8 Penyebab Benjolan di Ketiak Saat Menyusui dan Cara Mengatasinya

(0)
Benjolan di ketiak saat menyusui belum tentu pertanda kankerBenjolan di ketiak saat menyusui bisa jadi merupakan benjolan yang terdapat di payudara
Perubahan payudara selama dan setelah kehamilan merupakan hal yang normal terjadi. Termasuk munculnya benjolan di payudara saat menyusui. Namun, tidak hanya di payudara, beberapa ibu menyusui mungkin ada yang mengalami benjolan di ketiak saat menyusui.Tak ayal apabila kondisi tersebut membuat para ibu khawatir dan timbul pertanyaan, apakah benjolan di ketiak saat menyusui merupakan gejala kanker? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak artikel selengkapnya di bawah ini.

Benjolan di ketiak saat menyusui, mungkinkah tanda kanker?

Pada dasarnya, jaringan payudara bisa mencapai ke area ketiak. Jadi, jika Anda merasa ada benjolan di ketiak saat menyusui maka ini bisa jadi merupakan benjolan yang terdapat di payudara.Benjolan di payudara adalah salah satu ciri kanker payudara paling umum yang bisa dikenali oleh para wanita. Akan tetapi, penting diketahui bahwa tidak semua benjolan merupakan tanda kanker payudara.Maka dari itu, Anda tetap perlu memerhatikan letak dan perkembangan benjolan di ketiak saat menyusui.Jika benjolan di ketiak saat menyusui perlahan mengecil atau hilang dalam beberapa minggu, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Sebaliknya, apabila Anda mencurigai benjolan di ketiak saat menyusui merupakan tanda kanker, ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter guna melakukan pemeriksaan lebih lanjut.Beberapa ciri-ciri kanker payudara yang mungkin menjadi penyebab benjolan di ketiak saat menyusui, di antaranya:
  • Pembengkakan pada puting susu yang bukan disebabkan oleh ASI.
  • Nyeri pada bagian payudara tetapi tidak kunjung hilang.
  • Iritasi pada kulit atau perubahan pada kulit.
  • Retraksi puting atau kondisi puting payudara masuk ke dalam.
  • Terasa bengkak tetapi tidak disertai benjolan

Apa penyebab benjolan di ketiak saat menyusui?

Belum tentu gejala kanker, benjolan di ketiak saat menyusui dapat muncul akibat kondisi lain, seperti infeksi tertentu. Berikut adalah beberapa kondisi yang menjadi penyebab benjolan di ketiak saat menyusui:

1. Saluran air susu tersumbat

Penyumbatan saluran air susu (ASI) dapat menyebabkan benjolan di payudara. Mengingat jaringan payudara juga dapat mencapai ketiak, maka benjolan di ketiak saat menyusui bisa saja muncul.Penyebab saluran air susu tersumbat memang belum dapat diketahui secara pasti. Namun, ada berbagai faktor risiko yang menyebabkan saluran air susu tersumbat, seperti:
  • Bayi belum dapat mengisap ASI dengan baik
  • Pakaian yang Anda kenakan terlalu ketat pada bagian payudara
  • Anda sudah lama tidak memberikan ASI secara langsung pada anak

2. Pembengkakan pada payudara

Salah satu penyebab benjolan di ketiak saat menyusui adalah pembengkakan pada payudara. Umumnya, pembengkakan pada payudara akan disertai dengan benjolan di ketiak.Pembengkakan dapat terjadi ketika payudara terlalu penuh, di mana air susu ibu (ASI) belum dikeluarkan atau diberikan kepada bayi. Gejala pembengkakan pada payudara, meliputi:
  • Kulit yang lebih meregang ketat pada payudara sehingga tampak lebih mengkilap.
  • Payudara lebih keras dan kencang disertai timbulnya rasa nyeri.
  • Puting payudara menjadi rata dan kencang sehingga membuat proses menyusui jadi lebih sulit.
  • Demam ringan.
Jika tidak segera diobati, pembengkakan pada payudara yang menjadi penyebab benjolan di ketiak saat menyusui ini bisa berisiko menyumbat saluran ASI atau dikenal dengan istilah mastitis.Namun, apabila gejala belum membaik juga, sebaiknya temui dokter atau konsultan laktasi untuk mendapatkan penanganan medis secepatnya.

3. Mastitis

Mastitis adalah suatu peradangan, pembengkakan, atau penebalan pada jaringan payudara yang disebabkan oleh infeksi saluran air susu yang tersumbat, serta alergi. Jika Anda mengalami benjolan di ketiak saat menyusui, maka bisa jadi Anda terkena mastitis.Beberapa gejala mastitis dapat meliputi:
  • Pembengkakan pada payudara
  • Kulit kemerahan, terkadang dalam pola berbentuk irisan
  • Payudara terasa lebih sensitif
  • Rasa sakit atau sensasi terbakar saat menyusui
  • Menggigil, sakit kepala, dan gejala menyerupai flu
  • Demam sekitar 38,3 derajat Celsius atau bahkan lebih tinggi

4. Abses

Abses adalah sebuah benjolan yang bengkak dan menimbulkan rasa sakit. Pada ibu menyusui, abses sebenarnya merupakan kondisi medis yang jarang terjadi pada ibu menyusui.Abses payudara dapat berkembang apabila mastitis atau pembengkakan ekstrem tidak diobati dengan cepat atau dengan benar.Jika ibu menyusui mengalami abses, Anda mungkin merasakan benjolan berisi nanah di dalam payudara yang akan menimbulkan rasa sakit saat disentuh.Kulit di sekitar abses mungkin akan memerah dan panas untuk disentuh. Beberapa perempuan juga merasakan demam dan gejala mirip flu.Abses merupakan suatu kondisi yang memerlukan perhatian medis sesegera mungkin. Dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan USG guna mendiagnosis abses. Umumnya, abses hanya dapat ditangani dengan operasi abses untuk mengeluarkan nanah.

5. Pembengkakan kelenjar getah bening

Kelenjar getah bening yang membengkak, melunak, atau membesar dapat Anda rasakan di bawah salah satu atau kedua lengan Anda.Mengingat jaringan payudara dapat meluas ke ketiak, maka pembengkakan kelenjar getah bening bisa menjadi penyebab benjolan di ketiak saat menyusui. Pembengkakan kelenjar getah bening akibat pembengkakan atau infeksi, gejalanya akan seperti mastitis.Jika Anda khawatir dengan pembengkakan kelenjar getah bening yang dialami, alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter mungkin akan memberikan resep antibiotik, atau merekomendasikan pemeriksaan USG dan pengobatan lebih lanjut.

6. Kista

Kista jinak atau galactocele dapat berkembang di payudara. Jenis kista ini bentuknya bulat serta terasa lembut dan tidak bertekstur saat disentuh.Hal tersebut yang membuat benjolan di payudara terasa tidak menyakitkan, tetapi tetap membuat tidak nyaman. Termasuk menyebabkan benjolan di ketiak saat menyusui. Ketika kista dipijat, air susu mungkin dapat keluar.Biasanya, galactocele dapat hilang dengan sendirinya saat Anda berhenti menyusui.Jika Anda ingin memeriksakannya ke dokter, dokter mungkin akan mengambil sampel dari isi kista dan meminta Anda untuk melakukan pemeriksaan USG guna mengetahui apakah jenis kista tersebut jinak atau tidak.

7. Lipoma

Lipoma juga bisa menjadi salah satu penyebab benjolan di ketiak saat menyusui.Lipoma adalah benjolan lemak yang tumbuh secara lambat di antara kulit dan lapisan otot. Jika ditekan dengan jari secara perlahan, lipoma terasa lunak dan mudah untuk digoyangkan. Selain itu, lipoma juga tidak menyebabkan rasa nyeri saat ditekan.

8. Hematoma

Hematoma adalah kumpulan darah tidak normal di bawah kulit akibat trauma atau tindakan operasi. Hematoma dapat menimbulkan rasa nyeri, kemerahan, dan pembengkakan. Jika kumpulan darah dekat dengan kulit ketiak, maka ia akan mengalami perubahan warna atau memar.

Cara mengatasi benjolan di ketiak saat menyusui

Untuk membantu mengatasi benjolan di ketiak saat menyusui, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, yaitu:
  • Memijat-mijat area kulit yang terdapat benjolan secara perlahan.
  • Lakukan kompres air hangat pada area yang terdapat benjolan, mulai dari ketiak hingga payudara.
  • Gunakan kompres air dingin (air es) pada area ketiak hingga payudara sesaat setelah menyusui buah hati.
  • Kenakan pakaian yang longgar dan nyaman sehingga tidak mengiritasi puting atau payudara, yang menjadi penyebab benjolan di ketiak saat menyusui. Hindari juga penggunaan bra yang terlalu ketat.
  • Pastikan bayi Anda menyusui dengan posisi yang benar sehingga air susu yang dikeluarkan tidak tersumbat. Dengan ini, Anda dapat terhindar dari penyumbatan saluran air susu dan pembengkakan payudara yang menjadi penyebab benjolan di ketiak saat menyusui.

Kapan harus menemui dokter?

Anda perlu menemui dokter apabila cara mengatasi benjolan di ketiak saat menyusui di atas tidak kunjung hillang. Terlebih, jika benjolan di ketiak saat menyusui disertai beberapa gejala sebagai berikut:
  • Area benjolan di ketiak berwarna kemerahan dan ukurannya bertambah besar.
  • Mengalami demam tinggi dan gejala mirip flu.
  • Merasa nyeri atau tidak nyaman.
Dokter mungkin akan meresepkan antibiotik apabila infeksi atau mastitis menjadi penyebab benjolan di ketiak. Selain itu, dokter juga bisa merekomendasikan obat pereda nyeri yang aman untuk ibu menyusui.Pada beberapa kasus benjolan di ketiak saat menyusui, pemeriksaan lanjutan, seperti USG atau mammogram, mungkin diperlukan. Hal ini bertujuan untuk memastikan benjolan di ketiak saat menyusui tersebut jinak dan tidak berbahaya.
bayi & menyusuimenyusuiibu menyusuipayudara
Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/breastfeeding-lump#overview
Diakses pada 3 Juli 2020
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/breastfeeding-and-breast-lumps-whats-normal-431771
Diakses pada 3 Juli 2020
Health Central. https://www.healthcentral.com/article/armpit-lumps-are-they-serious
Diakses pada 3 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait