Bercak putih pada wajah ternyata tak melulu disebabkan oleh panu.
Selain panu, ada berbagai faktor yang menyebabkan bercak putih pada wajah.

Munculnya bercak putih di wajah dapat dirasa mengganggu penampilan. Banyak orang beranggapan, bahwa bercak putih di kulit pasti adalah panu. Padahal, penyebab munculnya kondisi ini dapat beragam.

Agar kulit wajah dapat kembali seperti semula, ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan. Namun, perawatan yang dilakukan, tentu harus disesuaikan dengan penyebab awal munculnya bercak putih tersebut, agar dapat tepat dan efektif.

Kondisi yang Dapat Menyebabkan Bercak Putih di Wajah

Tidak melulu disebabkan oleh panu, munculnya bercak putih di wajah juga dapat disebabkan oleh berbagai kondisi di bawah ini.

1. Vitiligo

Vitiligo adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh kurangnya produksi melanin di kulit. Kurangnya pigmen tersebut memicu timbulnya bercak-bercak berwarna putih di kulit.

Vitiligo dapat terjadi pada semua area kulit, meski umumnya akan terbentuk pada wajah, leher, tangan dan lipatan-lipatan kulit. Bercak-bercak putih yang muncul, lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. Sehingga, Anda yang memiliki kondisi ini, disarankan untuk rutin menggunakan tabir surya dengan nilai SPF yang tinggi.

2. Milia

Milia merupakan bercak putih di kulit yang berukuran kecil, dan sedikit menonjol. Kondisi ini dapat terlihat sebagai benjolan-benjolan kecil di wajah, yang berwarna lebih putih dari kulit di sekelilingnya.

Milia umumnya muncul di area sekitar mata, pipi dan hidung. Meski dapat diderita baik pria dan wanita di segala usia, milia paling banyak dialami oleh bayi. Sehingga, kondisi ini juga sering disebut sebagai milk spots  atau bercak susu.

Pemakaian krim muka yang tidak cocok dengan jenis kulit wajah, dapat memicu timbulnya milia. Selain itu, kondisi ini juga dapat timbul sebagai reaksi alergi terhadap produk keras, dan akibat dari paparan sinar matahari berlebih.

3. Eksim

Salah jenis eksim yang disebut sebagai pityriasis alba, dapat menyebabkan timbulnya bercak putih di wajah. Pada orang dengan kondisi ini, kulit wajahnya akan terlihat kering, bersisik, dan mengelupas, serta terlihat berwarna lebih putih, dari area kulit di sekitarnya.

Hingga saat ini, penyebab pityriasis alba belum diketahui secara pasti. Namun, pada kebanyakan kasus, kondisi ini terlihat berkaitan dengan suatu kondisi yang dinamakan dermatitis atopik.

Selain itu, paparan sinar matahari berlebih atau infeksi jamur juga dinilai memiliki kaitan dengan kondisi yang satu ini. Meski dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa minggu, tapi pada kasus-kasus tertentu, perubahan warna yang terjadi pada kulit dapat bertahan hingga bertahun-tahun.

4. Bercak Akibat Matahari

Bercak putih di wajah yang muncul akibat paparan sinar matahari jangka panjang, disebut sebagai idiopathic guttate hypomelanosis dalam dunia medis. Jumlah serta ukuran yang muncul dapat beragam.

Umumnya, kondisi ini akan terlihat hampir serupa dengan panu. Bercak yang muncul akan berwarna putih, berbentuk bulat, rata, dan memiliki diameter sekitar 2 hingga 5 milimeter.

Tidak hanya pada wajah, bercak putih yang muncul akibat paparan matahari juga dapat muncul di tangan, punggung, dan kaki. Semakin bertambahnya usia, maka risiko seseorang memiliki kondisi ini pun akan semakin meningkat.

Langkah untuk Menghilangkan Bercak Putih di Wajah

Untuk dapat menghilangkan atau membantu memudarkan bercak putih di wajah, langkah yang dilakukan dapat berbeda tergantung dari penyebabnya. Pada milia, kondisi ini umumnya akan dapat hilang dengan sendirinya tanpa perawatan setelah beberapa minggu.

1. Menghilangkan Milia

Selain itu, mengganti produk kecantikan yang Anda pakai sebelumnya, juga dapat dilakukan apabila milia yang dialami, disebabkan oleh reaksi alergi. Jangan lupa untuk senantiasa melakukan perawatan wajah dengan tepat dan rutin.

2. Menghilangkan Vitiligo

Sementara itu pada vitiligo, perawatan dapat dilakukan sesuai petunjuk dari dokter. Dokter umumnya akan meresepkan krim-krim khusus untuk membantu mengembalikan warna kulit Anda menjadi seperti semula. Selain itu, perlindungan kulit terhadap sinar matahari juga merupakan langkah penting untuk dilakukan.

3. Menghilangkan Pityriasis Alba

Apabila bercak putih di wajah yang Anda alami disebabkan oleh pityriasis alba, maka tidak ada perawatan khusus yang perlu dilakukan. Kondisi ini dapat reda dengan sendirinya. Namun, apabila Anda mengalami gejala lain seperti gatal, dokter dapat memberikan krim atau salep khusus untuk membantu meredakannya.

4. Menghilangkan Bercak Putih Akibat Sinar Matahari

Serupa dengan kondisi di atas, bercak putih yang timbul akibat paparan sinar matahari juga tidak memerlukan perawatan khusus. Kondisi ini tidaklah berbahaya. Namun, apabila kemunculannya dirasa mengganggu penampilan, Anda dapat menggunakan krim wajah tertentu, maupun menjalani prosedur seperti dermabrasi (teknik pengelupasan kulit, untuk mengangkat kulit terluar pada wajah), agar membantu memudarkannya.

Sebelum mencoba berbagai cara menghilangkan bercak di atas, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter, untuk mengetahui secara pasti penyebab kondisi tersebut. Dengan begitu, perawatan yang dilakukan pun dapat tepat dan efektif.

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/vitiligo/treatment/
Diakses pada 18 April 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319782.php
Diakses pada 18 April 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/skin-disorders/white-spots-on-face
Diakses pada 18 April 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed