Bagaimana Belek Bisa Muncul dan Apakah Ini Kondisi yang Normal?


Belek alias kotoran mata di pagi hari adalah hal yang amat wajar. Namun, jika mata belekan terjadi terus-menerus, Anda perlu waspada. Kondisi ini bisa jadi menandakan adanya masalah tertentu pada mata, seperti infeksi virus atau bakteri.

(0)
22 Apr 2021|Rena Widyawinata
membersihkan dan mengucek belek atau kotoran mataBelek mata merupakan hal yang normal dialami setiap orang
Anda tentu sering mendapati adanya belek, alias kotoran mata, terutama saat pagi hari. Kotoran mata atau belek adalah hal yang amat normal terjadi. Namun, mata belekan terus-menerus bisa juga menjadi tanda adanya gangguan kesehatan. 

Penyebab munculnya belek mata 

Bangun tidur di pagi hari adalah saat paling sering Anda menemukan adanya belek alias kotoran di sudut dalam mata Anda. Belek atau kotoran mata terbentuk dari campuran minyak, lendir (mukosa), air mata, dan sel-sel kulit mati atau kotoran yang dikeluarkan oleh mata.Normalnya, mata akan terus memproduksi minyak, mukosa, dan air mata untuk mencegah mata kering. Tubuh akan membantu menjaga kelembapan mata melalui proses berkedip yang kerap Anda lakukan saat Anda terjaga.Pada Cleveland Clinic, Aimee Haber, seorang dokter mata mengatakan bahwa saat tertidur, kita tidak berkedip. Akan tetapi, mata tetap memproduksi minyak dan air mata. Sisa dari produksi itulah yang kemudian berkumpul di sudut mata, dan kita kenal dengan sebutan belek. Bahkan, kotoran mata ini juga membuat Anda kesulitan membuka mata karena mengering saat pagi hari.Meski belek sering kali muncul di pagi hari, Anda juga mungkin memiliki kotoran mata di waktu lain, seperti siang hari atau malam. Anda tak perlu khawatir, karena hal ini normal terjadi.

Penyebab mata belekan yang perlu diwaspadai

mata belekan akibat bintitan
Kelopak mata bengkak akibat infeksi bisa memperburuk munculnya belek
Meski munculnya kotoran mata adalah hal yang wajar, kondisi ini bisa jadi menandakan adanya gangguan kesehatan pada mata Anda.Belek normalnya tidak keluar terlalu banyak, berwarna putih, dan memiliki tekstur yang lengket berlendir jika tidak mengering. Kotoran mata yang berwarna kuning atau hijau dan memiliki tekstur lengket bisa jadi adalah tanda infeksi atau penyakit mata. Terlebih jika jumlahnya menjadi lebih banyak dari biasanya.Beberapa penyebab mata belekan yang perlu Anda waspadai, antara lain:

1. Konjungtivitis

Konjungtivitis adalah peradangan pada konjungtiva mata, yaitu selaput tipis pada mata. Kondisi ini bisa terjadi akibat infeksi bakteri, virus, ataupun alergi. Konjungtivitis dapat menyebabkan mata berair terus-menerus, belekan, dan kemerahan. 

2. Penyumbatan saluran air mata

Kondisi ini terjadi pada sekitar 10% bayi yang baru lahir. Penyumbatan saluran air mata juga dapat membuat mata anak terus berair dan terasa lengket saat kotoran mata mulai mengering.

3. Bintitan

Bintitan (hordeolum) merupakan infeksi bakteri yang terjadi pada kelopak mata. Kondisi ini menyebabkan Anda memiliki jerawat di tempat tumbuhnya bulu mata. Kondisi ini juga dapat menyebabkan belek lebih banyak dari normal.

4. Blefaritis

Mirip dengan bintitan, blefaritis juga merupakan kondisi yang muncul pada kelopak mata, tepatnya area tumbuhnya bulu mata. Blefaritis umumnya terjadi karena penyumbatan kelenjar minyak kecil dan menyebabkan mata merah, iritasi, dan belekan.

5. Mata kering

Mata kering bisa terjadi karena kekurangan produksi air mata atau kelenjar meibom (minyak) yang tidak berfungsi dengan baik. Selain kering, gejalanya juga bisa berupa mata berair yang berujung pada berlebihnya kotoran mata.

6. Ulkus kornea

Mata kering yang ekstrem atau infeksi dapat berujung pada ulkus kornea. Saat kornea mengalami iritasi dan infeksi, mata Anda akan memproduksi lebih banyak belek mata.

7. Alergi

Alergi yang menyerang mata juga bisa menjadi penyebab belekan. Ini karena alergen (pemicu alergi) dapat menyebabkan iritasi pada mata yang berujung pada produksi kotoran mata yang berlebih.

Cara membersihkan mata yang benar

cara membersihkan mata dari belek yang benar
Membersihkan mata yang benar dapat mencegah infeksi penyebab belek menyebar
Kotoran mata berlebih dapat muncul karena adanya infeksi mata. Infeksi mata sendiri dapat dipicu oleh debu atau kotoran. Apabila munculnya belek mata terasa sampai mengganggu penglihatan, segeralah mengunjungi dokter.Dokter mungkin akan memberikan pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda. Sembari menjalani pengobatan, Anda juga tetap wajib untuk menjaga kebersihan mata.Tak hanya mempercepat penyembuhan, membersihkan mata dengan benar juga dapat membantu mencegah mata belekan.Sebagaimana dilansir dari situs Health Direct, cara membersihkan mata yang benar, yaitu:
  • Cuci tangan sebelum menyentuh dan membersihkan belek mata
  • Gunakan kapas atau cotton bud basah untuk membersihkan mata
  • Bersihkan kotoran mata mulai dari sudut dalam mata (dekat hidung) kemudian ke arah luar untuk mencegah infeksi menyebar ke mata satunya
  • Jangan pinjam-meminjam handuk untuk mengelap kotoran mata
  • Hindari penggunaan lensa kontak saat mata belekan akibat infeksi
  • Hindari penggunaan kosmetik di area mata saat infeksi
  • Tempelkan handuk hangat beberapa menit dan usap untuk belek mata yang mengering dan membuat Anda kesulitan membuka mata
Keluarnya belek mata, terutama saat Anda bangun tidur di pagi hari adalah hal yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Anda boleh mulai curiga jika kotoran mata berwarna hijau atau kuning, amat lengket, dan keluar dalam jumlah banyak.Segeralah hubungi dokter untuk mencari tahu apakah ada kemungkinan kondisi mata tertentu. Anda juga dapat berkonsultasi online dengan dokter melalui aplikasi SehatQ untuk mengetahui informasi mengenai gejala yang Anda rasakan.Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan matapenyakit matamata keringair matamata merahmata iritasi
All About Vision. https://www.allaboutvision.com/symptoms/eye-discharge/eye-boogers/
Diakses tanggal 25 Maret 2021
All About Vision. https://www.allaboutvision.com/conditions/eye-discharge.htm
Diakses tanggal 25 Maret 2021
Bragg KJ, Le PH, Le JK. Hordeolum. [Updated 2020 Aug 8]. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2021 Jan-. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK441985/
Diakses tanggal 25 Maret 2021
Health Direct. https://www.healthdirect.gov.au/eye-discharge
Diakses tanggal 25 Maret 2021
Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/why-your-eyes-are-crusty-in-the-morning/
Diakses tanggal 25 Maret 2021
Seattle Children's Hospital. https://www.seattlechildrens.org/conditions/a-z/eye-pus-or-discharge/
Diakses tanggal 25 Maret 2021
Mayoclinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/blepharitis/symptoms-causes/syc-20370141
Diakses tanggal 25 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait