Penyakit arthritis salah satu penyebabnya adalah faktor genetik
Artritis sering terjadi pada lansia yang berumur 65 tahun ke atas

Penyakit arthritis adalah peradangan sendi. Istilah artritis merujuk kepada kurang lebih 200 kondisi reumatoid yang memengaruhi sendi, jaringan di sekitar sendi, dan jaringan ikat lainnya. Beberapa kondisi yang termasuk dalam kondisi artritis antara lain adalah osteoarthritis, rheumatoid arthrtitis, dan gout.

Pada kondisi rheumatoid arthritis, penderitanya dapat mengalami nyeri, kaku, dan pembengkakkan pada satu atau lebih sendi. Gejala ini dapat muncul secara mendadak, atau muncul secara perlahan. 

Beberapa kondisi reumatoid dapat merupakan akibat dari  melibatkan gangguan sistem imun dan beberapa organ dalam tubuh seperti rheumatoid arthtritis dan lupus, atau systemic lupus erthyematosus (SLE).

[[artikel-terkait]]

Gangguan sendi jadi gejala umum penyakit arthritis

Artritis sering terjadi pada orang yang berusia 65 tahun atau lebih, namun artritis juga dapat terjadi pada seluruh usia, termasuk anak-anak. Gangguan atau gejala pada sendi adalah gejala paling umum dari penyakit artritis.

Gejala artritis dapat bervariasi, bergantung pada tipenya. Namun, beberapa gejala sendi di bawah ini hampir dapat ditemukan pada semua kasus artritis.

  • Nyeri
  • Kaku
  • Bengkak dan kemerahan
  • Keterbatasan gerak

Gangguan sistem imun bisa sebabkan penyakit arthritis

Hingga saat ini tidak didapatkan satu penyebab yang dapat menimbulkan artritis. Karena terdapat beberapa tipe artritis, penyebab artritis pun dapat bervariasi, bergantung pada tipenya.

Berikut ini sejumlah penyebab yang dapat berkontribusi terhadap penyakit arthritis.

  • Trauma yang dapat menyebabkan osteoarthritis atau artritis degeneratif
  • Gangguan metabolisme yang dapat menyebabkan gout atau pseudogout
  • Faktor turunan, seperti pada osteoarthritis
  • Infeksi seperti pada artritis, karena penyakit Lyme
  • Gangguan sistem imun seperti pada rheumatoid arthritis dan lupus

Hampir seluruh tipe artritis terjadi karena kombinasi dari beberapa faktor. Namun, beberapa tipe artritis juga memiliki penyebab yang tidak diketahui.

Beberapa orang mungkin memiliki faktor genetik yang meningkatkan risiko terjadinya artritis. Faktor genetik tersebut dapat berinteraksi dengan beberapa faktor seperti riwayat trauma, kebiasaan merokok, dan infeksi.

Faktor asupan makanan pun berpengaruh terhadap terjadinya artritis. Makanan berbahan hewani serta yang tinggi gula, dapat menyebabkan peradangan, dan memperparah gejala artritis. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang yang dengan gangguan metabolisme sebelumnya. 

Sementara itu, gout adalah tipe artritis yang berkaitan erat dengan asupan makanan. Pada penderita gout, didapatkan level asam urat yang tinggi, akibat diet tinggi purin seperti makanan laut, anggur merah, dan daging.

Beberapa faktor dihubungkan dengan risiko terjadinya artiritis. Beberapa faktor tersebut ada yang bersifat mutlak, maupun tidak mutlak.

Faktor yang mutlak

  • Resiko artritis meningkat seiring dengan pertambahan usia.
  • Jenis kelamin. Beberapa tipe artritis lebih sering dijumpai pada wanita, dan 60% penderita artirits adalah wanita. Gout lebih sering ditemukan pada wanita, daripada pria.
  • Faktor genetik. Beberapa gen berkaitan dengan peningkatan risiko beberapa tipe artritis seperti rheumatoid arthritis, lupus, dan ankylosing spondylitis.

Faktor yang tidak mutlak

  • Berat badan berlebih dan obesitas. Berat badan yang berlebih, berkontribusi pada perkembangan terjadinya osteoarthritis pada lutut.
  • Cedera atau trauma pada sendi, ikut menyebabkan osteoarthritis.
  • Beberapa kuman dapat memicu timbulnya beberapa tipe artritis.
  • Sejumlah profesi mengharuskan pekerjanya menekuk lutut atau jongkok, yang dapat menyebabkan terjadinya osteoarthritis pada lutut karena penggunaan yang sering.

Terapi yang diberikan bagi penderita artritis pun bergantung pada tipe penyakit tersebut. Jika mengalami artritis, terapi yang Anda jalani nantinya, bertujuan untuk mengurangi gejala klinis, sekalius meningkatkan kualitas hidup.

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed