10 Penyebab Bercak Hitam di Bibir dan Cara Mengatasinya


Bercak hitam di bibir bisa disebabkan oleh alergi, hiperpigmentasi, sunspot, kekurangan vitamin, hingga kanker. Cara menghilangkan bintik di hitam sebaiknya harus disesuaikan dengan penyebabnya. Maka, penting untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

(0)
Bercak hitam di bibir bisa disebabkan oleh alergiMunculnya bercak hitam di bibir tentu bisa ganggu penampilan Anda jadi kusam
Munculnya bercak hitam di bibir tentu dapat membuat penampilan Anda jadi kusam dan tidak optimal. Bahkan, kondisi ini mungkin saja dapat menurunkan rasa percaya diri dan membuat Anda merasa khawatir. Apa penyebabnya, serta bagaimana cara menghilangkan bintik hitam di bibir?

Penyebab bercak hitam di bibir

Pada dasarnya, bercak hitam di bibir merupakan kondisi yang tidak perlu dikhawatirkan.Kendati demikian, ada beberapa kasus bercak hitam di bibir yang memerlukan penanganan dari dokter.Berikut adalah penyebab bercak hitam di bibir yang perlu Anda ketahui selengkapnya.

1. Reaksi alergi

Reaksi alergi bisa jadi penyebab bercak hitam di bibir
Bercak hitam di bibir bisa karena penggunaan lipstik yang kedaluwarsa
Salah satu penyebab bercak hitam di bibir yang Anda alami secara tiba-tiba bisa jadi karena reaksi alergi.Terlebih, bila Anda baru menggunakan produk baru, seperti lipstik atau lip balm (pelembap bibir) yang sudah kedaluwarsa, produk kosmetik, dan pasta gigi.Selain itu, produk pewarna rambut yang digunakan pada rambut wajah, serta teh hijau mengandung nikel juga dapat memicu munculnya bintik hitam di bibir.Reaksi alergi yang Anda alami itu dikenal pula sebagai kontak pigmen cheilitis.Untuk mengatasinya, pastikan Anda segera menghentikan penggunaan produk yang dicurigai memicu kemunculan bibir ada bintik hitam.Selain itu, pastikan produk kecantikan yang Anda gunakan tidak kedaluwarsa, serta disimpan dengan aman sesuai anjuran yang terdapat pada label kemasan.Produk kecantikan yang sudah kedaluwarsa dapat meningkatkan risiko munculnya alergi, atau bahkan infeksi karena lebih cepat ditumbuhi oleh bakteri atau jamur.

2. Hiperpigmentasi

Penyebab bercak hitam di bibir berikutnya adalah hiperpigmentasi.Hiperpigmentasi, atau dikenal pula dengan melasma, adalah kondisi kulit yang mengalami perubahan warna menjadi tampak kecokelatan dan keabu-abuan.Selain bibir ada bintik hitam, hiperpigmentasi bisa muncul pada area kulit wajah, seperti dahi, puncak tulang hidung, dahi, dan dagu.Anda juga dapat mengalami hiperpigmentasi pada area kulit tubuh yang kerap terpapar sinar matahari. Misalnya, bahu dan siku.
Bercak hitam di bibir akibat hiperpigmentasi
Hiperpigmentasi bisa muncul pada area bibir
Melasma lebih sering dialami oleh perempuan dibandingkan laki-laki. Faktor hormon berperan besar pada kemunculan melasma, terutama pada perempuan yang tengah hamil.Pada dasarnya, hiperpigmentasi dapat memudar dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Namun, cara menghilangkan bintik hitam di bibir yang ampuh akibat hiperpigmentasi adalah dengan menemui dokter spesialis kulit.Dokter kulit mungkin akan meresepkan produk perawatan kulit oles mengandung tretinoin, azelaic acid, dan kojic acid.Jika penggunaan obat oles di atas tak kunjung berhasil menghilangkan bintik hitam di bibir, dokter mungkin akan merekomendasikan prosedur perawatan kecantikan, seperti chemical peeling, mikrodermabrasi, dermabrasi, atau tindakan laser.

3. Sunspot

Jika gejala bercak hitam di bibir disertai kulit bersisik atau berkerak, Anda mungkin mengalami sunspot atau aktinik keratosis.Meski umum terjadi pada area wajah dan tubuh yang kerap terpapar sinar matahari, seperti telinga, leher, tangan, siku, dan kulit kepala, kemunculannya di area bibir mungkin saja tak terhindarkan.Bintik hitam di bibir akibat sunspot biasanya memiliki tanda-tanda sebagai berikut:
  • Berukuran sangat kecil hingga sebesar 2,54 cm
  • Berwarna kecokelatan atau merah
  • Teksturnya kering, kasar, dan berkerak
  • Bintik hitam ada yang datar atau timbul
Sebenarnya, keratosis dianggap sebagai gejala awal munculnya kanker. Oleh sebab itu, segera konsultasikan dengan dokter apabila Anda mencurigai penyebab bercak hitam di bibir adalah keratosis.Pasalnya, tidak semua keratosis aktif dan berpotensi menjadi kanker sehingga tidak semuanya perlu dihilangkan.Dokter mungkin akan merekomendasikan langkah pengobatan, seperti pemberian obat, chemical peeling, cryosurgery, hingga tindakan pembedahan sebagai cara menghilangkan bintik hitam di bibir sepenuhnya.

4. Angiokeratoma

Penyebab bercak hitam di kulit bisa pula akibat kondisi angiokeratoma.Angiokeratoma adalah kerusakan yang terjadi pada permukaan jaringan kulit. Biasanya, angiokeratoma lebih sering dialami oleh orang tua.Kemunculan angiokeratoma bisa bervariasi, mulai dari ukuran, bentuk, dan warna bercaknya. Akan tetapi, angiokeratoma paling sering berupa bintik hitam atau merah gelap.Permukaan bintik hitam ini tidak rata dan terlihat menyerupai kutil. Walaupun tidak membahayakan, angiokeratoma perlu diperiksakan ke dokter untuk memastikan bahwa itu bukan awal mula gejala kanker.Cara menghilangkan bintik di bibir akibat angiokeratoma bisa melalui tindakan laser atau tindakan pembekuan.

5. Dehidrasi

Bercak hitam di bibir bisa karena dehidrasi
Dehidrasi bisa membuat bercak hitam di bibir muncul tiba-tiba
Tahukah Anda kalau dehidrasi bisa jadi tanda bercak hitam di bibir muncul? Ketika tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, bibir bisa jadi kering dan pecah-pecah.Kondisi bibir kering dan pecah-pecah itulah yang lama kelamaan dapat mengelupas dan menimbulkan bekas luka, seperti bercak hitam.Cara menghilangkan bintik hitam di bibir akibat dehidrasi adalah dengan cukup kebutuhan cairan tubuh sebanyak 8 gelas per hari. Setelah Anda menghidrasi tubuh Anda, bintik hitam akan memudar sendirinya.Jika harus beraktivitas di bawah sinar matahari, gunakan lip balm yang mengandung tabir surya dan hindari kebiasaan menjilat bibir.

6. Kelebihan zat besi

Kelebihan zat besi ternyata dapat menyebabkan perubahan warna kulit, termasuk munculnya bercak hitam di bibir.Kondisi ini bisa terjadi apabila Anda terlalu banyak mengonsumsi suplemen mengandung zat besi atau menerima terlalu banyak transfusi darah.Tak hanya itu, kondisi bawaan hemokromatosis bisa membuat tubuh menyimpan kebanyakan zat besi dari makanan sehari-hari. Akibatnya, muncul bercak hitam keabuan pada kulit, termasuk bibir ada bintik hitam.Cara menghilangkan bintik hitam di bibir akibat kelebihan zat besi, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter.Dokter mungkin akan melakukan berbagai rekomendasi pengobatan, seperti menguras sebagian darah dengan prosedur phlebotomy, atau Anda diminta untuk mendonorkan darah secara rutin, serta pemberian obat khusus untuk menurunkan kelebihan zat besi.

7. Kekurangan vitamin B12

Kekurangan vitamin B12, baik dari makanan maupun suplemen kesehatan, juga menyebabkan munculnya bercak hitam di bibir.Anda perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menghilangkan bintik hitam di bibir.Dokter mungkin akan merekomendasikan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin B12. Bila perlu, ia mungkin akan meresepkan suplemen kesehatan vitamin ini.Pada kasus yang ekstrem, dokter mungkin akan merekomendasikan suntik vitamin B12 atau pemberian pil vitamin B12 dengan dosis tinggi.

8. Efek samping obat-obatan

Konsumsi obat tertentu bisa jadi penyebab bercak hitam di bibir
Obat-obatan tertentu bisa meningkatkan risiko muncul bintik hitam di bibir
Obat-obatan yang tengah Anda konsumsi dapat meningkatkan risiko perubahan warna kulit, termasuk kemunculan bercak hitam di bibir.Adapun beberapa jenis obat-obatan yang diketahui menimbulkan efek samping bibir ada bintik hitam, yakni:
  • Pengobatan kanker, seperti obat-obatan golongan cytotoxic
  • Obat-obatan antipsikotik, seperti chlorpromazine
  • Obat-obatan antimalaria, seperti quinine sulfate
  • Obat antikonvulsan, seperti phenytoin
  • Obat-obatan antiaritmik, seperti amiodarone
Jika Anda mencurigai penyebab bercak hitam di bibir akibat konsumsi salah satu obat-obatan di atas, segera konsultasikan dokter. Dokter mungkin akan mengubah jenis obat, atau memutuskan pengobatan lain.

9. Gangguan hormon

Kadar hormon tiroid yang terlalu tinggi (hipertiroidisme) atau rendah (hipotiroidisme) juga dapat memunculkan hiperpigmentasi pada beberapa area kulit tubuh, termasuk terbentuknya bercak hitam di bibir.Segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi pengobatan yang sesuai dengan kondisi yang Anda alami sebagai cara menghilangkan bercak hitam di bibir dengan ampuh.

10. Kanker

Pada kasus yang jarang, kemunculan bercak hitam di bibir sering kali dikaitkan dengan kanker kulit.Jenis kanker kulit yang ditandai dengan bintik hitam di bibir adalah karsinoma basal sel dan karsinoma skuamosa sel.Apabila gejala bintik hitam di bibir dicurigai sebagai kanker, Anda perlu memerhatikan tanda-tanda sebagai berikut:
  • Ukuran bintik atau bercaknya tidak beraturan
  • Bintik atau bercak semakin besar ukurannya
  • Ada luka berdarah atau terbuka
  • Bercak hitam di bibir mengilap
  • Ada perubahan warna yang tidak biasa
  • Bercak hitam bersisik pada kulit
Segera konsultasikan dengan dokter jika Anda mencurigai bintik hitam di bibir disertai dengan gejala di atas.

Cara menghilangkan bintik hitam di bibir

Ada berbagai cara menghilangkan bintik hitam di bibir yang bisa Anda lakukan, yakni:

1. Gunakan bahan alami

Salah satu cara menghilangkan bintik hitam di bibir bisa dengan bahan alami yang ada di rumah.Misalnya, madu, air lemon, cuka apel, gliserin, kunyit, dan teh putih. Beberapa bahan alami dipercaya dapat menyehatkan kulit dan mencerahkan warna kulit di area bibir.Anda cukup mengoleskan salah satu dari bahan alami tersebut pada area bibir selama beberapa kali dalam sehari untuk mengurangi kemunculan bintik hitam di bibir.Meski demikian, perlu diketahui bahwa cara menghilangkan bercak hitam di bibir secara alami ini belum terbukti efektif secara ilmiah. Itu artinya, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut guna mengetahui keefektifannya.Selain itu, penggunaan bahan alami sebagai cara menghilangkan bintik di ujung bibir ini tidak dapat menggantikan rekomendasi pengobatan dari dokter.

2. Lakukan eksfoliasi bibir

Cara menghilangkan bintik hitam di ujung bibir berikutnya adalah dengan mengeksfoliasi bibir dengan scrub gula atau garam.Langkah alami ini dipercaya dapat menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga menggantikannya dengan warna kulit baru.

3. Terapkan pola hidup sehat

Menerapkan pola hidup sehat juga bisa jadi cara menghilangkan bercak hitam di bibir. Anda dapat makan makanan yang sehat, bergizi, dan tinggi vitamin, serta minum banyak air putih untuk mencukupi asupan air dalam tubuh.Jika perlu mengonsumsi suplemen kesehatan tertentu, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

4. Konsultasikan dengan dokter

Cara menghilangkan bintik hitam di bibir yang paling ampuh adalah berkonsultasi dengan dokter.Dokter akan merekomendasikan pengobatan sesuai dengan penyebab bercak hitam di bibir yang Anda alami.Anda perlu segera menemui dokter apabila kemunculan bintik hitam di bibir disertai dengan ukuran yang tidak beraturan, perubahan warna tidak biasa, atau berkembang cepat.Keberadaan bintik hitam di bibir sebenarnya bukan merupakan kondisi yang perlu dikhawatirkan.Akan tetapi, perlu diketahui penyebabnya agar dapat menentukan cara menghilangkan bercak hitam di bibir yang tepat.Untuk mencegah kemunculan bercak hitam di bibir, pastikan Anda melindungi kulit bibir melalui penggunaan lip balm yang diperkaya dengan SPF.Masih punya pertanyaan seputar penyebab dan cara menghilangkan bintik di bibir? Tanyakan langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Caranya, unduh aplikasi sekarang melalui App Store dan Google Play.
penyakithiperpigmentasi bibirbibir kering
Healthline. https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/black-spots-on-lips
Diakses pada 8 Juni 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321362
Diakses pada 8 Juni 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/155039#_noHeaderPrefixedContent
Diakses pada 8 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait