9 Penyebab Benjolan di Pergelangan Tangan yang Perlu Diwaspadai

(0)
09 Sep 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Benjolan di pergelangan tangan dapat disebabkan oleh tumor ganas, hati-hati!Benjolan di pergelangan tangan harus ditangani oleh dokter.
Munculnya benjolan di pergelangan tangan dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi atau penyakit, baik yang tergolong ringan hingga mengkhawatirkan. Dengan memahami berbagai penyebabnya, penanganan terbaik pun dapat segera dilakukan.

Benjolan di pergelangan tangan, apa penyebabnya?

Dalam sebagian besar kasus, benjolan di pergelangan tangan tidak perlu dikhawatirkan. Namun, bukan berarti Anda boleh menyepelekannya karena ada juga kondisi berbahaya yang dapat menyebabkan munculnya benjolan di pergelangan tangan.Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab benjolan di pergelangan tangan yang harus diwaspadai:

1. Kista ganglion

Kista ganglion adalah benjolan nonkanker yang muncul di pergelangan tangan. Biasanya, kista ganglion akan muncul di bagian tendon atau sendi-sendi yang ada di pergelangan tangan. Benjolan ini berbentuk bulat atau oval yang berisikan cairan seperti jelly.Benjolan di pergelangan tangan akibat kista ganglion dapat terasa nyeri, terutama jika benjolan ini menekan saraf yang ada di dekatnya. Terkadang, kehadiran kista ganglion dapat mengganggu pergerakan sendi.Umumnya, dokter akan melakukan prosedur pengangkatan kista dengan cara menusuknya dengan jarum maupun dengan operasi. Namun, jika tak ada gejala yang muncul, biasanya kista ganglion akan hilang dengan sendirinya.

2. Tumor sel raksasa di tendon

Munculnya tumor sel raksasa di tendon dapat menyebabkan benjolan di pergelangan tangan. Sama seperti kista ganglion, tumor ini bersifat nonkanker dan tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya.Biasanya, tumor sel raksasa tumbuh secara perlahan dan tidak menimbulkan rasa nyeri. Tumor ini dapat muncul di selaput yang menyelimuti tendon tangan.

3. Kista inklusi epidermal

Kista inklusi epidermal adalah benjolan nonkanker yang dapat muncul di bawah kulit. Benjolan kista inklusi epidermal cukup khas karena berisikan cairan berwarna kuning yang juga dikenal dengan sebutan keratin. Biasanya, kista inklusi epidermal disebabkan oleh iritasi atau cedera pada folikel rambut.Saat kista inklusi epidermal mengalami peradangan, rasa nyeri bisa muncul. Jika hal ini terjadi, letakkan kompres hangat di atasnya untuk meredakan rasa sakit yang ditimbulkan.

4. Tumor ganas

Benjolan di pergelangan tangan
Benjolan di pergelangan tangan dapat disebabkan tumor ganas
Sebagian besar tumor yang menyebabkan benjolan di pergelangan tangan memang bersifat nonkanker. Namun, dalam kasus yang lebih langka, benjolan di pergelangan tangan juga dapat disebabkan oleh tumor ganas.Tumor ganas cenderung tumbuh dengan cepat dan bentuknya tak beraturan. Rasa nyeri akan muncul pada bagian tumor ini, terutama di malam hari.Biasanya, ada beberapa jenis kanker yang dapat menyebabkan tumor ganas di pergelangan tangan, contohnya melanoma, karsinoma sel skuamosa, liposarkoma, hingga rhabdomyosarkoma.Selain itu, masih ada beberapa jenis tumor ganas lain yang dapat muncul di pergelangan tangan, seperti lipoma, neuroma, dan fibroma.

5. Osteoartritis

Osteoartritis terjadi saat tulang rawan yang menjadi bantalan persendian mulai mengalami kerusakan. Hasilnya, timbul rasa nyeri dan bengkak pada persendian.Saat osteartritis terjadi di pergelangan tangan, akan muncul benjolan yang disertai dengan gejala kaku, bengkak, serta nyeri.

6. Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun yang menyebabkan sistem imun tubuh menyerang persendian. Hal ini dapat menyebabkan peradangan, kerusakan sel tubuh, dan deformitas (kelainan bentuk).Dalam sebuah penelitian, sekitar 25 persen penderita rheumatoid arthritis akan mengalami benjolan di bagian tubuh yang terdampak. Biasanya, benjolan ini tidak menimbulkan rasa nyeri.

7. Encok

Encok adalah salah satu jenis arthritis yang menyebabkan pembentukan kristal di bagian persendian. Hal ini dapat mendatangkan gejala nyeri, kulit kemerahan, dan pembengkakan. Encok dapat muncul di bagian tubuh mana saja, termasuk pergelangan tangan.Pembentukan kristal tersebut akan menyebabkan munculnya benjolan di pergelangan tangan. Biasanya, benjolan ini tidak terasa nyeri saat disentuh.

8. Carpal boss

Benjolan di pergelangan tangan
Carpal boss bisa sebabkan benjolan di pergelangan tangan
Carpal boss adalah pertumbuhan tulang berlebih di bagian pergelangan tangan. Terkadang, banyak orang yang menyalahartikan carpal boss dengan kista ganglion.Kondisi ini menimbulkan rasa nyeri yang mirip seperti arthritis. Rasa sakitnya dapat meningkat saat Anda memaksakan diri untuk beraktivitas. Hal ini dapat dicegah dengan beristirahat atau membatasi gerakan tubuh yang terdampak carpal boss.

9. Tertanamnya benda asing di dalam tubuh

Benda-benda asing, misalnya kayu atau kaca, bisa masuk ke dalam tubuh secara tak sengaja, termasuk di area pergelangan tangan. Jika berbagai benda tersebut tak segera diangkat, maka akan muncul pembengkakan atau benjolan di pergelangan tangan.

Kapan harus ke dokter?

Perlu diingat lagi, benjolan di pergelangan tangan adalah kondisi medis yang tak boleh diremehkan. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan penyebabnya.Jika berbagai macam gejala di bawah ini terjadi, segeralah datang ke dokter:
  • Benjolan yang tumbuh dengan cepat
  • Benjolan yang terasa sakit saat disentuh
  • Benjolan yang disertai dengan kekakuan, mati rasa dan kelemahan otot
  • Benjolan yang terinfeksi
  • Benjolan di area kulit yang mudah iritasi.
Jika berbagai gejala di atas tidak segera ditangani, ditakutkan ada komplikasi lain yang menyerang. Maka dari itu, periksakan diri Anda ke dokter jika ada benjolan di pergelangan tangan yang mencurigakan.

Pengobatan benjolan di pergelangan tangan

Terdapat beberapa pengobatan untuk benjolan di pergelangan tangan. Tentu saja, pengobatan ini berbeda-beda, tergantung dari gejala yang dirasakan.
  • Obat pereda nyeri

Jika Anda sudah tak tahan lagi dengan rasa nyeri yang datang dari benjolan di pergelangan tangan, Anda bisa membeli obat-obatan pereda nyeri di apotek, seperti acetaminophen, ibuprofen hingga naproxen. Namun, akan lebih baik lagi jika Anda berkonsultasi dulu pada dokter sebelum mengonsumsinya.
  • Obat resep dokter

Terkadang, dokter bisa meresepkan obat-obatan kortikosteroid oral ataupun suntikan untuk mengatasi benjolan di pergelangan tangan yang disebabkan oleh rheumatoid arthritis.
  • Aspirasi benjolan

Pada kasus kista ganglion ataupun kista inklusi epidermal, dokter bisa merekomendasikan Anda untuk menjalani prosedur aspirasi benjolan. Hal ini dilakukan dengan memasukkan jarum untuk mengangkat cairan di benjolan.
  • Operasi

Berbagai macam benjolan di pergelangan tangan yang disebabkan oleh kista ganglion, tumor, hingga carpal boss dapat diangkat dengan prosedur operasi.
  • Terapi kanker

Untuk benjolan di pergelangan tangan yang disebabkan kanker, dokter dapat melakukan operasi, terapi radiasi hingga kemoterapi.

Catatan dari SehatQ:

Benjolan di pergelangan tangan sebaiknya tidak diremehkan, apalagi jika Anda tidak mengetahui penyebabnya. Konsultasikan masalah ini ke dokter untuk mendapatkan penjelasan mengenai penyebab benjolan di pergelangan tangan beserta pengobatan terbaiknya.
penyakitpenyakit tanganosteoarthritisnyeri pergelangan tangan
Healthline. https://www.healthline.com/health/symptom/lumps-on-wrist-and-hands#causes
Diakses pada 26 Agustus 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/ganglion-cyst/symptoms-causes/syc-20351156#:~:text=Ganglion%20cysts%20are%20lumps%20that,in%20the%20ankles%20and%20feet.
Diakses pada 26 Agustus 2020
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait