Pentingnya Konseling Pranikah bagi Calon Pengantin

(0)
02 Mar 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Konseling pranikah membantu calon pengantin meningkatkan komunikasi yang efektifCalon pengantin bisa mengikuti konseling pranikah
Satu hal yang sebaiknya dilakukan oleh pasangan sebelum menikah adalah mengikuti konseling pranikah. Konseling pranikah adalah pemberian bimbingan oleh seorang konselor atau penasihat mengenai pernikahan sebagai bekal bagi calon pengantin. Konseling pernikahan dapat membantu memastikan bahwa Anda dan pasangan memiliki hubungan yang kuat, mampu menciptakan pernikahan yang damai dan sejahtera, hingga mengidentifikasi potensi masalah yang mungkin terjadi dalam rumah tangga nantinya.

Topik yang dibicarakan dalam konseling pranikah

Dalam konseling pranikah, Anda dan pasangan akan didorong untuk mendiskusikan topik yang berhubungan dengan pernikahan, sepertI:
  • Komunikasi
  • Keuangan
  • Keyakinan dan nilai
  • Peran dalam pernikahan
  • Hubungan keluarga
  • Pengambilan keputusan
  • Pengendalian amarah
  • Waktu yang dihabiskan bersama
  • Kasih sayang dan seks
  • Keinginan memiliki anak.
Anda dan pasangan mungkin tidak akan selalu sepaham mengenai berbagai hal di atas. Anda mungkin akan setuju terhadap beberapa hal, tapi pasangan Anda tidak menyetujuinya. Begitu juga sebaliknya. Dengan membahas perbedaan dan harapan sebelum menikah, konselor akan membantu Anda dan pasangan untuk lebih saling memahami, mengatasi tantangan, dan mendukung satu sama lain dalam pernikahan nantinya.

Manfaat konseling pranikah

Dilansir dari WebMD, sebuah penelitian menunjukkan bahwa konseling pranikah membantu membangun pernikahan yang lebih kuat. Penelitian tersebut meninjau 23 studi mengenai efektivitas konseling pranikah. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa rata-rata pasangan yang mengikuti konseling pranikah memiliki pernikahan yang 30 persen lebih kuat daripada pasangan lainnya. Dengan mengikuti konseling pranikah, ada berbagai manfaat yang bisa Anda dan pasangan peroleh, di antaranya:

1. Meningkatkan komunikasi yang efektif

Komunikasi yang efektif menguatkan fondasi pernikahan
Mengikuti konseling pranikah bisa meningkatkan komunikasi yang lebih efektif antara Anda dan pasangan. Anda pun akan mengetahui apa keinginannya, begitu juga dengan pasangan Anda. Dengan menciptakan komunikasi yang baik, fondasi pernikahan akan semakin kuat.

2. Lebih baik dalam menyelesaikan masalah

Dalam konseling ini, Anda dan pasangan dapat menemukan potensi masalah yang akan dihadapi kelak dalam pernikahan. Sehingga, kalian bisa belajar menyelesaikannya dengan lebih baik mulai dari saat ini.

3. Meningkatkan kualitas hubungan

Konseling pranikah membuat Anda dan pasangan saling memahami satu sama lain sehingga bisa meningkatkan kualitas hubungan. Hubungan yang kuat dan sehat bisa mewujudkan pernikahan yang bahagia.

4. Memahami dan menerima perbedaan

Pahami dan terima perbedaan dengan pasangan
Konseling pranikah membantu Anda dan pasangan mengembangkan keterampilan untuk berkompromi dan bekerja sama secara efektif dalam pernikahan nantinya. Hal ini akan mendorong kalian untuk lebih memahami dan menerima perbedaan satu sama lain.

5. Bisa menyesuaikan diri dengan lebih baik

Melalui konseling pranikah, Anda juga bisa menyesuaikan diri dengan lebih baik dalam kehidupan pernikahan. Jika sebelumnya Anda pribadi yang cuek, maka dalam pernikahan Anda bisa lebih perhatian. Baik Anda dan pasangan akan saling memahami kondisi, kelebihan, dan kekurangan yang ada.Setiap pasangan yang hendak menikah tentu bisa mendapatkan konseling pranikah. Anda dapat menghubungi pihak Kantor Urusan Agama (KUA) untuk memperoleh informasi mengenai bimbingan konseling pranikah atau mencari konselor sendiri. Anda dan pasangan harus nyaman berdiskusi bersama konselor untuk mendapatkan hasil yang baik. Berusahalah untuk terbuka satu sama lain sehingga pernikahan yang akan Anda jalani menjadi langgeng dan bahagia.Akan tetapi, tidak semua pasangan ingin mengikuti konseling tersebut. Hal ini mungkin disebabkan oleh permasalahan biaya, waktu, atau kekhawatiran akan timbulnya masalah. Selama ini, perspektif yang berkembang mengenai ikut konseling berarti memiliki hubungan yang bermasalah. Padahal justru hal ini bisa membantu menguatkan hubungan Anda dan pasangan.Jika Anda ingin bertanya lebih lanjut mengenai masalah kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
pernikahanpercintaanmenjalin hubungan
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/premarital-counseling/about/pac-20394892
Diakses pada 17 Februari 2021
Web MD. https://www.webmd.com/women/news/20030404/premarital-counseling-builds-better-union
Diakses pada 17 Februari 2021
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-connected-life/201706/do-you-really-need-premarital-counseling
Diakses pada 17 Februari 2021
Psych Central. https://psychcentral.com/blog/the-benefits-of-premarital-counseling-how-to-find-a-therapist#5
Diakses pada 17 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait