Wajib Tahu, Ini Penyebab Gairah Seksual Menurun

(0)
06 Jun 2019|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Penyebab gairah seksual menurun dalam hubungan suami istriBertambahnya usia merupakan salah satu faktor menurunnya gairah seks.
Disfungsi seksual terjadi, ketika Anda tidak ingin menikmati aktivitas seksual. Hal tersebut bisa terjadi kapan saja. Penurunan gairah seks ini bisa terjadi tanpa Anda duga sebelumnya.Baik pria dan wanita dari segala usia bisa mengalaminya. Akan tetapi, risiko lebih meningkat seiring bertambahnya usia, terutama jika Anda telah berusia di atas 40 tahun.[[artikel-terkait]]

Penyebab gairah seksual menurun

Salah satu akibat dari disfungsi seksual, yaitu menurunnya gairah seksual. Gairah seks menjadi berkurang ketika minimnya respons mental, fisik, maupun keduanya, terhadap rangsangan seksual.Jika gairah seksual Anda menurun, maka jenis stimulasi seksual yang biasa dilakukan, kurang atau bahkan tidak menimbulkan gairah. Mental atau fisik Anda tidak akan terangsang saat distimulasi. Selain itu, sejumlah kondisi berikut ini bisa menyebabkan gairah seks menurun.

1. Masalah hubungan

Jika merasa tidak ada kebahagiaan lagi dalam hubungan Anda, maka kondisi tersebut dapat menurunkan gairah seksual Anda. Selain itu, konflik yang tak terselesaikan, seringnya beradu argumen, hilangnya ketertarikan seksual, hilangnya kepercayaan, dan komunikasi yang buruk, bisa membuat gairah seksual menurun.Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya Anda dan pasangan menjalani konseling hubungan. Hal itu dilakukan untuk memperbaiki hubungan, agar gairah seksual tidak menurun.

2. Masalah seksual

Menurunnya gairah seks dapat disebabkan oleh masalah seksual yang Anda miliki, seperti disfungsi ereksi, masalah ejakulasi, penipisan atau jaringan vagina yang kering (vaginitis atrofi), kekeringan vagina, sakit saat berhubungan intim, dan lainnya.Ketika mengalami masalah seksual tersebut, maka Anda dapat menjadi kurang bergairah untuk melakukan hubungan intim.

3. Kelelahan, kegelisahan, dan stres

Kelelahan, kegelisahan, dan stres, dapat menyita waktu, dan berdampak besar pada kebahagiaan Anda, termasuk gairah seksual. Jika Anda merasa lelah, stres, gelisah secara terus menerus, maka gairah seksual dapat menurun.Anda mungkin harus melakukan perubahan gaya hidup atau berkonsultasi pada dokter mengenai masalah tersebut.

4. Bertambahnya usia

Gairah seks yang menurun dialami banyak pria dan wanita, seiring bertambahnya usia. Penurunan kadar hormon seks dan masalah kesehatan karena usia, terutama yang membatasi pergerakan, dapat menyebabkan penurunan gairah seks.Ketika usia Anda semakin tua, maka gairah untuk melakukan hubungan seks pun berkurang. Adapun penyebab lain dari menurunnya gairah seks yaitu kehamilan, persalinan dan aktivitas menyusui.Selain itu, masalah kesehatan seperti kanker, diabetes, penyakit jantung, dan tiroid, bisa menjadi penyebab penurunan gairah seks. Begitu pula dengan penggunaan obat-obatan tertentu dan kontrasepsi hormonal.

Penyebab disfungsi seksual dari segi fisik dan psikologis

Penyebab disfungsi seksual secara umum terbagi atas dua jenis, yaitu faktor fisik dan faktor psikologis. Disfungsi seksual yang terjadi dari segi  fisik umumnya disebabkan oleh gangguan kesehatan, seperti:
  • Gangguan hormon.
  • Penyakit saraf, seperti penyakit Parkinson dan multiple sclerosis.
  • Cedera pada saraf, terutama saraf yang mengatur ereksi.
  • Efek samping dari obat-obatan tertentu, contohnya obat antidepresan.
  • Diabetes.
  • Penyakit jantung.
  • Tekanan darah tinggi.
Gangguan hormon yang bisa dialami oleh pria ataupun wanita bisa mengakibatkan disfungsi seksual. Penurunan kadar hormon estrogen pada wanita menopause juga akan menurunkan hasrat seksual seorang wanita. Tak hanya itu, penurunan hormon testosteron pada pria juga bisa mengurangi hasrat melakukan kegiatan seksual.Tak hanya dari segi fisik, disfungsi seksual juga bisa terjadi karena faktor psikologi. Tak boleh diabaikan, gangguan psikologi akibat faktor ini bisa memicu disfungsi seksual:Disfungsi seksual juga berpotensi terjadi lebih tinggi pada orang-orang yang mengalami kondisi berikut ini:
  • Lanjut usia.
  • Kecanduan alkohol.
  • Pernah menjalani radioterapi pada daerah selangkangan.
  • Menyalahgunakan narkoba.
  • Merokok.
  • Obesitas.

Jenis-jenis disfungsi seksual

Gangguan minat, gairah, orgasme, maupun nyeri, merupakan jenis-jenis disfungsi seksual yang umum terjadi. Gangguan minat atau hasrat terjadi, ketika Anda hanya memiliki sedikit, atau bahkan tidak ingin melakukan hubungan seksual.Sementara itu, jika bersemangat untuk melakukan aktivitas seksual, tapi tidak mampu terangsang, maka Anda dikatakan mengalami gangguan gairah. Pada gangguan orgasme, Anda akan kesulitan mencapai klimaks, yang akhirnya menyebabkan frustrasi.Gangguan berikutnya yang biasa muncul sebagai disfungsi seksual adalah gangguan nyeri. Gangguan ini membuat Anda merasakan sakit saat berhubungan seksual.
masalah seksualhubungan seksualtips seksdisfungsi ereksidisfungsi seksual
Healthline. https://www.healthline.com/health/what-sexual-dysfunction#outlook
Diakses pada 23 Mei 2019
Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/9121-sexual-dysfunction
Diakses pada 23 Mei 2019
MSD Manual. https://www.msdmanuals.com/home/women-s-health-issues/sexual-dysfunction-in-women/sexual-arousal-disorders
Diakses pada 23 Mei 2019
NHS UK. https://www.nhs.uk/conditions/loss-of-libido/
Diakses pada 23 Mei 2019
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/erectile-dysfunction/symptoms-causes/syc-20355776
Diakses pada 19 November 2020
Reviewed by dr. Reni
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait