Istirahat setelah bersepeda berfungsi untuk memberikan waktu pada otor agar pulih
Istirahat setelah bersepeda penting untuk memulihkan otot

Hal mendasar dalam mengoptimalkan sebuah latihan fisik untuk menunjang kebugaran dan daya tahan tubuh adalah dengan memantau periodisasi latihan. Dalam hal ini, periodisasi mencakup batasan durasi dan intensitas latihan disertai istirahat yang cukup.

Istirahat dalam hal ini memiliki banyak peran, khususnya untuk memberikan waktu pada otot agar pulih dari radang dan peregangan. Apabila Anda dapat melakukan prosesnya dengan benar, tubuh Anda akan mendapatkan hasil yang lebih optimal dengan menjadi lebih kuat atau lebih cepat dari sebelumnya.

Di lain sisi, banyak pula pesepeda yang kurang memahami berapa banyak waktu yang sebenarnya disisihkan untuk tubuh beristirahat dari aktivitas fisik berat. Saat akan melakukan latihan, sebagian dari para pesepeda akan membuat jadwal latihan secara terperinci yang mencakup latihan khusus untuk meningkatkan daya, ketahanan, kecepatan, dan keterampilan bersepeda lainnya.

Sayangnya, waktu istirahat kerap kali terlupakan dan dianggap kurang penting dalam menunjang latihan. Padahal, jika Anda tidak meluangkan waktu khusus untuk istirahat, Anda akan mengalami kekurangan energi, kelelahan, hingga penurunan motivasi dalam melakukan latihan.

Tips Mengatur Waktu Istirahat Setelah Bersepeda

Bagi Anda yang ingin mengoptimalkan latihan bersepeda, menjadwalkan waktu istirahat adalah hal yang penting untuk dilakukan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatur jadwal istirahat yang tepat dapat bermanfaat bagi para pengendara sepeda.

1. Waktu Istirahat yang Diperlukan

Ketika Anda mempertimbangkan rincian durasi dan intensitas latihan harian dan interval istirahat, pastikan untuk setidaknya menyelipkan satu hari libur dalam setiap minggu.

Hal ini penting untuk memberikan waktu pada tubuh dalam mengistirahatkan diri dari gerakan dan aktivitas fisik berat hingga kerjanya dapat kembali pulih sepenuhnya dan mampu beraktivitas kembali untuk latihan pada minggu berikutnya.

Apabila berhenti total dari olahraga selama satu hari terasa kosong bagi Anda, Anda dapat mengganti bersepeda dengan melakukan aktivitas fisik ringan seperti berjalan cepat, berenang ringan atau kegiatan santai lainnya. Yang pasti, jauhkan sepeda untuk mengistirahatkan tubuh fisik dan pikiran Anda secara menyeluruh.

Perhatikan pula kondisi psikologis dan mental yang berperan besar dalam melakukan aktivitas fisik yang membutuhkan energi ekstra. Dengan kata lain, hari libur untuk mengatur ulang pikiran dari waktu-waktu monoton bersepeda sangat penting.

2. Jadwalkan Waktu Tidur

Sama seperti jadwal latihan yang dibuat dengan rinci, waktu untuk beristirahat juga perlu untuk dipantau durasi dan jenisnya. Salah satu bentuk istirahat yang penting untuk Anda lakukan adalah tidur dengan durasi yang cukup.

Tidur memiliki peran besar dalam memberikan tubuh waktu untuk melakukan pemulihan dan perbaikan pada tiap kerusakan dan peradangan yang terjadi akibat latihan olahraga intensif.

3. Konsisten dengan Waktu Istirahat

Pastikan untuk selalu konsisten dengan waktu istirahat. Jangan anggap waktu istirahat sebagai waktu bersantai. Waktu istirahat merupakan hak tubuh dan bagian dari proses latihan yang Anda lakukan. Sebagai contoh, jika hari Senin adalah hari istirahat Anda, jangan biarkan godaan seperti ajakan bersepeda dadakan mengacaukan jadwal Anda.

Waktu istirahat Anda sama pentingnya dengan waktu yang Anda habiskan untuk bersepeda. Terlalu banyak latihan dan tidak cukup istirahat dapat menyebabkan penurunan kinerja dan energi yang lebih rendah.

4. Nikmati Proses dan Waktu Istirahat

Terakhir, meskipun Anda memiliki tujuan akhir yang ingin segera dicapai, istirahat tetap menjadi bagian dari proses yang perlu Anda lakukan. Saat istirahat, mungkin Anda akan merasakan otot-otot yang terasa nyeri, tegang, dan pegal. Itulah tanda di mana otot sedang melakukan proses pemulihan yang nantinya beralih pada kondisi otot yang semakin kuat dan besar.

Itulah beberapa hal penting seputar pentingnya istirahat setelah bersepeda. Jangan lupa untuk selalu memberikan hak tubuh untuk mendapatkan hasil yang optimal dari segala latihan fisik yang Anda lakukan.

Active. https://www.active.com/cycling/articles/how-much-rest-do-cyclists-need
Diakses pada November 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed