Penting! Inilah Cara Menidurkan Bayi yang Rewel Karena Sakit

(0)
09 May 2019|Maria Yuniar
Cara menidurkan bayi yang rewel karena batuk bisa dengan air hangatcara menidurkan bayi yang rewel saat sakit bisa diawali dengan mengetahui gejalanya
Saat sedang sakit seperti mengalami flu atau pilek, bayi umumnya akan menjadi lebih rewel dan susah tidur. Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui cara menidurkan bayi yang rewel karena sakit agar si Kecil bisa tetap mendapatkan istirahat yang cukup.Pada dasarnya, pemberian obat-obatan sederhana, serta kasih sayang penuh bagi anak dapat membuatnya merasa lebih nyaman saat sedang sakit. Nah, agar bayi bisa tidur cepat dan pulas meskipun sedang sakit, berikut langkah yang bisa Anda ikuti.

Cara menidurkan bayi yang rewel

Bayi sakit batuk atau pilek dapat membuat Si Kecil tetap terjaga, susah tidur, dan gelisah. Untuk membantu bayi tertidur, cobalah tips cara menidurkan bayi yang rewel dan susah tidur karena sakit berikut ini:

1. Gunakan humidifier atau vaporizer 

Humidifier maupun vaporizer, bisa meningkatkan kelembapan ruangan, yang dibutuhkan anak. Ruangan yang lembap akan mengurangi batuk dan sesak di malam hari, serta memperlancar saluran pernapasan. Pastikan Anda selalu membersihkan peralatan tersebut secara teratur, sehingga jamur tidak tumbuh di dalamnya.

2. Angkat kepala bayi Anda 

Posisi tubuh berbaring bisa membuat batuk semakin buruk, dan tentunya membuat bayi sulit tidur. Oleh karena itu, tinggikan posisi kepala bayi beberapa sentimeter, ketika tidur. Anda juga dapat meletakkan lipatan handuk di bawah kepala bayi. Dengan demikian, lendir dapat mengalir ke arah yang benar, dan batuk bisa reda.

3. Berikan asupan cairan yang banyak 

Cara menidurkan bayi yang rewel karena sakit lainnya adalah dengan menjaga asupan cairan tubuh bayi. Sama seperti orang dewasa, bayi juga membutuhkan banyak minum ketika sedang sakit. Cairan yang masuk ke dalam tubuh, dapat membantu mengencerkan lendir, dan membuatnya menjadi lebih mudah dibersihkan. Untuk bayi berusia di bawah 6 bulan, ASI dan susu formula adalah pilihan terbaik.ASI mengandung zat kekebalan, yang dapat melindungi tubuh bayi antara lain dari batuk, pilek, infeksi telinga, serta diare dan alergi.

4. Atasi batuk dan lendir yang membuat susah tidur

Saat bayi sakit batuk, ia akan lebih rewel dan juga susah tidur. Untuk membantu menidurkan bayi yang gelisah karena batuk, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengencerkan dahak atau lendir yang mengganggunya.Saat bayi sudah memasuki masa MPASI, Anda bisa memberikan 1-3 sendok teh jus apel hangat atau air mineral selama 4 kali sehari saat anak sedang batuk. Jika anak sudah berusia lebih dari 1 tahun, Anda dapat memberikannya madu. Berikan madu sesuai kebutuhan anak. Untuk batuk rejan, cobalah mandikan bayi dengan air hangat. Uap-uap panas dari air dapat melegakan pernapasannya.

5. Pijat gusi bayi jika sedang tumbuh gigi

Salah satu sakit yang kerap membuat bayi tidak bisa tidur adalah ketika bayi tumbuh gigi. Untuk membuat bayi bisa tidur saat sedang tumbuh gigi, Ada bisa meredakan rasa nyeri dan tidak nyaman dengan memijat gusi bayi yang bengkak.Dikutip dari Medline Plus, Anda bisa menggosok atau memijat lembut gusi bayi menggunakan handuk basah atau jari yang dingin. Ini bisa mengurangi rasa tidak nyaman pada gusi dan menjadi salah satu cara menidurkan bayi yang rewel akibat tumbuh gigi yang ampuh.

6. Atur jadwal tidur bayi

Salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk menidurkan bayi yang sedang rewel adalah mengatur jadwal tidurnya. Saat bayi memiliki pola dan jam tidur yang teratur, tubuhnya pun akan menyesuaikan diri.Rutinitas tidur yang dibiasakan dalam jadwal tidurnya itu akan membuat bayi cepat mengantuk saat menjelang waktu tidur. Ia akan terbiasa untuk tidur di waktu tersebut dan menjadi tidak rewel.

7. Berikan kasih sayang lebih

Saat anak sedang sakit, tidak ada hal lain yang dapat menenangkannya selain kasih sayang dari Anda. Berikan pelukan pada anak agar ia merasa lebih nyaman, baik itu dalam gendongan maupun langsung di lengan Anda.Metode skin to skin juga dapat menjadi cara efektif menidurkan bayi yang gelisah. Ini karena rasa hangat dari tubuh ibu akan bantu menenangkan bayi dan membuatnya nyaman.

8. Ke dokter untuk mendapatkan obat

Saat sedang sakit dan rewel, kondisi bayi mungkin memerlukan obat untuk mengatasi sakit yang sedang melandanya. Konsumsi obat pada bayi tidak boleh sembarangan dan harus sesuai dengan resep dokter.Jika kondisi anak belum membaik karena sakitnya dan bayi tidak kunjung bisa tidur, sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter untuk mengatasi sakitnya. Tanyakan pada dokter mengenai kebutuhan bayi terhadap acetaminophen atau ibuprofen, untuk menurunkan demam atau obat lain yang bisa meredakan nyeri.Berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui jenis obat dan dosis yang tepat, terutama untuk anak di bawah 2 tahun. Pastikan Anda tidak memberikan pada bayi di bawah 6 bulan.Anda juga bisa  berkonsultasi dan menghubungi dokter melalui chat di aplikasi kesehatan keluarga SehatQDownload aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
bayibayi & menyusuimenidurkan bayibayi pilekmerawat bayi
WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/features/comfort-sick-baby#1
Diakses pada Oktober 2018

Kementerian Kesehatan RI.
http://www.depkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/infodatin/infodatin-anak-balita.pdf
Diakses pada 8 Maret 2019
Medline Plus. https://medlineplus.gov/ency/article/002045.htm Diakses pada 24 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait