Penyebab Anda Susah Berkomunikasi, Kenali Jenis Gangguan Komunikasi yang Umum

(0)
07 May 2020|Azelia Trifiana
Gangguan komunikasi dapat timbul karena kesulitan dalam berbicara dan mendengarGangguan komunikasi dapat timbul karena kesulitan dalam berbicara
Gangguan komunikasi adalah masalah pada kemampuan untuk menerima, mengirim, memproses, dan memahami konsep komunikasi. Dalam hal ini, konsep komunikasi bisa berupa verbal, non-verbal, dan juga simbol grafis. Gangguan komunikasi bisa terjadi pada anak-anak, orang dewasa, atau orang yang pernah mengalami cedera otak.Jenis gangguan komunikasi yang dialami seseorang bisa berbeda tingkat keparahannya. Semakin awal terdeteksi dan ditangani, semakin besar kemungkinan kesembuhan.

Jenis gangguan komunikasi

Seseorang yang mengalami gangguan komunikasi bisa menderita hanya satu jenis gangguan atau perpaduan beberapa gangguan. Beberapa jenis gangguan komunikasi adalah:

1. Gangguan bicara

Gangguan bicara atau speech disorder adalah masalah pada artikulasi, kelancaran, dan suara saat berbicara. Dalam kategori ini, dibedakan lagi menjadi:
  • Gangguan artikulasi

Kondisi saat seseorang berbicara dengan tambahan, distorsi, penghilangan, atau penggantian yang membuat kalimatnya bisa sulit dipahami
  • Gangguan kelancaran

Disebut juga fluency disorder, ini adalah interupsi cara berbicara yang ditandai dengan kecepatan, ritme, dan repetisi pada suara, suku kata, kata, dan frasa. Kondisi ini biasanya disertai dengan masalah perilaku.
  • Gangguan suara

Voice disorder ditandai dengan produksi abnormal dan atau hilangnya kualitas vokal, pitch, intonasi, hingga durasi sehingga tidak sesuai dengan jenis kelamin atau usia orang yang mengalaminya.

2. Gangguan bahasa

Gangguan bahasa atau language disorder adalah masalah komprehensi pada simbol, verbal, dan juga tulisan. Masalah ini bisa meliputi bentuk bahasa, konten bahasa, dan fungsi bahasa dalam komunikasi. Jenisnya adalah:
  • Bentuk bahasa

Dalam bentuk bahasa atau form of language, masalahnya meliputi fonologi, morfologi, dan sintaksis. Fonologi adalah bunyi bahasa yang keluar dari alat ucap manusia. Kemudian morfologi adalah pembentukan struktur kata, serta sintaksis sebagai hubungan antara kata-kata.
  • Konten bahasa

Dalam konten bahasa, masalahnya ada pada semantik yaitu pembelajaran tentang makna
  • Fungsi bahasa

Dalam fungsi bahasa, ini meliputi sistem yang memadukan komponen bahasa dalam komunikasi secara fungsional dan sosial

3. Gangguan pendengaran

Gangguan pendengaran juga merupakan jenis gangguan komunikasi yang membuat seseoarng tak bisa memproduksi, memahami, dan menjaga pengetahuannya akan bahasa tertentu. Artinya, informasi audio tidak bisa diproses dengan baik. Jenisnya adalah:
  • Tuli (deaf)

Gangguan pendengaran yang membatasi kemampuan komunikasi oral seseorang. Karena untuk mengucapkan sesuatu, seseorang harus mendengarkan informasi dengan jelas.
  • Sulit mendengar

Disebut juga hard of hearing, kondisi ini bisa terjadi permanen atau fluktuatif dan berpengaruh terhadap kemampuan berkomunikasi

4. Gangguan proses mendengar

Gangguan proses mendengar atau central auditory processing disorders adalah penurunan kemampuan memproses informasi yang bersifat persepsi, kognitif, dan fungsi linguistik. Artinya, penderitanya mengalami gangguan dalam memproses suara namun berbeda dengan kondisi tuli. Pasien CAPD bisa mendengar suara, namun otaknya tidak bisa memproses dengan tepat.

Penyebab gangguan komunikasi

Pada banyak kasus, penyebab pasti terjadinya gangguan komunikasi tidak diketahui. Hal ini bisa merupakan bawaan lahir atau terjadi seiring dengan pertumbuhan seseorang. Beberapa hal yang bisa menyebabkan gangguan komunikasi adalah:
  • Perkembangan otak abnormal
  • Paparan zat beracun saat dalam kandungan
  • Bibir sumbing
  • Cedera otak akibat trauma
  • Stroke
  • Masalah saraf
  • Tumor di area yang digunakan untuk berkomunikasi
Gangguan komunikasi umum ditemukan pada anak-anak. Menurut National Institute of Deafness and Other Communication Diseases atau NIDCD, 8-9% anak-anak mengalami gangguan komunikasi berbicara.Pada orang dewasa, gangguan komunikasi juga bisa terjadi. Risiko yang paling tinggi juga ada pada pasien yang pernah mengalami cedera otak. Gejala awalnya adalah komunikasi disertai dengan pengulangan suara, salah pemilihan kata, tak bisa memproses pesan dari orang lain, dan tidak bisa berkomunikasi yang mudah dipahami.Sebagian besar orang dengan gangguan komunikasi diobati dengan menjalani terapi speech-language. Jenis perawatannya tentu disesuaikan dengan seberapa parah kondisinya. Apabila gangguan komunikasi terjadi karena adanya infeksi, maka hal itu akan ditangani terlebih dahulu.

Apabila gangguan komunikasi ditemukan pada anak-anak, penanganan sebaiknya dimulai sesegera mungkin. Perawatan juga akan meliputi teknik untuk meningkatkan skill yang dirasa masih lemah. Selain itu, pasien juga bisa belajar bentuk komunikasi alternatif seperti bahasa isyarat.
penyakitgangguan pendengaranbibir sumbing
Healthline. https://www.healthline.com/health/communication-skills-and-disorders#preventionDiakses 24 April 2020ASHA. https://www.asha.org/policy/RP1993-00208/Diakses 24 April 2020Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/intl/conditions/communication-disordersDiakses 24 April 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait