6 Penyebab Bibir Gatal yang Harus Ditangani

(0)
02 Aug 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Bibir gatal memang seringkali bikin sebal. Salah satu penyebabnya ialah cuaca!Bibir gatal dapat disebabkan banyak hal, salah satunya infeksi.
Bibir gatal sering kali membuat kita sebal. Bagaimana tidak, bibir gatal bisa mengundang rasa tidak nyaman selama berkegiatan. Produktivitas saat bekerja pun dapat menurun.Namun tenang, memahami berbagai penyebab bibir gatal dapat membantu Anda mendapatkan perawatan terbaik saat datang ke dokter. Maka dari itu, kenalilah berbagai kemungkinan penyebab bibir gatal berikut ini.

Penyebab bibir gatal

Bibir gatal bisa datang secara tiba-tiba dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Siapa pun dapat mengalami masalah ini.Terkadang, bibir gatal dapat menandakan adanya kondisi medis pada tubuh Anda. Tidak hanya itu, bibir gatal juga bisa disebabkan oleh reaksi alergi. Untuk mengetahui penyebab bibir gatal yang Anda alami, kenali berbagai penyebab bibir gatal di bawah ini.
  • Cheilitis kontak alergi

Cheilitis kontak alergi adalah kondisi medis yang ditandai dengan peradangan bibir akibat paparan terhadap alergen (pemicu alergi). Produk kosmetik, pasta gigi, obat kumur, hingga obat-obatan dapat menyebabkan reaksi alergi.Selain pembengkakan, bibir gatal menjadi salah satu gejala cheilitis kontak alergi yang cukup menjengkelkan. Umumnya, kondisi ini akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 24 jam. Jika tidak, segera konsultasikan masalah ini ke dokter.
  • Efek samping obat

Jangan salah, efek samping obat-obatan juga bisa menyebabkan bibir gatal. Misalnya, obat retinoid seperti isotretinoin, acitretin, dan alitretinoin, yang dikenal dapat memicu efek samping berupa bibir gatal. Obat-obatan antibiotik dengan jenis penisilin juga berpotensi mengakibatkan efek samping bibir gatal.Jika hal ini terjadi,segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
  • Kebiasaan menggigit dan menjilat bibir

Jika Anda sering menggigit dan menjilat bibir, segera hentikan kebiasaan ini. Sebab, kulit bibir sangatlah sensitif. Jika sering digigit atau dijilat, bibir gatal bisa muncul.Umumnya, bibir gatal yang diakibatkan oleh kebiasaan menjilat dan menggigit bibir akan hilang dengan sendirinya setelah Anda menghentikan kebiasaan tersebut.
  • Cuaca

Bibir yang terpapar dengan cuaca panas, dingin, ataupun berangin dalam jangka waktu yang lama, dapat menyebabkan bibir gatal-gatal. Kondisi ini biasanya lebih sering dirasakan oleh masyarakat yang tinggal di negara dengan cuaca ekstrem ataupun orang-orang yang bekerja di lapangan.Selain bibir gatal, cuaca ekstrem juga bisa mengakibatkan bibir kering dan berdarah.
  • Infeksi

Infeksi bakteri, virus, maupun jamur dapat menyebabkan bibir gatal. Contohnya, infeksi virus herpes simplex, bakteri staphylococcus, atau jamur candida yang bisa menyebabkan bibir gata-gatal.Biasanya, dokter akan meresepkan obat-obatan antibiotik untuk mengobati bibir gatal akibat infeksi. Saat infeksinya terobati, masalah bibir gatal pun dapat diatasi.
  • Bibir kering

Bibir kering yang disebabkan faktor lingkungan dapat mengundang rasa gatal. Sebab, bibir kering memiliki “benteng pertahanan” yang lemah sehingga iritasi dan rasa gatal bisa datang. Biasanya, bibir gatal akibat kulit kering ini terjadi pada masyarakat yang tinggal di negara dengan cuaca panas.Jangan khawatir, bibir kering dapat diatasi dengan menggunakan lip balm, minum air putih secara rutin, menghentikan kebiasaan merokok, hingga menggunakan pelembap ruangan atau humidifier.Selain beberapa penyebab bibir gatal di atas, masih ada beberapa kasus langka bibir gatal yang disebabkan oleh penyakit lupus, ruam kronis, folikulitis (rambut tumbuh ke dalam akibat mencukur), kekurangan nutrisi, hingga sindrom Melkersson-Rosenthal (kelumpuhan wajah).

Bagaimana cara mengobati bibir gatal?

Bibir kering
Bibir gatal bikin sebal
Cara mengobati bibir gatal tentu berbeda-beda, tergantung dari penyebabnya. Dokter akan meresepkan obat antibiotik atau krim antijamur untuk mengatasi bibir gatal yang disebabkan infeksi.Jika bibir gatal yang Anda alami disebabkan oleh reaksi alergi atau ruam, dokter bisa memberikan obat antihistamin oles atau oral.Untuk bibir gatal sekaligus kering, dokter bisa meresepkan obat yang ampuh menjaga kelembapan bibir dari cuaca ekstrem.Selain itu, jika bibir gatal Anda disebabkan oleh efek samping obat-obatan, Anda bisa berkonsultasi pada dokter untuk mengganti jenis obat-obatan yang sedang Anda konsumsi.

Segera ke dokter jika hal ini terjadi

Bibir kering
Bibir gatal? Coba atasi dengan banyak minum air
Bibir gatal bukanlah kondisi medis yang bisa disepelekan. Terutama jika berbagai gejala di bawah ini muncul disertai bibir gatal:
  • Ruam yang muncul tiba-tiba dan menyebar dari bibir ke bagian wajah
  • Perdarahan di bibir
  • Sulit bernapas
  • Bibir bengkak.
Berbagai gejala di atas dapat menandakan adanya kondisi medis lain. Maka dari itu, jangan pernah meremehkan bibir gatal, ya!
penyakitkulit dan kecantikanbibir kering
Healthline. https://www.healthline.com/health/itchy-lips
Diakses pada 21 Juli 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324281
Diakses pada 21 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait