11 Penyebab Bangun Tidur Mulut Terasa Pahit yang Perlu Diwaspadai


Bangun tidur mulut terasa pahit? Hati-hati, terdapat beberapa macam kondisi medis yang dapat menyebabkannya, mulai dari mulut kering, masalah pada gigi, hingga kehamilan.

0,0
02 Aug 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Bangun tidur mulut terasa pahitBangun tidur mulut terasa pahit dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi medis.
Menyeruput kopi hitam atau mengunyah makanan seperti pare dapat mengundang rasa pahit di mulut. Namun, apa jadinya jika bangun tidur mulut terasa pahit tanpa sebab yang jelas?Waspadalah, terdapat beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan mulut terasa pahit saat bangun tidur. Untuk mengatasinya agar tidak terjadi lagi, simak berbagai penyebabnya berikut ini.

11 penyebab bangun tidur mulut terasa pahit

Mulut terasa pahit saat bangun tidur tidak melulu disebabkan oleh penyakit. Ada kalanya kondisi ini diakibatkan oleh hal-hal yang lazim terjadi, seperti kehamilan atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

1. Sindrom mulut terbakar

Sindrom mulut terbakar adalah penyebab bangun tidur mulut terasa pahit yang patut diwaspadai. Kondisi ini menyebabkan munculnya sensasi terbakar yang dapat terasa menyakitkan di bagian mulut.Sindrom mulut terbakar dapat terjadi pada pria dan wanita, tetapi lebih sering dialami oleh wanita yang mengalami menopause.Terkadang, penyebab sindrom mulut terbakar tidak dapat diketahui secara pasti. Sebagian dokter beranggapan bahwa kondisi ini disebabkan oleh kerusakan saraf di mulut, hingga pengobatan diabetes atau kanker.Cara mengatasi mulut terasa pahit akibat sindrom mulut terbakar adalah mengonsumsi obat-obatan yang mengatasi nyeri saraf, produk pengganti air liur, obat kumur tertentu, hingga obat-obatan antidepresan.

2. Kehamilan

Salah satu kemungkinan penyebab bangun tidur mulut terasa pahit saat sedang hamil adalah hormon estrogen. Saat hamil, hormon estrogen berfluktuasi dan menyebabkan perubahan pada indra pengecap di lidah.Namun, Anda tidak perlu khawatir karena umumnya rasa pahit di mulut akan sembuh di akhir kehamilan atau sesudah melahirkan.

3. Mulut kering

Penyebab bangun tidur mulut terasa pahit selanjutnya adalah mulut kering. Kondisi ini terjadi saat mulut tak mampu memproduksi air liur yang cukup.Air liur memiliki tugas untuk mengurangi jumlah bakteri di mulut. Saat produksinya menurun, bakteri dapat bertahan hidup di dalamnya.Mulut kering dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari obat-obatan tertentu, kondisi medis tertentu, hingga penggunaan tembakau.Cara mengatasi mulut terasa pahit saat bangun tidur akibat mulut kering di antaranya mengonsumsi air putih dingin, mengisap es batu, mengunyah permen karet tanpa gula, hingga menggunakan lip balm jika bibir ikutmengering.

4. Masalah pada gigi

Buruknya kebersihan gigi dapat menyebabkan bangun tidur mulut terasa pahit. Tidak hanya itu, gigi yang tidak terawat juga mampu mengundang infeksi, radang gusi, hingga gigi berlubang.Untuk mengatasinya, cobalah lebih rajin lagi dalam membersihkan gigi secara rutin. Menggunakan obat kumur antibakteri setelah menyikat gigi juga disarankan untuk mengurangi jumlah bakteri penyebab bau mulut.

5. Menopause

Mulut terasa pahit saat bangun tidur juga bisa dialami oleh wanita yang sedang dalam fase menopause.Perlu dipahami, menopause dapat menyebabkan menurunnya jumlah estrogen di dalam tubuh dan mengundang penyakit tertentu, seperti sindrom mulut terbakar dan mulut kering yang juga bisa mengakibatkan bangun tidur mulut terasa pahit.Cara mengatasi mulut terasa pahit saat bangun tidur akibat menopause adalah melakukan terapi pengganti hormon untuk meredakan gejalanya.

6. Asam lambung naik

Naiknya asam lambung juga bisa menjadi alasan di balik kemunculan rasa pahit di mulut saat bangun tidur.Kondisi ini terjadi saat otot di bagian atas lambung melemah dan mengakibatkan asam lambung naik ke kerongkongan.Untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan, cobalah makan secara perlahan, berdiri setelah makan, bergerak secara perlahan, hingga berhenti merokok.

7. Kandidiasis mulut

Kandidiasis mulut atau infeksi jamur di mulut dapat memunculkan bintik-bintik putih atau bercak di lidah, mulut, serta tenggorokan. Selain itu, kondisi ini juga dapat mengakibatkan bangun tidur mulut terasa pahit.Dilansir dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC),  terdapat beberapa obat antijamur yang dapat diresepkan dokter untuk mengatasi kandidiasis mulut, di antaranya klotrimazol, mikonazol, hingga nistatin.

8. Stres dan gangguan kecemasan

Jangan salah, gangguan kesehatan mental, seperti stres dan gangguan kecemasan, juga bisa menyebabkan mulut terasa pahit saat bangun tidur.Keduanya mampu merangsang respons stres di dalam tubuh dan mengakibatkan perubahan pada indra perasa.Ditambah lagi, gangguan kecemasan bisa menyebabkan mulut kering sehingga rasa pahit dapat terasa di mulut.Untuk menghindari stres dan gangguan kecemasan, cobalah untuk latihan pernapasan, meditasi, melakukan hal-hal yang menyenangkan, dan berkonsultasi dengan psikolog.

9. Kerusakan saraf

Indra perasa terhubung dengan saraf di otak. Saat kerusakan saraf terjadi, indra ini pun dapat terdampak sehingga bisa menyebabkan mulut terasa pahit.Kerusakan saraf dapat disebabkan oleh cedera di kepala, epilepsi, multiple sclerosis, tumor otak, demensia, hingga Bell's palsy.Pengobatan saraf yang rusak akan disesuaikan dengan penyebabnya. Dokter juga bisa meresepkan obat-obatan pereda nyeri untuk mengatasi rasa sakit yang sering menyertai kerusakan saraf.

10. Pengobatan kanker

Seseorang yang sedang menjalani pengobatan kanker, seperti kemoterapi dan terapi radiasi, dapat merasakan rasa pahit saat sedang minum atau makan.Pasalnya, pengobatan kanker bisa mengiritasi indra perasa sehingga membuat beberapa makanan dan minuman terasa pahit di lidah.Jika ini kasusnya, berkonsultasilah pada dokter Anda untuk mencari solusi terbaiknya.

11. Obat-obatan tertentu

Pada sebagian orang, beberapa obat dan suplemen tertentu berpotensi menyebabkan rasa pahit di mulut. Hal ini terjadi karena obat-obatan memiliki rasa yang pahit atau bahan kimia di dalamnya diekskresikan ke dalam air liur.Obatan-obatan yang berpotensi mengundang rasa pahit di mulut meliputi:
  • Beberapa jenis obat antibiotik
  • Obat-obatan jantung tertentu
  • Vitamin yang mengandung mineral, seperti tembaga, zat besi, atau zinc
  • Obat litium.
Cobalah berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan apakah obat-obatan yang Anda konsumsi menjadi penyebab bangun tidur mulut terasa pahit.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
penyakitgangguan tidurmasalah tidur
Healthline. https://www.healthline.com/health/bitter-taste-in-mouth#causes
Diakses pada 18 Juli 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/burning-mouth-syndrome/diagnosis-treatment/drc-20350917
Diakses pada 18 Juli 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321175#causes
Diakses pada 18 Juli 2021
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/dry-mouth/
Diakses pada 18 Juli 2021
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/menopause/treatment/
Diakses pada 18 Juli 2021
Health Harvard. https://www.health.harvard.edu/digestive-health/9-ways-to-relieve-acid-reflux-without-medication
Diakses pada 18 Juli 2021
CDC. https://www.cdc.gov/fungal/diseases/candidiasis/thrush/index.html#:~:text=Treatment-,Candidiasis%20in%20the%20mouth%2C%20throat%2C%20or%20esophagus%20is,usually%20treated%20with%20antifungal%20medicine.&text=The%20treatment%20for%20mild%20to,clotrimazole%2C%20miconazole%2C%20or%20nystatin.
Diakses pada 18 Juli 2021
My Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/8133-stress-10-ways-to-ease-stress
Diakses pada 18 Juli 2021
Web MD. https://www.webmd.com/brain/nerve-pain-and-nerve-damage-symptoms-and-causes
Diakses pada 18 Juli 2021
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait