Cara Merawat Kulit Wajah untuk Remaja yang Tepat

09 Mei 2019 | Oleh
Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari
Untuk para remaja, lakukan cara merawat kulit yang tepat agar terhindari dari jerawat
Perubahan hormon yang terjadi di saat remaja memang menimbulkan berbagai permasalahan

Perubahan hormon yang terjadi di saat remaja memang menimbulkan berbagai permasalahan. Salah satunya yang paling sering dialami adalah munculnya jerawat di wajah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, simaklah cara merawat kulit wajah untuk remaja berikut ini!

1. Berhati-hati dalam Memilih Produk Kosmetik

Kosmetik yang sering dipakai seperti perona pipi, foundation, atau pelembap harus bebas dari kandungan minyak dan alkohol. Di samping itu, pilih produk kosmetik yang tidak menyumbat pori-pori atau membentuk noda hitam.

Untuk memastikannya, bertanyalah pada dokter maupun staf penjualan mengenai produk mana yang cocok untuk kulit remaja. Dengan demikian, Anda bisa menjaga kesehatan kulit dan terhindar dari berbagai permasalahan seperti jerawat maupun noda hitam.

2. Jangan Memencet Jerawat

Jangan sekalipun memencet jerawat yang tengah bersarang di wajah. Tak hanya mencegah timbulnya infeksi bakteri, hal tersebut juga akan menghindarkan dari bekas jerawat yang mengganggu.

Seperti yang kita tahu, tangan merupakan sarang kuman dan bakteri. Dengan memencet jerawat, apalagi menggunakan tangan yang kotor, membuat kondisi lukanya malah semakin meradang.

3. Cuci Muka dengan Cara yang Lembut

Mungkin banyak dari kita yang berpikir bahwa mencuci muka dengan menggosoknya terlalu keras akan semakin mengangkat kotoran. Padahal anggapan tersebut sebenarnya salah besar. Dengan menggosok terlalu keras, kondisi kulit malah bisa semakin memburuk.

Jika ingin memiliki kulit wajah yang sehat, cucilah muka dengan cara yang lembut dan perlahan. Selain itu, lakukan juga aktivitas ini secara rutin, baik pagi, menjelang tidur, maupun setelah olahraga berat.

4. Gunakan Pelembab Wajah

Untuk menghindari kulit kering, gunakan pelembap (mosturizer) yang sesuai. Sebelum memilih pelembap, perhatikan daftar bahan pada kemasan dan pilih yang tidak mengandung minyak serta bertuliskan noncomedogenic. Pelembab dengan jenis ini tidak membuat wajah berminyak dan mencegah pori-pori tersumbat.

5. Hindari Sabun Muka yang Memiliki Scrub

Bagi Anda yang memiliki kulit kering maupun sensitif, ada baiknya bila menghindari sabun muka yang memiliki scrub. Butiran scrub bisa membuat kulit wajah menjadi semakin kering bahkan terluka.

Sebagai alternatifnya, Anda bisa memilih sabun muka yang mempunyai tekstur lembut. Misalnya saja, sabun muka yang tidak memiliki kandungan benzoyl peroxide atau asam salisilat.

6. Pakai Tabir Surya dengan SPF 30

Sinar matahari dapat membuat kulit menjadi rusak dan meningkatkan penuaan dini. Itulah sebabnya, penggunaan harian tabir surya sangatlah dianjurkan.

Penting diingat bahwa mengonsumsi obat jerawat atau obat lainnya dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap sengatan sinar matahari. Oleh karena itu, agar kulit tetap terjaga kesehatannya, pakailah tabir surya yang mengandung SPF 30 secara rutin.

7. Jaga Tangan Tetap Bersih

Salah satu cara merawat kulit wajah yang paling penting adalah dengan menjaganya dari kotoran dan kuman. Cuci tanganlah sebelum menyentuh kulit wajah atau perlengkapan makeup Anda. Selain itu, bersihkan juga barang yang rutin menyentuh kulit wajah seperti layar telepon genggam.

Bagi para remaja, jerawat merupakan masalah yang umum dialami. Namun, dengan melakukan cara merawat kulit yang tepat, kulit Anda tetap dapat terjaga dan terhindar dari kondisi menyebalkan ini.

Apabila jerawat yang timbul tak kunjung hilang dan mengganggu, konsultasikanlah kondisi tersebut ke dokter spesialis kulit agar diberikan perawatan yang tepat dan efektif.

Referensi

WebMD. https://teens.webmd.com/skin-care-teens

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/skin-and-beauty/skin-care-for-teen-skin.aspx

Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/skin-care-for-teens-15938

Diakses pada Oktober 2018

Yang juga penting untuk Anda
Baca Juga
Diskusi Terkait:
Lihat pertanyaan lainnya
Back to Top