Penyebab Kutu Rambut pada Anak dan Cara Mengatasinya

(0)
09 May 2019|Aby Rachman
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Kutu rambut dapat menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman pada kulit kepalaKutu rambut adalah serangga kecil berkaki enam yang menempel di kulit kepala dan leher.
Munculnya kutu rambut pada anak merupakan hal yang umum dijumpai. Selain menular, kutu rambut dapat menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman pada kulit kepala. Meski begitu, kondisi ini tidak berbahaya.Rasa gatal yang timbul membuat anak terus menggaruk kulit kepala. Apabila dibiarkan, kondisi ini akan menimbulkan iritasi hingga infeksi. Sehingga, kutu rambut perlu segera diatasi agar anak dapat kembali beraktivitas dengan nyaman.

Penyebab Kutu Rambut pada Anak

Kutu rambut merupakan kondisi yang menular. Anak Anda dapat terkena kutu rambut saat serangga yang satu ini berpindah ke kulit kepala anak Anda setelah melakukan kontak langsung dengan penderita kutu rambut yang lain.Kontak langsung yang dapat menyebabkan tersebarnya kutu rambut antara lain:
  • Menggunakan pakaian yang sama.
  • Menggunakan sisir yang sama.
  • Menyentuh kulit kepala.
  • Menggunakan topi, headphone, atau handuk yang sama.
Kutu rambut tidak dapat terbang atau melompat. Oleh sebab itu, apabila anak Anda tidak melakukan kontak langsung dengan penderita kutu rambut, ia tidak akan tertular. Hal ini juga membuat penularan kutu rambut umumnya terjadi antara orang-orang terdekat seperti teman satu sekolah atau keluarga.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut yang Tepat

Kutu rambut tidak akan hilang dengan sendirinya. Terdapat beberapa cara menghilangkan kutu rambut yang dapat dilakukan, di antaranya:
  • Menggunakan Obat Kutu Rambut

    Untuk menghilangkan kutu rambut, dokter umumnya akan merekomendasikan obat kutu baik berupa sampo dan losion khusus, atau obat minum untuk kutu yang sulit hilang. Obat kutu rambut tertentu bisa didapat menggunakan resep dokter, namun ada beberapa yang juga dapat dibeli secara bebas di apotek.

    Sebelum memberikannya pada Anak anda, pastikan bahwa batasan umur penggunaan obat tersebut aman untuk Si Buah Hati. Gunakan obat tersebut sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan dan jangan berlebihan.
  • Sisir Bergigi Halus

    Sisir bergigi halus adalah cara efektif untuk menyingkirkan kutu. Kekurangannya adalah butuh waktu dan kesabaran untuk menyisir setiap telur kutu terakhir dari rambut anak. Anda juga dapat mengoleskan minyak zaitun pada rambut sebelum menggunakan sisir ini agar kutu maupun telurnya tidak menempel di sisir.

    Sisir rambut mulai dari ujung akar yang dekat dengan kulit kepala hingga ujung rambut. Agar penggunaan sisir lebih efektif, lakukanlah cara ini setiap habis mencuci rambut menggunakan sampo khusus kutu rambut.
  • Menggunakan Minyak Esensial

    Beberapa jenis minyak esensial juga dipercaya dapat menyingkirkan kutu beserta telurnya dengan cukup efektif. Beberapa jenis minyak esensial, seperti tea tree oil dan minyak kembang lawang.

    Meski begitu, penelitian mengenai manfaat minyak esensial untuk menghilangkan kutu rambut belum banyak dilakukan. Anda tetap perlu menggunakannya dengan berhati-hati dan tidak berlebihan. Konsultasi kepada dokter tetap disarankan sebelum menggunakan bahan ini.
Perlu diingat, meski telah berhasil dibasmi dengan menggunakan cara menghilangkan kutu di atas, serangga yang satu ini masih bisa kembali. Karena itu, Anda juga perlu membersihkan rumah secara tepat untuk menghilangkan kutu-kutu yang mungkin masih tertinggal sehingga mencegah kutu rambut kembali menyerang Anda dan keluarga.
kesehatan kulit kepalakesehatan anak
Kid's Health. https://kidshealth.org/en/parents/head-lice.htmlMayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/head-lice/symptoms-causes/syc-20356180WebMD. https://www.webmd.com/children/ss/slideshow-lice-overviewHealthline. https://www.healthline.com/health/head-liceDiakses pada Oktober 2018
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait