10 Penyebab Badan Menggigil Tiba-tiba, Apa Saja?

(0)
Badan menggigil tiba-tiba tanpa sebab yang jelas bisa saja menandakan ada masalah kesehatanBadan menggigil tiba-tiba belum tentu disebabkan oleh kedinginan melainkan adanya kondisi kesehatan
Menggigil adalah respons alami tubuh untuk menghangatkan diri saat terkena udara dingin. Namun, beberapa orang ada yang mengalami badan menggigil tiba-tiba, termasuk saat tidur, walaupun suhu di sekitarnya terbilang normal.Badan tiba-tiba menggigil tanpa sebab yang jelas bisa saja menandakan adanya masalah kesehatan. Sebab, ini artinya tubuh Anda berkontraksi di luar kendali.

Apa penyebab badan menggigil tiba-tiba?

Ada berbagai kondisi yang menjadi penyebab badan menggigil tiba-tiba, antara lain:

1. Terpapar udara dingin

Salah satu penyebab badan menggigil tiba-tiba adalah akibat paparan udara dingin yang berasal dari lingkungan atau setelan pendingin ruangan (AC) di rumah Anda.Jika ini yang menjadi penyebab badan tiba-tiba menggigil, maka Anda dapat mematikan pendingin ruangan sementara waktu. Anda tak perlu khawatir karena rasa menggigil akan hilang begitu tubuh mulai terasa hangat.

2. Demam

Selain terpapar udara dingin, penyebab badan menggigil tiba-tiba adalah demam. Seseorang dikatakan demam apabila suhu tubuhnya melebihi 37,7 derajat Celsius.Sebenarnya, demam bukanlah suatu penyakit melainkan mekanisme tubuh untuk melawan infeksi. Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh organ tubuh Anda yang mengalami peradangan, atau ketika Anda mengalami reaksi alergi.Terkadang, gejala mirip flu dapat muncul walaupun tidak semua orang mungkin mengalaminya. Demam dapat hilang dengan sendirinya, tetapi Anda juga bisa mempercepat hilangnya demam dengan memperbanyak minum air dan mengonsumsi obat demam yang dijual bebas di apotek.Jika demam tidak kunjung mereda selama 3 hari, sebaiknya segera temui dokter untuk mengetahui penyebabnya lebih lanjut.

3. Efek samping konsumsi obat-obatan

Beberapa jenis obat yang Anda minum terkadang dapat menimbulkan efek samping, termasuk membuat badan tiba-tiba menggigil.Penyebab badan tiba-tiba menggigil ini dapat terjadi ketika mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas, suplemen kesehatan, produk herbal, bahkan obat-obatan yang telah diresepkan oleh dokter dengan dosis yang tidak sesuai.Segera konsultasikan dengan dokter atau apoteker yang memberikan obat-obatan tersebut apabila badan tiba-tiba menggigil setelah mengonsumsinya.Dengan ini, Anda dapat mencegah kemungkinan efek lebih buruk yang mungkin terjadi.

4. Gula darah rendah atau hipoglikemia

Kadar gula darah rendah atau hipoglikemia dapat memengaruhi kinerja tubuh Anda sehingga membuat badan menggigil tiba-tiba.Kondisi ini umum terjadi setelah Anda tidak makan dalam waktu lama atau apabila tubuh tidak mampu mengelola gula darah dengan benar.Selain badan menggigil tiba-tiba, hipoglikemia juga ditandai dengan tubuh berkeringat, penglihatan kabur, jantung berdebar, rasa menggelitik di sekitar mulut, hingga kejang pada kasus yang parah.Penderita diabetes lebih sering mengalami badan menggigil tiba-tiba karena tubuhnya tidak dapat menjaga kestabilan kadar gula dalam darah yang turun secara mendadak.Selain itu, badan menggigil tiba-tiba pada penderita diabetes bisa saja menandakan bahwa konsumsi obat-obatan atau pola makan yang dilakukan kurang sesuai.Hipoglikemia pada penderita diabetes dapat berlangsung parah sehingga sebaiknya segera menemui dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

5. Hipotiroidisme

Hipotiroidisme juga menjadi penyebab badan menggigil tiba-tiba saat tidur. Hipotiroidisme adalah suatu kondisi yang ditandai dengan ketidakmampuan kelenjar tiroid untuk memproduksi hormon dalam jumlah yang cukup untuk melangsungkan metabolisme tubuh.Kondisi tersebut dapat meningkatkan sensitivitas tubuh Anda terhadap suhu dingin sehingga membuat badan menggigil tiba-tiba. Badan tiba-tiba menggigil bukan satu-satunya gejala hipotiroidisme. Gejala lainnya yang mungkin muncul, yaitu:
  • Wajah tampak membengkak
  • Kenaikan berat badan tanpa sebab yang jelas
  • Kuku, kulit, dan rambut kering
  • Otot terasa lemah, nyeri, atau kaku
  • Merasa sedih atau depresi
  • Ada masalah dengan ingatan
  • Sembelit

6. Reaksi aktivitas fisik ekstrem

Penyebab badan menggigil tiba-tiba berikutnya adalah reaksi aktivitas fisik ekstrem.Lari maraton atau jenis olahraga ekstrem lain yang membutuhkan pengerahan fisik intens dapat menyebabkan perubahan pada suhu inti tubuh sehingga badan tiba-tiba menggigil.Respons tersebut dapat terjadi dalam segala cuaca. Namun, lebih sering terjadi pada suhu yang sangat panas (kelelahan akibat panas) atau sangat dingin (hipotermia dan dehidrasi).Beberapa gejala yang muncul selain badan menggigil tiba-tiba, yaitu kram otot, pusing, merasa lesu, mual, dan muntah.Untuk mengatasi badan menggigil tiba-tiba akibat olahraga, sebaiknya hindari melakukan olahraga pada suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin, gunakan pakaian olahraga yang benar, serta batasi waktu untuk melakukan jenis olahraga yang ekstrem.

7. Rasa takut, cemas, dan stres

Rasa takut, cemas, dan stres dapat menyebabkan badan menggigil tiba-tiba. Hal ini mungkin terjadi akibat lonjakan adrenalin di dalam tubuh. Adrenalin adalah suatu hormon yang dihasilkan tubuh saat menghadapi situasi berbahaya atau ketika sedang stres.Rasa menggigil dapat hilang dengan sendirinya ketika hormon adrenalin menurun. Pada beberapa orang, kondisi ini jarang terjadi, kecuali ketika dihadapkan pada situasi yang mencekam atau menakutkan.Namun, bagi mereka yang mengalami stres kronis, lonjakan adrenalin mungkin saja lebih sering terjadi. Ini artinya, badan tiba-tiba menggigil menjadi lebih sering dialami.

8. Tremor

Tremor adalah suatu jenis penyakit neurologis, yang menyebabkan gangguan pada fungsi gerak tubuh. Penyakit ini dapat ditandai dengan tubuh bergetar, terutama pada tangan, kaki, badan, bahkan suara.Maka dari itu, orang yang mengalami tremor akan terlihat seperti menggigil walaupun cuaca sedang tidak dingin. Ini karena tubuhnya bergetar dengan cepat dan tanpa disadari.

9. Prosedur anestesi pascaoperasi

Suhu tubuh bisa turun selama operasi. Hal ini dapat terjadi akibat efek samping penggunaan obat bius pada prosedur anestesi yang memengaruhi kemampuan tubuh dalam mengatur suhu.Ketika tindakan operasi selesai dan prosedur anestesi berakhir, tubuh akan menyesuaikan suhu ke angka normal sehingga menyebabkan badan menggigil tiba-tiba.

10. Sepsis

Sepsis adalah peradangan tubuh yang disebabkan oleh infeksi yang berkaitan dengan kulit, paru-paru, usus, atau saluran kemih.Selain badan menggigil tiba-tiba, gejala sepsis lainnya adalah kebingungan, merasa berkeringat, kesulitan bernapas, dan detak jantung cepat.Sepsis merupakan kondisi darurat medis sehingga membutuhkan perawatan segera di rumah sakit.

Cara mengatasi badan menggigil tiba-tiba

Pada dasarnya, badan tiba-tiba menggigil dapat hilang dengan sendirinya. Akan tetapi, jika badan menggigil tiba-tiba disebabkan oleh udara dingin, demam, hipoglikemia, atau merasa cemas dan stres, maka Anda dapat mengatasinya dengan:
  • Menggunakan pakaian berlapis
  • Mandi air hangat
  • Memperbanyak minum air dan mengonsumsi obat penurun demam
  • Makan untuk meningkatkan kadar gula darah
  • Duduk dan bernapas dengan perlahan untuk menenangkan emosi
Namun, jika Anda sering mengalami badan menggigil tiba-tiba tanpa sebab yang jelas, segera memeriksakan diri ke dokter agar penyebab badan tiba-tiba menggigil dapat diketahui.
demamkedinginan
Healthline. https://www.healthline.com/health/chills-without-fever
Diakses pada 7 Juli 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322515
Diakses pada 7 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait