Pentingnya Mitigasi Bencana Alam dan Berbagai Contohnya


Mitigasi bencana adalah tindakan yang dapat mengurangi risiko jangka panjang dari ancaman bencana alam. Contoh mitigasi bencana tentunya berbeda berdasarkan bencananya, misalnya mitigasi bencana banjir dapat berupa penataan daerah aliran sungai, sedangkan mitigasi bencana gempa bumi berupa membuat bangunan tahan gempa.

0,0
03 Aug 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Mitigasi bencana adalah tindakan yang dapat mengurangi risiko jangka panjang dari ancaman bencana alamPembangunan dinding laut termasuk salah satu bentuk mitigasi bencana alam
Mitigasi bencana adalah tindakan berkelanjutan yang dapat mengurangi atau menghilangkan risiko jangka panjang terhadap manusia dan properti dari ancaman bencana alam beserta berbagai dampaknya.Mitigasi bencana merupakan upaya berkelanjutan di berbagai tingkat, mulai dari individu hingga tingkat nasional, untuk mengurangi dampak bencana terhadap keluarga, rumah, komunitas, dan kondisi ekonomi.

Tujuan dan jenis mitigasi bencana

Fokus mitigasi bencana adalah tindakan yang dilakukan untuk menghadapi berbagai bencana alam yang berpotensi menyebabkan bahaya pada manusia atau properti.Dilansir dari BPBD Kabupaten Karanganyar, beberapa tujuan mitigasi bencana adalah:
  • Mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh bencana alam, terutama untuk penduduknya.
  • Menjadi pedoman penting dalam perencanaan pembangunan.
  • Meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam menghadapi dan mengurangi dampak atau risiko bencana alam.
Berdasarkan tujuannya, mitigasi bencana alam terbagi menjadi dua jenis, yaitu:
  • Pengurangan Risiko Bencana (PRB) yang bertujuan untuk mengurangi kerusakan akibat bencana alam, seperti gempa bumi, banjir, kekeringan, dan angin topan, melalui etika pencegahan.
  • Manajemen Risiko Bencana (DRM) yang mencakup kegiatan manajemen untuk menangani dan berupaya memperbaiki atau mengurangi risiko bencana yang sudah terjadi.
Di samping itu, ada lima jenis mitigasi bencana yang dapat dilakukan untuk mencegah dan menanggulangi kerusakan yang diakibatkan oleh berbagai bencana alam.

1. Perencanaan dan peraturan lokal

Jenis mitigasi bencana alam ini berupa tata guna lahan lokal atau rencana komprehensif untuk mewujudkan tujuan, nilai, dan aspirasi masyarakat setempat.Rencana ini harus mencakup kebijakan dan tata cara yang mengarahkan pembangunan supaya jauh dari daerah rawan bahaya, seperti dataran rawan banjir atau longsor. Perencanaan yang baik dapat mencegah bahaya bencana alam bagi warga dan properti.

2. Proyek struktural

Proyek struktural melibatkan modifikasi struktur dan infrastruktur yang ada dengan tujuan untuk melindunginya dari bahaya atau memindahkannya dari area bahaya. Hal ini dapat berlaku untuk fasilitas dan infrastruktur penting, baik umum ataupun swasta.Jenis tindakan mitigasi bencana alam ini melibatkan proyek pembangunan struktur buatan manusia untuk mengurangi dampak dari bencana. Misalnya, membuat bangunan tahan gempa atau tembok laut untuk menghalau gelombang laut tinggi.

3. Perlindungan sistem alami

Perlindungan sistem alami adalah tindakan mitigasi yang bertujuan untuk meminimalisir risiko kerusakan dan kerugian akibat bencana alam, serta melestarikan atau memulihkan fungsi sistem alam. Contoh mitigasi bencana alam berupa perlindungan sistem alami, di antaranya:
  • Pengelolaan hutan
  • Pengendalian sedimentasi dan erosi
  • Restorasi dan pelestarian lahan basah.

4. Program pendidikan

Program pendidikan dan peningkatan kesadaran masyarakat adalah tindakan mitigasi yang bertujuan untuk menginformasikan dan mengedukasi warga, pejabat terkait, dan pemilik properti, tentang bencana alam beserta potensi cara untuk mengurangi risikonya.Jenis mitigasi ini merupakan fondasi penting untuk menjamin kesuksesan tindakan mitigasi bencana.

5. Tindakan kesiapsiagaan dan respons

Jenis mitigasi bencana kesiapsiagaan dan respons dapat mengurangi atau menghilangkan kebutuhan terhadap kesiapsiagaan atau respons di masa depan.Contohnya, menyediakan peralatan komunikasi radio untuk pemadam kebakaran atau mengembangkan prosedur pemberitahuan pada warga terdampak bencana mengenai lokasi pengungsian yang tersedia.

Contoh mitigasi bencana alam

Berikut adalah beberapa contoh mitigasi bencana alam untuk mengantisipasi kerusakan dan korban jiwa.
  • Mitigasi bencana tsunami: menyediakan sistem untuk mendeteksi tsunami dan memberi peringatan untuk mencegah jatuhnya korban.
  • Mitigasi bencana banjir: penataan daerah aliran sungai, mematikan aliran listrik saat banjir terjadi, dan menyediakan air bersih setelah banjir untuk mencegah diare dan masalah kesehatan lainnya.
  • Mitigasi bencana gempa bumi: mendirikan bangunan tahan gempa, berpartisipasi dalam kegiatan simulasi mitigasi bencana gempa bumi, bersikap tenang saat bencana gempa terjadi, segera keluar dari bangunan setelah gempa, dan hindari bangunan yang berpotensi roboh.
  • Mitigasi bencana tanah longsor: membangun terasering dengan sistem drainase yang tepat, melaksanakan penghijauan, dan melakukan relokasi pada beberapa kasus tertentu.
Kesuksesan mitigasi bencana alam memerlukan partisipasi dari semua pihak, mulai dari pemerintah hingga peran serta individu di dalam masyarakat.Simulasi mitigasi bencana alam biasanya diselenggarakan di tempat-tempat umum, seperti sekolah, rumah sakit, atau perkantoran. Saat kegiatan diselenggarakan, ada baiknya Anda ikut serta dalam simulasi tersebut sebagai bekal dalam menghadapi bencana di masa depan.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
banjir
New Bedford. https://www.newbedford-ma.gov/emergency-management/emergencies-disasters/mitigation/
Diakses 21 Juli 2021
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7152083/
Diakses 21 Juli 2021
NH Gov. https://www.nh.gov/safety/divisions/hsem/HazardMitigation/documents/fema_mitigation_ideas_final508.pdf
Diakses 21 Juli 2021
NAP. https://www.nap.edu/read/1840/chapter/6
Diakses 21 Juli 2021
Mitigaton Guide. http://mitigationguide.org/task-6/mitigation-actions/
Diakses 21 Juli 2021
E Education. https://www.e-education.psu.edu/geog30/node/378
Diakses 21 Juli 2021
BPBD Kabupaten Karanganyar. https://bpbd.karanganyarkab.go.id/?p=603
Diakses 21 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait