Penyebab ambeien adalah karena adanya tekanan pada dubur bagian bawah
Tekanan pada area dubur sehingga terjadi pembengkakan pembuluh darah merupakan penyebab ambeien

Ambeien atau wasir adalah penyakit yang cukup umum terjadi di berbagai kalangan masyarakat. Ciri khas penyakit ini adalah kesulitan untuk buang air besar maupun ketidaknyamanan saat duduk.

Penyebab ambeien dan cara mengatasinya mungkin adalah dua hal yang sering dicari oleh para penderita wasir. Tentunya kedua hal tersebut ada jawabannya! Namun, ambeien yang parah tidak hanya menimbulkan rasa sakit tetapi juga memicu inkontinensia tinja.

[[artikel-terkait]]

Apa penyebab ambeien?

Penyebab ambeien adalah karena adanya tekanan pada dubur bagian bawah yang membuat pembuluh darah di sekitar dubur merenggang dan membengkak. 

Tekanan ini dapat disebabkan oleh:

  • duduk dalam waktu yang lama di toilet
  • diare atau sembelit yang kronis
  • mengejan saat buang air besar
  • hamil
  • obesitas
  • menerapkan diet rendah serat
  • melakukan olahraga angkat beban secara rutin
  • berhubungan seksual secara anal

Apakah ada cara mengatasi ambeien?

Cara mengatasi ambeien bisa dengan menggunakan obat dari apotek atau dokter. Penderita juga bisa menempuh alternatif lain dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah.

Menghindari penyebab ambeien dan cara mengatasinya dapat dilakukan dengan bahan-bahan di sekitar rumah, seperti:

  • Air hangat dan garam epsom

Cara mengatasi ambeien cukup hanya dengan menggunakan air hangat! Air hangat dan garam epsom membantu untuk mengatasi iritasi karena ambeien. 

Berendam dalam air hangat yang dicampur garam epsom bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi rasa sakit akibat ambeien.

  • Kompresan dingin

Bengkak karena dubur dapat diatasi dengan kompresan dingin yang ditempelkan selama 15 menit di dubur, terutama bagi penderita yang memiliki ambeien yang besar.

Jika tidak ada kompresan dingin, Anda dapat menggunakan es batu yang dibungkus dalam kain.

Ambeien bisa menyebabkan inkontinensia tinja

Ambeien dapat menimbulkan kondisi inkontinensia tinja, yaitu ketidakmampuan seseorang menahan keinginan buang air besar (BAB) sehingga tinja keluar dari dubur dengan sendirinya.

Pada kasus penderita ambeien, tinja bisa keluar dari dubur karena pembuluh darah yang membengkak menyebabkan dubur tidak bisa menutup dengan rapat dan membuat tinja dengan mudah keluar dari dubur tanpa disengaja.

Bagaimana mencegah ambeien?

Selain mengetahui penyebab ambeien dan cara mengatasinya, tentunya Anda perlu mengetahui cara menghindari atau mencegah ambeien. Anda bisa mencegah ambeien dengan menerapkan gaya hidup yang sehat, seperti:

  • Dengarkan tubuh Anda

Bila Anda merasakan gejolak untuk buang air besar, segera lakukan hal tersebut. Ketika keinginan untuk buang air besar menghilang, maka air akan lebih banyak diserap oleh usus sehingga tinja akan mengering dan menjadi lebih sulit untuk dikeluarkan.

  • Konsumsi makanan tinggi serat

Serat membantu untuk melancarkan pencernaan dengan melunakkan tinja dan menambah bobot tinja, Kedua hal tersebut dapat mencegah Anda dari mengejan saat buang air besar.

Konsumsilah makanan yang berserat tinggi, seperti biji-bijian, sayur-mayur, dan buah-buahan. Namun, jangan langsung mengonsumsi serat dalam porsi yang besar, tetapi tambahkan porsi serat secara perlahan untuk menghindari kembung.

  • Berolahraga

Jangan salah, olahraga tidak hanya untuk menjaga berat badan dan kesehatan, tetapi juga berfungsi untuk mencegah sembelit dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah akibat terlalu lama berdiri atau duduk.

  • Hindari duduk di toilet dalam jangka waktu yang lama

Duduk terlalu lama di kamar mandi adalah penyebab ambeien karena tekanan yang ditimbulkan ke pembuluh darah sekitar dubur menjadi besar. Cara mengatasinya adalah dengan tidak berdiam dalam toilet saat tinja tidak bisa dikeluarkan. Pergi ke luar sejenak untuk berjalan-jalan agar ada pergerakan usus atau minum segelas air.

  • Minum air

Serupa dengan serat, air juga adalah salah satu komponen yang cukup penting dalam proses pencernaan. Air bertujuan untuk melunakkan tinja dan membuat tinja lebih cepat dikeluarkan.

Meminum air dapat mencegah penyebab ambeien dan menjadi cara mengatasinya. Sebaiknya minumlah enam sampai delapan gelas air setiap harinya untuk mencegah sembelit.

  • Jangan mengejan

Mengejan sambil menahan napas saat buang air besar dapat memicu tekanan pada pembuluh darah bagian bawah dubur dan menimbulkan ambeien. Oleh karenanya, jangan terlalu memaksakan diri dengan mengejan saat buang air besar. 

Konsultasikan ke dokter

Apabila ambeien yang dialami tidak kunjung sembuh, segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebab ambeien dan cara mengatasinya secara tepat.

Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-hemorrhoids
Diakses pada 09 Juli 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hemorrhoids/symptoms-causes/syc-20360268
Diakses pada 09 Juli 2019

Mayo Clinic, https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/fecal-incontinence/symptoms-causes/syc-20351397
Diakses pada 09 Juli 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed