnya. Memiliki bibir berwarna pink kemerahan dengan bentuk proporsional biasanya salah satu hal yang diidam-idamkan banyak orang.

Akan tetapi, bibir bisa mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap hingga kehitaman. Perubahan warna bibir menjadi kehitaman ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari gaya hidup hingga kondisi medis tertentu. Lantas, apa saja penyebab bibir hitam tersebut?

Penyebab bibir hitam

Kulit mendapatkan warna dari suatu pigmen yang disebut dengan melanin. Kurangnya melanin dapat menyebabkan warna kulit menjadi lebih terang. Sementara, kelebihan melanin bisa membuat warna kulit jadi lebih gelap.

Saat kulit menghasilkan lebih banyak melanin dari biasanya, maka dapat terjadi hiperpigmentasi yang menyebabkan kulit menjadi lebih gelap ketimbang kulit-kulit lain di sekitarnya. Kondisi ini bisa memengaruhi seluruh area tubuh, termasuk bibir.

Secara alami, warna bibir setiap orang dapat bervariasi. Namun, beberapa faktor dapat menyebabkan terjadinya hiperpigmentasi sehingga warna bibir berubah menjadi kehitaman. Beberapa penyebab bibir hitam yang mungkin terjadi, di antaranya:

  • Kebiasaan merokok

Merokok memang jadi kebiasaan buruk yang dilakukan banyak orang. Nikotin dan benzpyrene dalam rokok tembakau dapat mendorong produksi melanin di kulit. Hal ini bisa menyebabkan bibir kering dan menjadi lebih gelap bahkan hitam seiring waktu. Tak hanya membuat bibir hitam, merokok juga memiliki banyak dampak negatif untuk kesehatan.

  • Terlalu banyak mengonsumsi kafein

Banyaknya mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein dapat membuat Anda mengalami dehidrasi karena seringnya buang air kecil. Dehidrasi bisa menyebabkan bibir kering, pecah-pecah, dan berubah warna jadi lebih gelap bahkan hitam.

  • Kehamilan

Sebagian ibu hamil mengalami perubahan kulit karena disebabkan oleh perubahan kadar hormon dalam tubuh. Bibir, puting payudara, hidung, pipi, dan dahi pun bisa berubah warna menjadi lebih gelap. Namun, umumnya warna kulit dapat kembali seperti semula setelah kehamilan berakhir.

  • Paparan sinar matahari

Intensnya paparan sinar matahari terhadap kulit memicu tubuh menghasilkan melanin untuk menyerap sinar ultraviolet. Hal ini merupakan mekanisme tubuh untuk melindungi kulit dari beberapa kerusakan akibat sinar matahari.

Paparan sinar matahari tersebut dapat menyebabkan kulit, termasuk bibir, menjadi lebih gelap atau bahkan kehitaman.

  • Cedera

Memar di bibir karena cedera dapat menyebabkan sebagian atau seluruh bibir menjadi berwarna hitam keunguan. Tak hanya itu, bibir yang kering, pecah-pecah, dan rusak parah pun bisa membuat bibir menjadi lebih gelap.

  • Masalah medis

Masalah medis tertentu dapat menyebabkan hiperpigmentasi, salah satunya penyakit Addison. Penyakit ini terjadi ketika kelenjar adrenalin tidak bekerja dengan baik untuk menghasilkan hormon-hormon yang penting.

Penyakit Addison dapat menyebabkan bibir menjadi gelap atau hitam, dan disertai gejala lain, seperti kelelahan, kurangnya energi, dan suasana hati yang buruk.

  • Obat-obatan dan zat kimia

Obat-obatan tertentu, seperti antibiotik oral dan antimalaria, dapat menyebabkan hiperpigmentasi. Hal ini tentu bisa membuat bibir menjadi lebih gelap bahkan kehitaman.

Setelah pengobatan selesai, seharusnya warna kulit dapat kembali normal. Akan tetapi, pada sebagian orang, kondisi ini dapat bertahan. Tak hanya kedua obat tersebut, kemoterapi juga dapat menyebabkan warna bibir menjadi lebih gelap.

Menggunakan lipstik yang kadaluarsa juga menjadi salah satu penyebab bibir hitam. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu memeriksa tanggal kadaluarsa sebelum membeli dan menggunakan produk kecantikan ini.

Cara mencerahkan bibir hitam

Jika Anda memiliki bibir hitam, tak perlu khawatir. Terdapat beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk membuatnya menjadi lebih cerah. Bahan-bahan alami yang diperlukan pun dapat dengan mudah Anda dapatkan. Berikut cara membuat bibir hitam menjadi lebih cerah:

  • Mengoleskan lemon

Setiap malam sebelum tidur, potonglah sebuah lemon dan oleskan pada bibir, terutama bagian yang berairnya. Selanjutnya, bilas bibir menggunakan air dingin di pagi hari. Rutinlah melakukan ini setiap malam kurang lebih 30 hari hingga bibir menjadi lebih cerah.

  • Menggunakan jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki sifat produksi antimelanin sehingga dapat lebih mencerahkan warna bibir. Campurkanlah dalam mangkuk 1½ sdt jeruk nipis cair, 1 sdt madu, dan 1 sdt gliserin. Setelah tercampur, oleskan pada bibir sebelum tidur. Lalu, bilaslah bibir pada pagi hari dengan bersih.

  • Mengoleskan gel lidah buaya

Studi menunjukkan bahwa senyawa dalam lidah buaya dapat menghambat produksi melanin sehingga membuat bibirnya menjadi lebih cerah. Oleskanlah gel lidah buaya ke bibir Anda sekali setiap hari. Lalu setelah mengering, bilas menggunakan air hangat. Lakukan hingga mendapat hasil yang diinginkan.

Jika bibir hitam tak kunjung kembali cerah, Anda dapat mengonsultasikan masalah ini pada dokter. Dokter akan menyarankan perawatan apa yang sebaiknya Anda lakukan.

Untuk mencegah terjadinya bibir hitam, Anda bisa menjalani gaya hidup sehat dengan tidak merokok, minum banyak air putih, dan batasi asupan kafein untuk membantu bibir tetap cerah.

Healthline. https://www.healthline.com/health/dark-lips#remedies
Diakses pada 27 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/discolored-lips#causes
Diakses pada 27 November 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326104.php#home-remedies
Diakses pada 27 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed