7 Penyebab Bibir Bengkak Setelah Bangun Tidur

0,0
11 May 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Penyebab bibir bengkak setelah bangun tidur dapat terjadi akibat cederaBibir bengkak setelah bangun tidur bisa disebabkan oleh reaksi alergi
Pernahkah Anda menyadari bahwa bibir jadi membengkak setelah bangun tidur? Kondisi ini mungkin bisa membuat Anda khawatir, apalagi jika sebelumnya bibir baik-baik saja. Penyebab bibir bengkak setelah bangun tidur umumnya dipicu oleh peradangan atau penumpukan cairan di jaringan bibir.Cairan yang menumpuk pada jaringan akan membuat bibir Anda tampak membesar atau bengkak. Di sisi lain, ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan bibir bengkak saat bangun tidur. Apa saja?

Penyebab bibir bengkak setelah bangun tidur

Berikut adalah penyebab bibir bengkak setelah bangun tidur yang dapat Anda waspadai:
  • Cedera

Bibir kadang bisa terluka tanpa kita sadari. Entah karena tidak sengaja menggigitnya atau kena pukul sehingga timbul goresan, luka, atau memar. Cedera pada bibir tersebut bisa membuat bibir Anda membesar hanya dalam semalam. Tak heran, jika Anda menyadari bahwa bibir menjadi bengkak saat bangun tidur. Selain itu, tidur dengan posisi yang salah atau pada permukaan yang keras juga dapat memberi tekanan pada bibir hingga bisa menimbulkan pembengkakan.
  • Tersengat matahari

bibir bengkak karena sengatan matahari
Sengatan sinar matahari bisa memicu bibir bengkak
Jika Anda terkena paparan sinar matahari yang kuat di siang hari, Anda bisa mengalami bibir bengkak saat bangun tidur pada keesokan harinya. Hal ini bisa terjadi karena puncak reaksi peradangan akibat sengatan matahari terjadi sekitar 24 jam setelah terpapar.
  • Reaksi alergi

Ketika bangun tidur dan mendapati bibir bengkak, cobalah ingat kembali apa yang Anda konsumsi sebelumnya. Alergi makanan tertentu, seperti kacang-kacangan, susu, telur, kerang, ikan, atau gandum, ternyata bisa memicu bibir bengkak. Selain alergi makanan, alergi terhadap obat-obatan atau gigitan serangga juga bisa menjadi penyebab bibir bengkak setelah bangun tidur. Selain pembengkakan, Anda bisa mengalami gejala lain, seperti sensasi terbakar di mulut, gatal-gatal, batuk, dan mengi.
  • Gesekan kawat gigi

Bagi pengguna kawat gigi, Anda mungkin pernah mengalami bibir bengkak saat bangun tidur. Kondisi ini terjadi karena kawat dapat bergesekan dengan jaringan lunak di bagian dalam bibir dan pipi sehingga menyebabkan pembengkakan dan iritasi.Selain itu, kawat gigi yang terbuat dari nikel dapat mengundang reaksi alergi pada orang yang sensitif. Terbentur atau menerima pukulan di sekitar mulut juga bisa membuat kawat gigi melukai jaringan bibir sehingga menyebabkan pembengkakan.
  • Jerawat di sekitar bibir

jerawat di bibir
Jerawat di sekitar bibir bisa menyebabkan bengkak
Penyebab bibir bengkak setelah bangun tidur selanjutnya adalah jerawat di sekitar bibir. Timbulnya jerawat tersebut mungkin tidak Anda sadari sebelumnya. Pembengkakan yang parah bahkan bisa terjadi jika Anda mengalami jerawat kistik.
  • Selulitis

Selulitis juga termasuk penyebab bibir bengkak setelah bangun tidur. Selulitis adalah infeksi bakteri pada jaringan di bawah kulit yang dapat berkembang di sekitar mulut. Kondisi ini terjadi ketika bakteri masuk melalui kulit yang terluka, seperti luka operasi, luka tergores, atau gigitan serangga.Selain bibir bengkak, selulitis juga bisa memicu gejala lainnya, seperti.kulit kemerahan, nyeri, lecet, dan memar.

Cara mengatasi bibir bengkak setelah bangun tidur

Pada kasus yang ringan, bibir bengkak setelah bangun tidur tidak memerlukan perawatan khusus karena bisa hilang dengan sendirinya. Namun, untuk mempercepat penyembuhan, Anda bisa melakukan cara mengatasi bibir bengkak setelah bangun tidur sebagai berikut.
  • Perawatan di rumah

Anda bisa mencoba menempelkan kompres es yang telah dibalut handuk untuk meredakan bibir yang bengkak. Selain itu, Anda bisa melengkapinya dengan losion atau pelembap bibir jika kulit bibir kering dan pecah-pecah.
  • Pengobatan medis

Jika bibir bengkak terjadi akibat peradangan, Anda dapat menggunakan obat antiradang nonsteroid untuk meredakannya, seperti ibuprofen atau kortikosteroid. Obat ini juga dapat membantu mengatasi memar atau cedera yang menyebabkan bibir bengkak.Tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai pengobatan yang tepat untuk mengatasi keluhan bibir bengkak Anda. Jika Anda ingin bertanya lebih lanjut seputar bibir bengkak setelah bangun tidur, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
masalah kulithiperpigmentasi bibirbibir kering
Healthline. https://www.healthline.com/health/woke-up-with-swollen-lip#treatment
Diakses pada 27 April 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/woke-up-with-a-swollen-lip#treatment
Diakses pada 27 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait