7 Penyebab Bibir Gatal dan Cara Mengatasinya


Bibir gatal bisa disebabkan oleh kondisi kulit yang kering, infeksi, serta kondisi medis tertentu. Untuk mengetahui cara mengatasi gatal di bibir, Anda perlu memahami penyebabnya terlebih dahulu.

0,0
02 Aug 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Bibir gatal dapat disebabkan oleh kondisi bibir yang kering hingga kondisi medis tertentuBibir kering dan gatal bisa menimbulkan rasa tidak nyaman
Bibir gatal sering kali membuat Anda merasa sebal. Gatal di bibir bisa dialami oleh siapa saja. Bibir gatal dapat terjadi secara tiba-tiba dan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi yang mengalaminya. Maka dari itu, ketahui berbagai penyebab bibir untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Apa penyebab bibir gatal? 

Ada berbagai penyebab bibir gatal, seperti kondisi bibir yang kering, reaksi alergi, infeksi, hingga cedera bibir. Terkadang, gatal di bibir merupakan pertanda adanya kondisi medis tertentu yang sedang Anda alami. Untuk mengetahui selengkapnya, berikut adalah berbagai kemungkinan penyebab bibir gatal yang dialami. 

1. Bibir kering

Salah satu penyebab bibir gatal adalah kondisi bibir kering. Bibir kering akibat paparan lingkungan memang dapat menimbulkan rasa gatal. Kondisi ini bisa terjadi karena lapisan kulit bibir yang melemah sehingga rentan mengakibatkan iritasi, memerah, atau meradang. Namun, kondisi bibir kering dan gatal mungkin saja pertanda adanya kondisi medis lain yang sedang Anda alami. 

2. Paparan cuaca

Penyebab bibir gatal bisa karena paparan cuaca
Cuaca yang terlalu panas bisa menyebabkan bibir gatal
Penyebab bibir gatal bisa juga karena paparan cuaca yang terlalu panas, dingin, atau berangin dalam jangka waktu yang lama. Bibir gatal-gatal biasanya lebih sering dialami oleh masyarakat yang tinggal di wilayah dengan cuaca ekstrem ataupun orang-orang yang kerap bekerja di luar ruangan. Tak hanya menyebabkan gatal di bibir, paparan cuaca ekstrem juga bisa memunculkan gejala bibir kering dan berdarah.

3. Kebiasaan menggigit dan menjilat bibir

Jika Anda sering menggigit dan menjilat bibir, sebaiknya segera hentikan kebiasaan ini. Pasalnya, kebiasaan menggigit dan menjilat bibir bisa menjadi penyebab bibir gatal terjadi. Pada dasarnya, kulit bibir sangat sensitif. Jika bibir sering digigit atau dijilat, gatal-gatal pada bibir bisa saja muncul. Umumnya, gatal di bibir yang disebabkan oleh kebiasaan menjilat dan menggigit bibir akan hilang dengan sendirinya apabila Anda menghentikan kebiasaan tersebut.

4. Infeksi 

Infeksi virus, bakteri, dan jamur dapat menyebabkan bibir gatal terjadi. Infeksi virus herpes simplex, misalnya, dapat menyebabkan lepuhan kecil di bibir dan sekitar mulut. Lepuhan ini berisi cairan yang menimbulkan rasa nyeri dan gatal. Infeksi ini dapat menular apabila terjadi kontak langsung dengan luka penderitanya. Biasanya luka herpes akan hilang dengan sendirinya dalam satu minggu.Selain itu, infeksi bakteri Staphylococcus dan infeksi jamur Candida bisa pula menyebabkan gatal-gatal pada bibir. 

5. Cheilitis kontak alergi

Bibir gatal bisa disebabkan oleh reaksi alergi
Alergi di bibir bisa muncul sehingga menimbulkan rasa gatal
Cheilitis kontak alergi adalah reaksi alergi yang muncul akibat terpapar dengan zat pemicu alergi atau alergen. Tak hanya menyebabkan bibir gatal, kondisi ini juga menyebabkan peradangan dan pembengkakan di bibir.  Penggunaan pasta gigi, obat kumur, produk kosmetik, jenis obat-obatan tertentu, hingga makanan yang mengandung zat pengawet, pewangi, atau pewarna buatan, dapat menyebabkan reaksi alergi pada bibir ini timbul. Alergi di bibir biasanya muncul secara mendadak dan dapat hilang dengan sendirinya. Meski demikian, bila alergi pada bibir tidak membaik dalam 24 jam, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

6. Efek samping obat-obatan

Tahukah Anda kalau bibir gatal bisa disebabkan oleh efek samping obat-obatan tertentu? Beberapa jenis obat yang dapat menjadi penyebab bibir gatal adalah retinoid, seperti isotretinoin, acitretin, dan alitretinoin. Di samping itu, obat-obatan antibiotik jenis penisilin juga berpotensi menimbulkan efek samping berupa bibir gatal-gatal. Jika Anda mencurigai gatal di bibir akibat efek samping obat-obatan, segera konsultasikan dengan dokter.

7. Kondisi medis lainnya

Penyebab bibir gatal lainnya bisa jadi karena kondisi medis sebagai berikut:
  • Penyakit lupus.
  • Ruam kronis (yang terjadi cukup sering dan terjadi lebih dari 6 minggu lamanya).
  • Folikulitis (rambut tumbuh ke dalam akibat proses mencukur). 
  • Kekurangan nutrisi. 
  • Sindrom Melkersson-Rosenthal (kelumpuhan wajah).

Bagaimana cara mengatasi bibir gatal?

Pada dasarnya, cara mengatasi bibir gatal disertai bintik-binti berbeda-beda tergantung dari penyebabnya. Untuk menentukan penyebab pasti dan pemberian obat bibir bintik bintik dan gatal secara tepat, maka harus dilakukan pemeriksaan gejala yang muncul, seperti ukuran bintik, tampilan atau kondisi bintik, dan gejala lain yang dirasakan.Berikut adalah berbagai cara mengatasi bibir gatal baik melalui perawatan rumahan hingga obat yang mungkin diresepkan dokter.  

1. Jangan menggaruknya

Salah satu cara mengatasi bibir gatal adalah dengan tidak menggaruknya. Meski sulit dilakukan akibat rasa gatal yang ditimbulkan, menggaruk kulit terus-menerus justru bisa menimbulkan ruam, memperparah kondisi, bahkan rentan terhadap paparan infeksi. Hindari pula menyentuh, mencubit, atau menggosok bibir karena dapat memperparah iritasi.

2. Hentikan penggunaan produk tertentu yang menyentuh area bibir

Cara mengatasi bibir gatal yang tak kalah penting adalah menghentikan penggunaan produk tertentu yang menyentuh area bibir. Misalnya, produk kosmetik, pasta gigi, atau obat kumur.

3. Kompres dingin

Cara mengatasi bibir gatal berikutnya adalah menempelkan es batu yang sudah dibungkus handuk atau kain bersih ke area bibir. Langkah ini dipercaya dapat meredakan rasa gatal di bibir yang Anda alami.

4. Obat antihistamin

Jika alergi pada bibir yang Anda alami, biasanya dokter akan meresepkan obat antihistaminAntihistamin ada yang tersedia dalam bentuk salep untuk bibir gatal (topikal) dan obat minum (oral). Efek samping obat antihistamin yang bisa menyebabkan rasa kantuk, bisa membuat Anda tidur pulas walaupun mengalami gatal-gatal pada bibir.

5. Obat sesuai penyebab infeksi

Obat antijamur mungkin diresepkan dokter apabila Anda mengalami infeksi jamur. Sedangkan, obat antibiotik untuk gatal di bibir yang disebabkan oleh infeksi bakteri. 

6. Obat antivirus

Gatal pada bibir disebabkan oleh infeksi virus atau herpes? Maka, cara mengobati bibir gatal yang disarankan dokter adalah melalui penggunaan obat antivirus. Jika disebabkan penyakit infeksi, maka dokter dapat meresepkan antibiotik untuk infeksi bakteri, obat antijamur untuk infeksi jamur, dan obat antivirus untuk infeksi virus.

7. Penggunaan produk perawatan tertentu

Bibir kering dan gatal membutuhkan produk perawatan kulit yang berfungsi mengunci kelembapan lapisan kulit. Dokter biasanya akan merekomendasikan produk perawatan yang bersifat hypoallergenic (atau tidak rentan menimbulkan reaksi alergi) serta bebas dari kandungan zat pewangi dan bahan kimia. Jika bibir gatal Anda disebabkan oleh efek samping obat-obatan, Anda bisa berkonsultasi pada dokter. Dokter mungkin akan mengganti dosis atau jenis obat-obatan yang sedang Anda konsumsi.

Bagaimana cara mencegah gatal pada bibir agar tidak muncul lagi? 

Bibir gatal bisa diatasi dengan minum banyak air putih
Minum banyak air putih untuk mencegah rasa gatal di bibir
Selain menerapkan cara mengobati gatal di bibir, Anda juga perlu melakukan tindakan pencegahan, seperti:
  • Selalu menjaga kebersihan wajah dan mulut dengan baik.
  • Memilih produk pelembap bibir dari bahan alami yang bebas alergen.
  • Keringkan wajah dengan menepuk-nepuk perlahan, jangan menggosoknya.
  • Cukupi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi makanan sehat dan seimbang.
  • Minum banyak air setiap hari dan istirahat yang cukup.

Kapan gatal di bibir harus dikonsultasikan ke dokter? 

Bibir gatal-gatal bukan kondisi medis yang bisa disepelekan. Segera konsultasikan dengan dokter, jika gatal pada bibir disertai dengan gejala lain seperti di bawah ini, yang menandakan adanya kondisi medis lain yang sedang dialami. 
  • Ruam yang muncul tiba-tiba dan menyebar dari area bibir ke bagian wajah.
  • Perdarahan di bibir.
  • Sulit bernapas.
  • Bibir bengkak.
Anda bisa berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui lebih lanjut seputar penyebab dan cara mengobati bibir gatal lebih lanjut. Caranya, unduh aplikasinya sekarang melalui App Store dan Google Play.
kulit dan kecantikanbibir keringgatalmasalah kulithiperpigmentasi bibir
Healthline. https://www.healthline.com/health/itchy-lips
Diakses pada 21 Juli 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324281
Diakses pada 21 Juli 2020
Contact Dermatitis. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/j.1600-0536.1995.tb02068.x
Diakses pada 30 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait