Pentingnya Sarapan Pagi yang Sering Diremehkan

(0)
02 Sep 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Pentingnya sarapan pagi sangatlah baik untuk kesehatan kita!Pentingnya sarapan pagi tidak boleh diremehkan, sebab dampaknya sangat baik untuk kita.
Pentingnya sarapan pagi sering kali dilupakan, terutama oleh mereka yang sedang ingin menurunkan berat badan.Padahal, melewatkan sarapan pagi akan meningkatkan risiko naiknya berat badan alias obesitas. Namun, banyak orang beranggapan bahwa tidak sarapan pagi bisa mengurangi asupan kalori dan menurunkan berat badan.Untuk memahami pentingnya sarapan pagi untuk kesehatan, mari kita simak alasan-alasan mengapa sarapan itu penting dan bahayanya jika sering dilewatkan.

Pentingnya sarapan pagi untuk kesehatan

Sarapan pagi sering kali disebut sebagai waktu makan terpenting. Sebab, selama Anda tidur, tubuh pun berpuasa. Ketika pagi hari datang, tubuh membutuhkan asupan energi untuk beraktivitas di luar rumah.Maka dari itu, kenali pentingnya sarapan pagi untuk tubuh agar hari-hari Anda dapat dijalani dengan penuh energi.

1. Memasok energi untuk menjalani hari-hari

Pentingnya sarapan pagi yang paling utama adalah memasok energi untuk menjalani hari-hari. Sebab, karbohidrat yang Anda makan saat sarapan akan menjadi sumber energi bagi tubuh.Selama ‘berpuasa’ saat tidur, kadar glukosa dapat turun. Tanpa adanya karbohidrat, tubuh tidak bisa mendapatkan asupan glukosa yang cukup sehingga tubuh akan melemah.Dengan mengonsumsi makanan sehat saat sarapan, kadar glukosa akan kembali normal sehingga metabolisme tubuh akan siap untuk menjalani hari-hari.

2. Memenuhi kebutuhan nutrisi harian

Mengonsumsi sarapan pagi yang sehat akan membantu tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya, seperti folat, kalsium, zat besi, vitamin B, hingga serat. Faktanya, orang-orang yang rutin sarapan pagi akan lebih mudah memenuhi kebutuhan nutrisinya dibandingkan mereka yang jarang sarapan.

3. Menjaga berat badan agar tetap ideal

Orang-orang yang rutin sarapan pagi dengan makanan sehat akan terhindar dari risiko obesitas. Sebab, sarapan pagi dapat mencegah fluktuasi kadar gula darah besar-besaran dan menghindari rasa lapar yang berlebihan.Selain itu, sarapan pagi dipercaya dapat membantu Anda menghindari nafsu makan berlebih sehingga Anda tidak akan ngemil berlebihan.

4. Meningkatkan fungsi otak

Sarapan
Pentingnya sarapan pagi sangat baik untuk otak
Mereka yang jarang sarapan pagi cenderung sulit untuk berkonsentrasi dan fokus saat bekerja atau belajar. Hal ini terjadi akibat otak tidak mendapatkan glukosa yang cukup untuk berfungsi dengan baik.Beberapa riset juga sudah membuktikan, orang-orang yang tidak sarapan pagi akan merasa sulit untuk fokus, berkonsentrasi, dan mengingat. Kondisi ini akan membuat pekerjaan harian Anda terasa lebih berat tentunya.Anak sekolah yang tidak sarapan pagi akan merasa sulit untuk mencerna pelajaran dan merasa cepat lelah. Bahkan, mereka juga cenderung mudah marah.Ditambah lagi, menurut sebuah penelitian, anak kecil dan remaja yang rutin sarapan pagi mengalami peningkatkan performa akademis dibandingkan mereka yang tidak sarapan.

5. Mencegah datangnya penyakit

Jangan salah, salah satu alasan pentingnya sarapan pagi adalah mencegah datangnya penyakit. Para ahli percaya, orang yang lebih rutin sarapan pagi akan terhindari dari penyakit, seperti obesitas dan diabetes tipe 2.Tidak hanya itu, mereka yang rutin sarapan pagi dengan makanan sehat juga terhindar dari penyakit jantung.

6. Menjaga pola makan agar tetap sehat

Sarapan
Pentingnya sarapan pagi sangatlah luar biasa untuk kesehatan
Orang-orang yang rutin sarapan pagi dianggap memiliki pola makan yang lebih sehat dibandingkan mereka yang jarang sarapan pagi. Sebab, orang yang sarapan akan terhindar dari camilan tak sehat.Sebuah riset juga menyatakan, anak-anak yang jarang sarapan lebih cenderung memilihmakanan yang tidak sehat (tak bernutrisi).

Bahaya melewatkan sarapan pagi yang harus diwaspadai

Tidak hanya lemah dan lesu, masih banyak bahaya lainnya yang mengancam jika Anda sering melewatkan sarapan pagi. Berikut ini adalah bahaya jangka panjang jika Anda jarang sarapan.
  • Meningkatkan risiko penyakit jantung koroner

Sebuah riset yang diikuti oleh 26 ribu partisipan berusia 45-82 tahun membuktikan, pria yang tidak sarapan pagi lebih berisiko terserang penyakit jantung koroner sebanyak 27 persen. Riset ini berlangsung selama 16 tahun, di mana para peneliti mencoba menganalisis kebiasaan makan (termasuk sarapan) para peserta penelitian.
  • Berpotensi menyebabkan serangan jantung

Menurut sebuah riset dari Universitas Harvard, melewatkan sarapan pagi bisa meningkatkan faktor risiko serangan jantung, seperti obesitas, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes.
  • Meningkatkan risiko kanker

Tidak sarapan pagi dapat membuat rasa lapar berlebih di siang harinya sehingga memicu Anda untuk makan berlebihan dan menjadi obesitas. Perlu diketahui, menurut Cancer Research UK, seseorang yang obesitas memiliki risiko kanker yang cukup tinggi.
  • Mengganggu fungsi otak

Sebuah penelitian berusaha untuk membuktikan efek tidak sarapan pagi terhadap fungsi otak manusia. Para peserta penelitian yang terbagi dalam dua grup diminta untuk sarapan pagi. Sebagian dari partisipan ini juga diminta untuk tidak makan di pagi hari.Para peneliti menemukan, peserta penelitian yang sarapan pagi lebih mampu menjawab soal-soal ujian dibandingkan mereka yang tidak sarapan.Berbagai bahaya tak sarapan di atas diharapkan menjadi pengingat bahwa pentingnya sarapan pagi tak boleh diremehkan. Bagi Anda yang selama ini masih menyepelekannya, mulailah rutin mengonsumsi sarapan pagi, tentunya dengan menu makanan yang sehat dan bergizi seimbang.
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuranpola hidup sehat
Better Health. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/breakfast
Diakses pada 19 Agustus 2020
Web MD. https://www.webmd.com/food-recipes/breakfast-lose-weight#1
Diakses pada 19 Agustus 2020
AHA Journals. https://www.ahajournals.org/doi/full/10.1161/circulationaha.113.001474?sid=6c59e2d9-c6a9-44be-bd09-79d7ec32595b
Diakses pada 19 Agustus 2020
Harvard. https://www.hsph.harvard.edu/news/features/skipping-breakfast-may-increase-coronary-heart-disease-risk/
Diakses pada 19 Agustus 2020
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/harmful-effects-of-skipping-breakfast/
Diakses pada 19 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait