7 Penyebab Badan Gatal di Malam Hari dan Cara Mengatasinya


Kulit terasa gatal di malam hari mungkin dialami oleh sebagian besar orang. Penyebab badan gatal di malam hari, antara lain jam biologis tubuh, kulit kering, reaksi alergi, penyakit kulit, hingga kondisi medis tertentu.

(0)
Kulit gatal di malam hari mungkin dialami oleh beberapa orangPenyebab kulit gatal di malam hari bisa karena kulit yang kering hingga reaksi alergi
Kulit terasa gatal di malam hari mungkin saja dialami oleh sebagian besar orang. Kondisi ini tentu dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, bahkan membuat kualitas tidur Anda jadi terganggu. Apa penyebab badan gatal di malam hari dan bagaimana cara menghilangkannya? Simak uraian dalam artikel berikut ini.

Penyebab badan gatal di malam hari

Gatal di malam hari bisa karena perubahan jam biologis tubuh
Kulit gatal di malam hari bisa jadi karena perubahan jam biologis tubuh
Kulit gatal di malam hari bisa saja disertai dengan gejala ruam, kulit kering dan mengelupas, kemerahan, hingga bentol-bentol.Penyebabnya pun beragam, seperti kulit kering, reaksi alergi, penyakit kulit, hingga kondisi medis tertentu.Meski dapat terjadi kapan pun, beberapa orang ada yang sering mengalami kulit gatal di malam hari atau yang dikenal pula dengan istilah nocturnal pruritus.Nocturnal pruritus adalah kondisi gatal di malam hari yang disebabkan oleh perubahan mekanisme tubuh.Beberapa fungsi kulit, seperti mengatur suhu, menjaga keseimbangan cairan, dan melindungi lapisan pelindung kulit biasanya hanya bekerja pada malam hari.Misalnya, suhu tubuh dan aliran darah pada kulit yang meningkat di malam hari sehingga membuat kulit Anda terasa lebih hangat. Nah, kenaikan suhu pada kulit ini yang menyebabkan badan terasa gatal di malam hari.Tubuh juga melepas zat-zat tertentu yang berbeda pada siang dan malam hari.Pada malam hari, tubuh melepas sitokin yang bisa meningkatkan risiko terjadinya peradangan. Sementara, produksi kortikosteroid (hormon yang mengurangi peradangan) justru melambat.Kondisi itulah yang akhirnya menyebabkan kulit gatal pada malam hari bisa terjadi.Selain itu, ada beberapa kemungkinan penyebab badan gatal di malam hari yang Anda alami lainnya, seperti:

1. Kulit kering

Kulit kering bisa jadi penyebab gatal di malam hari
Kulit kering bisa jadi pertanda rasa gatal muncul di malam hari
Salah satu kemungkinan penyebab badan gatal di malam hari adalah kulit yang kering.Kondisi ini kerap ditandai dengan kulit mengelupas dan bersisik, terutama pada area lengan atau punggung.Kulit yang kehilangan lebih banyak air pada malam hari, serta efek konsumsi obat-obatan tertentu, bisa membuat kulit kering sehingga menimbulkan rasa gatal pada malam hari.Di samping itu, orang lansia juga lebih rentan mengalami kulit kering. Pasalnya, produksi kolagen dan minyak alami atau sebum pada orang lansia mulai berkurang seiring bertambahnya usia. Akibatnya, kulit jadi lebih rentan kering dan mengelupas.

2. Reaksi alergi

Penyebab badan gatal di malam hari berikutnya bisa jadi karena reaksi alergi.Hal ini bisa terjadi akibat konsumsi jenis makanan tertentu saat makan malam, seperti kacang tanah, hidangan laut, telur, kedelai, dan gandum.Pada beberapa orang, jenis makanan tersebut dapat menimbulkan reaksi alergi pada tubuh. Salah satu reaksi yang muncul berupa kulit terasa gatal-gatal pada malam hari.Selain dari bahan makanan, Anda juga mungkin mengalami alergi akibat penggunaan produk perawatan kulit, kosmetik, parfum, atau sabun detergen atau pewangi pakaian.

3. Penggunaan produk perawatan kulit

Badan gatal di malam hari bisa disebabkan oleh penggunaan produk perawatan kulit
Produk perawatan kulit tertentu bisa membuat badan gatal pada malam hari
Penggunaan produk perawatan kulit dengan kandungan tertentu juga bisa jadi penyebab badan gatal di malam hari.Produk perawatan kulit yang dimaksud adalah lotion antinyamuk, deodoran, produk pembersih wajah atau tubuh, serta sabun yang memicu timbulnya gatal atau reaksi alergi lainnya.

4. Dermatitis kontak

Dermatitis kontak mungkin bisa menyebabkan kulit gatal di malam hari yang Anda alami.Dermatitis kontak adalah kondisi kulit yang iritasi akibat terpapar atau kontak langsung dengan suatu bahan tertentu.Kondisi ini rentan dialami oleh orang yang mengalami alergi atau sensitif terhadap kandungan bahan tertentu.Misalnya, beberapa bahan kimia dan zat pewangi yang terkandung pada produk perawatan kulit.Selain itu, pakaian yang dikenakan atau paparan benda di sekitar Anda bisa saja berpotensi menyebabkan gejala dermatitis kontak sehingga muncul iritasi dan rasa gatal pada malam hari.

5. Gigitan serangga

Gigitan nyamuk dan serangga bisa menyebabkan gatal di malam hari
Kulit gatal di malam hari yang disertai ruam bisa karena gigitan nyamuk
Penyebab badan gatal di malam hari yang disertai ruam kulit bisa disebabkan oleh gigitan nyamuk, kutu, atau tungau.Rasa gatal yang timbul bisa pada area kulit yang digigit atau menyebar ke area tubuh lainnya.Gigitan nyamuk biasanya ditandai dengan gatal pada kulit dan bentol yang bisa hilang dengan sendirinya.Namun, jika digigit oleh kutu busuk atau tungau maka kulit gatal dan bentol bisa menetap dalam waktu yang lama sehingga membuat gatal semakin parah.

6. Efek konsumsi obat-obatan

Efek konsumsi obat-obatan kadang-kadang bisa menyebabkan kulit gatal hanya malam hari terjadi.Beberapa jenis obat yang mungkin menimbulkan rasa gatal di seluruh tubuh, seperti antibiotik, obat antijamur, obat pereda nyeri, opioid analgesik, obat penurun tekanan darah tinggi, obat estrogen, obat diuretik, serta obat yang berkaitan dengan kolesterol tinggi.

7. Kondisi medis tertentu

Pada kasus yang jarang terjadi, beberapa kondisi medis tertentu dapat menjadi “biang keladi” penyebab badan gatal di malam hari, seperti:
  • Penyakit kulit, seperti scabies, eksim, dan psoriasis, yang menyebabkan gatal-gatal pada malam hari.
  • Infeksi jamur pada kulit, seperti kutu air dan infeksi cacing kremi.
  • Kondisi psikologis, seperti stres, depresi, dan gangguan cemas yang parah.
  • Penyakit liver (hati) atau ginjal.
  • Penyakit tiroid.
  • Anemia atau kekurangan zat besi.

Cara mengatasi kulit gatal pada malam hari

Ada berbagai cara mengatasi kulit gatal pada malam hari. Mulai dari perawatan sederhana di rumah hingga penggunaan obat-obatan. Berikut adalah penjelasan selengkapnya:

1. Oleskan pelembap

Oleskan pelembap sebagai cara mengatasi gatal di malam hari
Oleskan pelembap sebagai cara mengatasi gatal-gatal pada malam hari
Kulit gatal pada malam hari bisa diatasi dengan penggunaan krim atau lotion pelembap yang berlabel hypoallergenic (tidak rentan menyebabkan alergi) serta bebas kandungan alkohol dan zat pewangi.Anda juga bisa mengoleskan pelembap yang mengandung tinggi emolien untuk mengatasi kulit gatal-gatal pada malam hari.Berbagai kandungan tersebut dapat mengunci kelembapan kulit Anda saat malam hari.

2. Kompres air dingin

Kompres air dingin juga dapat membantu meredakan sekaligus menenangkan kulit gatal pada malam hari.Caranya, cukup tempelkan handuk bersih yang sudah dibasahi air dingin, ke area kulit yang terasa gatal.Lakukan kompres air dingin batu selama 10 menit. Anda dapat melakukannya beberapa kali sehari sesuai kebutuhan.

3. Mandi oatmeal

Oatmeal adalah salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit gatal pada malam hari.Anda bisa menambahkan oatmeal bubuk ke dalam bak mandi berisi air hangat, atau mengoleskan krim yang mengandung oatmeal setelah mandi, untuk meredakan rasa gatal yang muncul di malam hari.

4. Pakai obat antihistamin

Obat antihistamin bisa digunakan untuk mengatasi kulit gatal di malam hari
Obat antihistamin bisa digunakan untuk menghentikan gatal akibat alergi
Anda bisa mendapatkan obat antihistamin sebagai obat gatal-gatal pada kulit di malam hari yang dijual bebas di apotek.Obat ini berfungsi untuk menghentikan kulit gatal pada malam hari akibat reaksi alergi yang muncul.Beberapa obat antihistamin yang bisa digunakan, antara lain chlorpheniramine, diphenhydramine, hydroxyzine, dan promethazine.

5. Oleskan krim antigatal

Anda juga bisa mengoleskan obat gatal-gatal pada kulit di malam hari berupa lotion calamine.Salep ini berfungsi menenangkan kulit gatal sehingga mencegah Anda untuk menggaruk kulit lebih lanjut yang berpotensi menimbulkan rasa gatal semakin parah.

6. Gunakan krim steroid

Oleskan krim steroid untuk mengatasi gatal di malam hari
Gunakan krim steroid sesuai dengan petunjuk dokter
Penggunaan krim steroid dengan kandungan hidrokortison 1-2,5 persen juga bisa mengatasi kulit gatal pada malam hari akibat peradangan.Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan jenis salep ini. Pasalnya, krim steroid hanya bisa digunakan sesuai petunjuk dari dokter. 

7. Jangan menggaruk kulit

Alih-alih menghilangkan rasa gatal yang muncul, menggaruk kulit justru dapat membuat kulit semakin iritasi dan memperparah kondisinya.

Bagaimana cara mencegah gatal-gatal di malam hari agar tidak muncul lagi?

Beberapa langkah yang bisa digunakan sebagai cara mencegah gatal-gatal di malam hari agar tidak muncul lagi di kemudian hari, yakni:
  • Jaga suhu ruangan atau kamar tetap sejuk sekitar 20-24 Celsius.
  • Gunakan pakaian tidur atau piyama yang terbuat dari bahan katun yang cenderung lebih lembut di kulit.
  • Gunakan humidifier untuk menjaga kelembapan ruangan sehingga rasa gatal pada malam hari bisa dicegah.
  • Minum banyak air putih agar kulit terhidrasi dengan baik.
  • Hindari penggunaan produk perawatan kulit, krim wewangian, sabun, atau parfum yang berisiko mengiritasi kulit.
  • Hindari konsumsi alkohol dan kafein sebelum tidur di malam hari. Konsumsi keduanya dapat memperlebar pembuluh darah sehingga mengalirkan lebih banyak darah yang membuat kulit hangat dan terasa gatal.

Kapan kondisi gatal-gatal pada malam hari perlu dikonsultasikan ke dokter?

Kulit gatal-gatal di malam hari bisa diatasi dengan perawatan di rumah hingga obat tanpa resep dokter.Akan tetapi, bila Anda mengalami beberapa hal di bawah ini, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.
  • Gatal seluruh badan pada waktu malam secara tiba-tiba selama lebih dari 2 minggu.
  • Kulit kering pada malam hari yang tidak kunjung hilang walaupun sudah melakukan perawatan rumahan.
  • Kulit terasa sangat gatal sampai mengganggu kualitas tidur.
  • Kulit kering atau gatal seluruh badan.
  • Badan gatal di malam hari disertai gejala lain, seperti perubahan pada kulit, demam, merasa lelah, atau penurunan berat badan.
Anda juga perlu memeriksakan diri ke dokter apabila gatal seluruh badan pada waktu malam disebabkan oleh kondisi medis kronis yang sudah Anda alami sebelumnya.Jika Anda masih punya pertanyaan seputar gatal-gatal di malam hari, segera tanyakan dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Caranya, unduh sekarang melalui App Store dan Google Play.
gatalpenyakit kulitkulit keringmasalah kulit
Healthline. https://www.healthline.com/health/itchy-skin-at-night#health--related-causes
Diakses pada 25 Maret 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319387
Diakses pada 25 Maret 2021
Skin Kraft. https://skinkraft.com/blogs/articles/itchy-skin-at-night
Diakses pada 25 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait