Penyebab Bau Mulut yang Mungkin Tidak Anda Sadari

Ada beberapa penyebab bau mulut yang tidak disadari oleh orang-orang
Penyebab bau mulut kadang tidak disadari

Bagi siapa pun, bau mulut adalah hal yang sangat memalukan dan dihindari oleh banyak orang. Bau mulut akan membuat orang-orang di sekitarnya tidak nyaman dan terganggu. Bau mulut dapat disebabkan oleh banyak hal, namun umumnya disebabkan oleh bakteri yang berkumpul dalam mulut. Beberapa penyebab bau mulut bahkan tidak disadari oleh kebanyakan orang.

Penyebab Bau Mulut

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah berbagai penyebab bau mulut yang sering tidak disadari oleh orang banyak

1. Lidah

Bakteri yang terdapat pada lidah menjadi penyebab bau mulut yang utama. Bersihkan lidah dengan sikat gigi atau alat pengikis lidah (scrapers). Alat pembersih lidah sebaiknya pilih yang bermaterial aman bagi kulit lidah karena terkadang material plastik atau logam berbahaya bagi lidah.

2. Diet Rendah Karbohidrat

Ketika Anda sedang mengurangi karbohidrat dan meningkatkan jumlah protein yang dikonsumsi melalui diet keto, tubuh akan mulai membakar lemak untuk energi. Selama proses ini, senyawa disebut keton, dapat menjadi penyebab bau mulut. Jika hal ini terjadi, kadang sikat gigi saja tidak cukup. Anda butuh obat kumur atau permen karet mint bebas gula.

3. Flu Biasa

Infeksi saluran pernapasan seperti flu dan batuk dapat meningkatkan bakteri di mulut dan tenggorokan. Bahkan, kadang muncul lendir yang berbau. Jika hidung tersumbat, Anda akan cenderung bernapas dari mulut sehingga mulut semakin kering dan bau.

3. Sakit Maag

Menurut studi dalam Journal of Medical Microbiology, sakit maag dapat memicu bau mulut yang menyebabkan peradangan karena jenis bakteri Helicobacter pylori. Bakteri ini dapat diatasi dengan resep dokter.

4. Sakit Amandel

Penyakit amandel dapat menjadi penyebab bau mulut yang tak terduga. Bakteri yang mengeras dan terperangkap di amandel serta bagian lidah membuat napas bau. Umumnya tidak berbahaya, tetapi sudah pasti sangat mengganggu penampilan. Dokter gigi mungkin menyarankan opsi operasi atau memberikan saran berkumur air garam.

5. Buah Kering

Berbeda dengan jenis buah yang mengandung banyak air, buah kering justru menjadi penyebab bau mulut. Buah kering seperti kismis, aprikot kering, kurma dan lainnya, kadang lengket di gigi sehingga menjadi sarang bakteri di dalam mulut. Sikat gigi Anda untuk membersihkan buah kering yang lengket dan terjebak di sela-sela gigi.

6. Refluks Asam Lambung atau Mulas (Heartburn)

Dua gejala GERD (penyakit refluks gastroesofageal) ini dapat memicu bau mulut. Jika makanan tidak dapat dicerna dan dimuntahkan lagi, mulut akan menjadi bau. Atau, kemungkinan terjadi iritasi asam lambung sehingga napas menjadi bau.

7. Gigi dan Tambalan Retak

Gigi berlubang, karies, atau tambalan yang retak, semuanya dapat menjadi sarang perkembangbiakan bakteri. Belum lagi, karena terdapat retakan, partikel makanan akan lebih mudah terperangkap di dalamnya. Tak ayal, hal ini menghasilkan gigi berlubang, penyakit gusi dan bau mulut. Gigi palsu yang pemasangannya tidak pas juga dapat menyebabkan masalah yang sama.

Jadi, Anda kurang percaya diri karena bau mulut? Bisa jadi penyebabnya bau mulut Anda adalah salah satu hal di atas. Bersihkan mulut Anda secara rutin agar bisa terhindar dari bau mulut.

WebMD. https://www.webmd.com/oral-health/ss/slideshow-bad-breath-causes
Diakses pada Januari 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bad-breath/symptoms-causes/syc-20350922
Diakses pada Januari 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed