Saat bayi mengalami flu, letakkan lipatan handuk di bawah kepala bayi
Ada beberapa langkah sederhana yang bisa menjadi cara menenangkan dan menidurkan bayi sakit.

Saat mengalami flu atau pilek, bayi mungkin akan menunjukkan beberapa ketidaknyamanan. Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengetahui langkah menenangkan serta cara menidurkan bayi sakit. Pada dasarnya, pemberian obat-obatan sederhana, serta kasih sayang penuh bagi anak, dapat membuatnya merasa lebih nyaman, saat sedang sakit.

3 Cara Menidurkan Bayi Sakit

Hidung yang mampet saat pilek serta batuk-batuk, dapat membuat Si Kecil tetap terjaga, susah tidur, dan gelisah. Untuk membantu bayi tertidur, cobalah tips-tips berikut ini:

1. Gunakan Humidifier atau Vaporizer 

Humidifier maupun vaporizer, bisa meningkatkan kelembapan ruangan, yang dibutuhkan anak. Ruangan yang lembap akan mengurangi batuk dan sesak di malam hari, serta memperlancar saluran pernapasan. Pastikan Anda selalu membersihkan peralatan tersebut secara teratur, sehingga jamur tidak tumbuh di dalamnya.

2. Angkat Kepala Bayi Anda 

Posisi tubuh berbaring bisa membuat batuk semakin buruk, dan tentunya membuat bayi sulit tidur. Oleh karena itu, tinggikan posisi kepala bayi beberapa sentimeter, ketika tidur. 

Anda juga dapat meletakkan lipatan handuk di bawah kepala bayi. Dengan demikian, lendir dapat mengalir ke arah yang benar, dan batuk bisa reda.

3. Berikan Asupan Cairan yang Banyak 

Sama seperti orang dewasa, bayi juga membutuhkan banyak minum ketika sedang sakit. Cairan yang masuk ke dalam tubuh, dapat membantu mengencerkan lendir, dan membuatnya menjadi lebih mudah dibersihkan. Untuk bayi berusia di bawah 6 bulan, ASI dan susu formula adalah pilihan terbaik.

ASI mengandung zat kekebalan, yang dapat melindungi tubuh bayi antara lain dari batuk, pilek, infeksi telinga, serta diare dan alergi.

Mengatasi Batuk

Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengencerkan lendirnya. Untuk melakukannya, berikan 1-3 sendok teh jus apel hangat atau air mineral, 4 kali sehari, saat anak sedang batuk. Jika anak sudah berusia lebih dari 1 bulan, Anda dapat memberikannya madu. Berikan madu sesuai kebutuhan anak.

Untuk batuk rejan, cobalah mandikan anak dengan air hangat. Uap-uap panas dari air dapat melegakan pernapasannya.

Kapan Demam Perlu Diobati?

Anda tidak perlu langsung khawatir ketika suhu badan anak menjadi tinggi. Jika dengan memberi minum yang banyak, sudah cukup membuatnya merasa lebih baik, maka Anda tidak perlu khawatir dan buru-buru menghubungi dokter anak.

Namun, jika kondisi anak belum membaik, Anda perlu melakukan beberapa hal untuk menurunkan demamnya. Tanyakan pada dokter mengenai kebutuhan bayi terhadap acetaminophen atau ibuprofen, untuk menurunkan demam.

Berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui jenis obat dan dosis yang tepat, terutama untuk anak di bawah 2 tahun. Pastikan Anda tidak memberikan pada bayi di bawah 6 bulan.

Berikan Kasih Sayang untuk Anak

Saat anak sedang sakit, tidak ada hal lain yang dapat menenangkannya selain kasih sayang dari Anda. Berikan pelukan pada anak agar ia merasa lebih nyaman, baik itu dalam gendongan maupun langsung di lengan Anda. Semoga langkah dapat membuat anak merasa lebih baik.

WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/features/comfort-sick-baby#1
Diakses pada Oktober 2018


Kementerian Kesehatan RI.
http://www.depkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/infodatin/infodatin-anak-balita.pdf
Diakses pada 8 Maret 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed