Benjolan di Lidah Bukan Hanya Karena Sariawan, Kenali Penyebab Lainnya

Benjolan di lidah dapat timbul karena beberapa penyebab tertentu
Lidah yang sehat pada umumnya berwarna merah muda dan tidak ada benjolan

Apakah Anda pernah mengalami benjolan di lidah? Benjolan ini bisa muncul di atas ataupun di bawah lidah. Adanya benjolan pada lidah dapat menimbulkan rasa mengganjal hingga nyeri yang tentu membuat penderitanya merasa tidak nyaman.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari masalah yang tergolong ringan hingga kondisi kesehatan yang serius. Masalah ini bahkan mampu mengganggu fungsi mulut hingga membuat Anda sulit menelan makanan

Penyebab benjolan di lidah

Pada kebanyakan kasus, munculnya benjolan di lidah umumnya tidak berbahaya. Namun di sebagian kasus tertentu, kondisi ini bisa jadi menandakan masalah yang serius. Ada banyak kemungkinan penyebab benjolan di lidah, di antaranya:

  • Sariawan

Tak hanya pada bagian dalam mulut, sariawan juga dapat muncul di lidah. Sariawan ditandai dengan benjolan kemerahan yang dikelilingi oleh lapisan putih atau kekuningan di sekitarnya.

Kondisi ini menimbulkan rasa sakit yang terkadang membuat penderitanya sulit makan. Sebagian besar sariawan biasanya akan hilang dengan sendirinya.

  • Alergi

Alergi dan intoleransi makanan dapat menyebabkan munculnya benjolan di lidah, atau bahkan menimbulkan pembengkakan. Pada kasus yang parah, bisa menimbulkan anafilaksis yang ditandai dengan pembengkakan pada bibir, mulut, dan lidah, ruam atau gatal-gatal, serta sulit bernapas.

  • Cedera lidah

Sama seperti area tubuh lainnya, lidah juga dapat membengkak saat mengalami cedera. Ketika Anda tidak sengaja menggigit lidah, maka dapat timbul benjolan yang membengkak selama beberapa hari setelah cedera.

  • Lie bumps (papillitis)

Terjadinya peradangan papila (tonjolan pada lidah untuk pengecapan rasa) dapat membentuk benjolan kecil berwarna putih atau merah (lie bumps).

Kondisi ini juga bisa menimbulkan rasa nyeri, gatal, dan sensasi terbakar pada lidah. Namun Anda tak perlu khawatir, lie bumps biasanya tidak serius dan akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.

  • Iritasi dan infeksi

Makanan tertentu, terutama yang sangat asam atau pedas, dapat mengiritasi lidah sehingga menimbulkan bintik-bintik keras yang bisa memicu munculnya benjolan.

Tak hanya itu, infeksi jamur juga dapat menyebabkan munculnya benjolan berwarna putih di lidah. Masalah ini umumnya terjadi karena kurang menjaga kebersihan pada gigi dan mulut.

  • Herpes oral

Salah satu jenis herpes yang berpotensi menimbulkan benjolan di mulut adalah herpes oral. Herpes ini bisa menular dan menyebar melalui air liur, serta kontak langsung dengan area yang terinfeksi atau dengan lapisan mulut dan lidah.

Sebagian besar penderita herpes oral memiliki luka lepuh (benjolan-benjolan kecil berisi cairan) di sekitar bibir atau mulutnya. Sementara pada beberapa penderita, luka lepuh tersebut ada pada lidah atau gusinya. Kondisi ini bisa terasa sangat menyakitkan.

  • Papiloma skuamosa

Papiloma skuamosa adalah benjolan tunggal yang bentuknya tak beraturan dan dapat muncul di berbagai area tubuh, termasuk lidah. Penyebab kondisi ini dikaitkan dengan infeksi human papillomavirus (HPV).

  • Kanker lidah

Pada beberapa kasus, benjolan di lidah bisa disebabkan oleh kanker lidah. Benjolan kanker ini biasanya muncul di sisi lidah, bertekstur keras, dan tidak menimbulkan nyeri pada awalnya. Benjolan juga bisa berwarna abu-abu, merah muda, atau merah. Ketika Anda menyentuhnya, dapat terjadi pendarahan.

Cara mengatasi benjolan di lidah

Untuk mengatasi benjolan di lidah, perlu dilakukan tindakan penanganan berdasarkan penyebabnya. Jika benjolan di lidah tak kunjung hilang dengan sendirinya, semakin besar, atau disertai gejala lain, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Di samping itu, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meringankan kondisi ini, yaitu:

  • Hindari makanan asam dan pedas hingga benjolan hilang
  • Minum banyak air putih kurang lebih 8-10 gelas per hari
  • Berkumur menggunakan air hangat dan baking soda secara teratur
  • Hindari obat kumur yang mengandung alkohol.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut juga penting dilakukan agar benjolan pada lidah tidak semakin memburuk dan mengurangi risiko terjadinya kanker. Lakukan hal-hal berikut untuk menjaga kebersihan mulut dengan benar:

  • Menyikat gigi minimal 2-3 kali sehari
  • Menyikat gigi sebelum tidur
  • Melakukan pemeriksaan gigi setidaknya dua kali dalam setahun
  • Berkumur hingga bersih
  • Hindari makanan yang bisa mengiritasi gusi dan lidah
  • Batasi mengonsumsi camilan dan makanan manis yang dapat menyebabkan kerusakan gigi
  • Berhenti merokok
  • Batasi minum alkohol.

Konsultasikan pada dokter bila benjolan di lidah tidak kunjung hilang dalam waktu yang lama. Dokter akan melakukan diagnosis dan menentukan tindakan yang tepat untuk menangani kondisi Anda.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321891.php#outlook
Diakses pada 17 Desember 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/tongue-bumps#lie-bumps
Diakses pada 17 Desember 2019

Artikel Terkait