Penyebab Badan Terasa Sakit Semua saat Bangun Tidur dan Solusinya

(0)
05 Apr 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Badan terasa sakit semua saat bangun tidur dapat disebabkan berbagai macam kondisi medis.Cedera dapat menjadi penyebab badan terasa sakit semua saat bangun tidur.
Salah satu fungsi utama tidur adalah membuat tubuh bugar untuk menyongsong esok hari. Namun, apa jadinya jika badan terasa sakit semua saat bangun tidur?Perlu diketahui, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan bangun tidur badan terasa sakit, mulai dari kasur yang tak nyaman, peradangan di dalam tubuh, hingga kondisi medis tertentu.Untuk memahami lebih lanjut seputar kondisi ini, berikut adalah daftar penyebab badan terasa sakit semua saat bangun tidur dan solusinya.

Penyebab badan terasa sakit semua saat bangun tidur

Badan terasa sakit semua saat bangun tidur
Badan terasa sakit semua saat bangun tidur
Demi menjaga kualitas tidur dan kesehatan Anda, pahami berbagai kemungkinan penyebab bangun tidur badan sakit dan kaku berikut ini.

1. Kasur dan bantal yang tidak nyaman

Hal pertama yang harus diperiksa saat bangun tidur badan pegal dan sakit adalah kasur dan bantal yang Anda gunakan. Sebab, perlengkapan tidur ini dapat memengaruhi kualitas tidur Anda.Jika kasur dan bantalnya tidak mendukung kualitas tidur Anda, maka badan dapat terasa sakit saat Anda bangun tidur.Inilah alasan mengapa Anda juga disarankan untuk selalu mengganti kasur dan bantal yang baik untuk tulang belakang

2. Peradangan di dalam tubuh

Peradangan kronis di dalam tubuh dapat mengundang penyakit, menurunnya fungsi fisik tubuh, hingga mempercepat penuaan dini. Jadi tidak heran jika peradangan dapat membuat badan Anda terasa sakit saat terbangun dari tidur.

3. Penyakit dan cedera

Ketika tubuh sedang dilanda penyakit atau cedera, tubuh akan meresponsnya dengan peradangan. Kondisi ini dapat mengundang rasa sakit dan ketidaknyamanan yang bisa mengganggu kualitas tidur. Tidak hanya itu, tubuh pun bisa terasa kaku saat terbangun dari tidur.Misalnya, kondisi medis seperti pilek, arthritis (radang sendi), atau cedera pergelangan kaki. Gejala dari ketiga kondisi medis ini dapat semakin parah di malam hari sehingga bisa mengakibatkan bangun tidur badan sakit dan kaku.

4. Pola makan

Terdapat beberapa makanan yang bisa memicu peradangan di dalam tubuh, seperti lemak jahat, gula, hingga daging, dan karbohidrat olahan. Peradangan yang terjadi akibat sederet makanan ini dapat menyebabkan badan terasa sakit semua saat bangun tidur.

5. Gaya hidup malas-malasan

Gaya hidup malas-malasan atau sedentary lifestyle juga dipercaya sebagai penyebab bangun tidur badan sakit semua. Hal ini dapat terjadi jika Anda jarang menggerakkan tubuh atau berolahraga.Sebaliknya, studi membuktikan bahwa berolahraga rutin dapat meningkatkan kualitas tidur dan meredakan rasa nyeri saat Anda sedang tertidur. Namun hati-hati, berolahraga secara berlebihan juga bisa menyebabkan cedera dan peradangan sehingga kualitas tidur terganggu.

Cara mengatasi badan terasa sakit semua saat bangun tidur

Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi bangun tidur badan terasa sakit, di antaranya:
  • Memilih kasur dan bantal yang nyaman

Hanya dengan mengganti kasur dan bantal saja, Anda sudah bisa mengatasi rasa nyeri pada tubuh saat bangun tidur. Cara lain yang lebih sederhana adalah mengubah posisi bantal.Misalnya, bantal yang nyaman dapat menyelaraskan tulang belakang di leher sehingga otot tak menjadi tegang.Pertimbangkan juga untuk membeli kasur baru jika kasur yang selama ini Anda gunakan telah usang atau tidak layak pakai.
  • Ubah pola makan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat berbagai macam makanan yang bisa memicu peradangan.Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengganti pola makan Anda dengan makanan sehat, seperti sayur-mayur, buah-buahan, makanan laut, hingga gandum utuh. Berbagai makanan ini mengandung antioksidan yang bisa meredakan peradangan.
  • Berolahraga rutin, tapi jangan berlebihan

Olahraga adalah "pelumas alami" bagi persendian. Saat tubuh sering digerakkan, rasa nyeri dan kaku dapat dicegah. Namun, janganlah berolahraga berlebihan atau terlalu dekat dengan jam tidur.Usahakan untuk berolahraga selama 30 menit sebanyak 5 kali dalam seminggu.
  • Memenuhi kebutuhan vitamin D

Untuk mencegah terjadinya bangun tidur badan terasa sakit, Anda juga disarankan untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian Anda. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan tulang dan otot.Selain berjemur di bawah sinar matahari, Anda bisa menjumpai sumber-sumber vitamin D alami yang dapat dikonsumsi, seperti ikan (salmon hingga sarden), daging merah, hingga telur.
  • Mengubah posisi tidur

Memperbaiki posisi tidur juga diyakini bisa mencegah bangun tidur badan pegal. Cobalah untuk tidur telentang sambil menaruh bantal di bawah lutut agar posisi tulang belakang tetap terjaga.Selain itu, Anda juga bisa mencoba tidur menghadap ke samping sambil meletakkan bantal di antara lutut.
  • Meredakan stres

Olahraga, yoga, dan pijatan dapat membantu Anda meredakan stres di dalam pikiran. Selain itu, ketiganya juga bisa mengatasi peradangan dengan memperlancar aliran darah ke berbagai bagian otot.Di sisi lain, meditasi juga dapat dilakukan untuk meredakan stres. Menurut sebuah riset, meditasi dapat mengubah cara otak memproses rasa sakit yang Anda rasakan sehingga dapat diredakan.
  • Berhenti merokok

Ketika badan terasa sakit semua saat bangun tidur, sudah saatnya Anda berhenti merokok. Sebab, merokok dapat menghambat darah yang kaya oksigen untuk mencapai tulang dan jaringan tubuh.Merokok juga bisa mengganggu pertukaran oksigen dan karbon dioksida di dalam darah sehingga kualitas darah akan menurun. Hasilnya, otot Anda akan menjadi lemah.

Catatan dari SehatQ

Waspadai berbagai penyebab badan terasa sakit semua saat bangun tidur di atas dan segeralah mencari solusinya. Dengan begitu, Anda dapat terbangun dengan tubuh yang bugar untuk menjalani aktivitas sehari-hari.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang
waktu tidurgangguan tidurmasalah tidur
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325353
Diakses pada 21 Februari 2021
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/sleep-newzzz/201710/are-you-sore-stiff-and-unrested-when-you-wake
Diakses pada 21 Februari 2021
Health Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/wake-up-stiff-and-sore-every-morning-try-these-adjustments-to-make-sleep-swell-again/
Diakses pada 21 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait