Panduan Perawatan Kulit Remaja agar Wajah Bersih Bebas Minyak dan Jerawat


Perawatan kulit remaja tidak dapat disamakan dengan orang dewasa. Pasalnya, perubahan hormon saat usia remaja bisa memicu masalah kulit, seperti kulit berminyak dan jerawat. Maka dari itu, penting mengetahui cara merawat kulit wajah remaja dengan tepat.

0,0
15 Jun 2021|Maria Yuniar
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Perawatan kulit remaja yang tepat bisa menghindari masalah kulitGunakan produk kosmetik khusus remaja yang bebas minyak dan tidak rentan menyumbat pori
Perawatan kulit remaja tidak dapat disamakan dengan orang dewasa. Pasalnya, perubahan hormon saat menginjak usia remaja membuat kelenjar minyak pada kulit lebih aktif sehingga berisiko menimbulkan berbagai masalah kulit, seperti kulit berminyak, pori-pori besar, sampai jerawat. 
Lantas, bagaimana cara merawat kulit remaja yang benar agar bebas dari masalah jerawat? 

Perawatan kulit remaja yang benar dan paling mendasar untuk dilakukan

Ada berbagai langkah perawatan kulit remaja yang bisa dilakukan, seperti:

1. Cuci muka secara rutin

Salah satu perawatan kulit remaja yang paling mendasar adalah cuci muka secara rutin. Mencuci muka bertujuan untuk membersihkan sisa make up, minyak, dan kotoran yang menempel di wajah. Jika sebelumnya Anda menggunakan make up, bersihkan wajah dengan cairan pembersih make up, seperti cleansing oil atau cleansing milk. Lalu, lanjutkan dengan tahapan mencuci muka dengan membilas wajah menggunakan air hangat (air suam-suam kuku). Tuang sabun pembersih wajah secukupnya ke telapak tangan.
Perawatan kulit remaja yang wajib adalah cuci muka
Cuci muka secara rutin 2 kali sehari 
Gunakan sabun pembersih wajah ke permukaan wajah seraya memijatnya dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah sehingga seluruh minyak dan kotoran dapat terangkat sempurna. Jangan menggosok wajah terlalu keras karena bisa memperparah kondisi kulit yang sedang dialami. Bilas wajah menggunakan air hangat dan keringkan wajah menggunakan handuk bersih berbahan lembut. Cara merawat kulit remaja ini perlu dilakukan 2 kali sehari, terutama jika kulit sangat berminyak atau kotor, yakni pada pagi dan malam hari, serta setelah berolahraga atau berkeringat.

2. Hindari sabun cuci muka mengandung scrub

Bagi Anda yang punya jenis kulit kering maupun sensitif, hindari menggunakan sabun cuci muka mengandung scrubPasalnya, butiran scrub bisa membuat kulit wajah menjadi semakin kering, bahkan terluka.Sebagai alternatifnya, cara merawat kulit wajah remaja bisa dengan memilih sabun muka yang mempunyai tekstur lembut. Misalnya, sabun muka yang tidak memiliki kandungan benzoil peroksida atau asam salisilat.

3. Oleskan pelembap wajah

Oleskan pelembap sebagai bagian dari perawatan kulit remaja
Gunakan pelembap sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki
Perawatan kulit untuk remaja putri dan putra juga perlu menyentuh sisi penggunaan pelembap wajah. Pilihlah pelembap sesuai jenis kulit wajah Anda.Jika memiliki kulit yang kering, gunakan pelembap berbahan dasar minyak dan hindari pelembap berbahan dasar alkohol. Gunakan moisturizer untuk kulit berminyak berbahan dasar air, tidak mengandung minyak, dan berlabel noncomedogenic atau tidak rentan menyumbat pori-pori. Dengan demikian, kulit Anda tidak semakin berminyak dan mencegah pori-pori tersumbat. Tak ada salahnya untuk menggunakan pelembap mengandung SPF dan berlabel broad spectrum sebagai cara merawat kulit wajah remaja agar tetap sehat dengan memberikan perlindungan maksimal dari risiko bahaya paparan sinar matahari.

4. Gunakan sunscreen atau tabir surya SPF 30

Cara merawat wajah remaja melalui penggunaan sunscreen atau tabir surya merupakan hal yang wajib untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV) yang berasal dari sinar matahari. Pasalnya, bahaya paparan sinar UV dapat memicu penuaan dini dan meningkatkan risiko kerusakan kulit. Itulah sebabnya, cara menggunakan sunscreen sangatlah dianjurkan sebagai perawatan wajah untuk anak usia 15 tahun dan usia sebayanya. Terlebih, jika Anda sedang menggunakan salep jerawat atau obat jerawat minum lainnya sehingga membuat kulit lebih rentan terhadap sengatan sinar matahari. Oleh karena itu, agar kulit tetap terjaga kesehatannya, pakailah tabir surya yang mengandung SPF 30 secara rutin.Bagi pemilik kulit berminyak, American Academy of Dermatology menyarankan agar penggunaan sunscreen untuk kulit berminyak mengandung titanium dioxide dan zinc oxide untuk mencegah timbulnya jerawat dan iritasi kulit.Oleskan tabir surya ke kulit 15-20 menit sebelum keluar rumah pada pagi dan siang hari, Lalu, ulangi setiap 2 jam atau lebih sering, terutama jika Anda berkeringat atau berenang. 

5. Lakukan eksfoliasi wajah

Selain rutin melakukan perawatan kulit remaja harian, Anda perlu menjaga kesehatan kulit dengan melakukan eksfoliasi wajah atau pengelupasan sel kulit matiCara agar wajah tidak kusam saat di sekolah ini dapat membantu menyingkirkan sel kulit mati sehingga kulit tampak lebih cerah dan berseri alami. Produk apapun boleh, asalkan bisa membantu mengangkat sumbatan pori-pori dan sel kulit mati. Namun, pastikan memilih produk yang sifatnya ringan atau tidak terlalu keras untuk kulit remaja.Lakukan eksfoliasi wajah ini tiap seminggu sekali secara rutin agar wajah tidak kusam.

6. Hati-hati dalam memilih produk kosmetik

Usia remaja merupakan masa Anda merasa penasaran ingin mencoba berbagai produk kecantikan, termasuk kosmetik. Sebenarnya, sah-sah saja bila Anda ingin menggunakan produk kosmetik untuk merias wajah. Namun, pastikan produk make up, seperti perona pipi, foundation, atau pelembap bebas dari kandungan minyak dan alkohol. Di samping itu, pilih produk kosmetik yang tidak menyumbat pori-pori atau menciptakan noda hitam di wajah.Untuk memastikannya, Anda bisa bertanya pada dokter atau staf penjual untuk mengetahui produk kosmetik apa yang cocok bagi kulit remaja. Dengan demikian, Anda bisa menjaga kesehatan kulit dan terhindar dari berbagai masalah, seperti jerawat maupun noda hitam.

7. Atasi wajah berminyak

Perawatan kulit remaja perlu diterapkan rutin
Pakai kertas minyak wajah untuk menyerap minyak di wajah
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kulit saat remaja sering kali berminyak lantaran hormon androgen yang memberi efek produksi minyak alami atau sebum berlebih. Untuk mengatasi wajah berminyak, gunakan sabun pencuci muka mengandung asam salisilat, pakai produk make up bebas minyak, serta pakai kertas minyak guna menyerap kelebihan minyak. 

8. Pakai obat jerawat

Meski jerawat dapat muncul pada usia berapa pun, usia pubertas biasanya lebih sering mengalami jerawat akibat ketidakseimbangan hormon yang terjadi.  Nah, pilihan obat jerawat yang bisa digunakan adalah yang mengandung asam salisilat dan benzoil peroksida. Selain itu, obat jerawat mengandung sulfur juga dapat membantu mengobati jerawat yang muncul saat remajaKandungan sulfur biasanya cenderung lebih lembut di kulit daripada asam salisilat dan benzoil peroksida. Jika Anda merasa sulit mengobati jerawat puber ini, tak ada salahnya untuk menemui dokter spesialis kulit guna mendapatkan rekomendasi pengobatan jerawat yang tepat. 

9. Perhatikan makanan yang dikonsumsi

Perawatan kulit untuk remaja putri dan putra juga perlu melakukan pola hidup sehat, termasuk melalui makanan yang dikonsumsi. Ya, remaja yang sudah mulai sibuk beraktivitas terkadang mungkin memilih makanan tidak sehat, seperti makanan cepat saji atau makanan olahan. Padahal, jenis makanan tersebut dapat memberi efek buruk pada kulit apabila dikonsumsi terlalu berlebihan. Maka dari itu, perhatikan makanan yang dikonsumsi agar kulit tetap terjaga kesehatannya. 

10. Cukupi asupan cairan tubuh

Minum air putih sebagai perawatan kulit remaja yang tepat
Minum air putih sebanyak 8 gelas per hari
Minum air putih yang cukup bisa menjadi cara merawat wajah anak umur 11 tahun dan sebayanya agar kulit tetap terhidrasi dengan baik. Dalam studi yang dimuat dalam Clinical, Cosmetic, and Investigational Dermatology, diketahui bahwa minum air sesuai kebutuhan tubuh berpengaruh terhadap hidrasi dan mekanisme biologis kulit.Umumnya, para ahli kesehatan menyarankan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter per hari agar Anda dapat terhindar dari dehidrasi.

Cara merawat wajah remaja agar terhindar dari masalah kulit

Selama menerapkan berbagai perawatan kulit untuk remaja putri dan putra di atas, Anda tidak disarankan melakukan berbagai kebiasaan berikut ini untuk mencegah timbulnya masalah kulit. Misalnya: 

1. Menyentuh area wajah

Perawatan kulit remaja bisa cegah masalah kulit
Jangan sentuh area wajah tanpa mencuci tangan terlebih dulu
Salah satu tips merawat wajah yang perlu dihindari adalah kebiasaan menyentuh wajah. Sebab, kebiasaan ini dapat menyebarkan kotoran, minyak, dan bakteri yang berpindah dari tangan Anda ke wajah. Anda hanya boleh menyentuh wajah saat membersihkan wajah dan menggunakan produk perawatan kulit dan kecantikan wajah. Namun, pastikan kedua tangan Anda sudah bersih sebelum menyentuh wajah, ya. Selalu cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun sebelum menyentuh kulit wajah atau peralatan make up Anda. Selain itu, bersihkan juga barang yang rutin menyentuh kulit wajah, seperti layar telepon genggam.

2. Jangan memecahkan jerawat

Jangan sekalipun memecahkan atau memencet jerawat yang tengah hinggap di wajah Anda. Memecahkan jerawat, apalagi dengan tangan kotor, dapat menyebabkan peradangan lebih lanjut sekaligus meningkatkan risiko bakteri menyebar ke area kulit lainnya. Alhasil, peradangan dan infeksi bisa semakin parah terjadi.Di samping itu, memecahkan jerawat juga dapat menyebabkan timbulnya jaringan parut di kemudian hari.

3. Tidur menggunakan make up

Perawatan kulit remaja perlu diperhatikan
Tidur menggunakan make up bisa memicu masalah kulit
Tidur di malam hari tanpa menggunakan make up merupakan kebiasaan yang perlu dihindari. Jika Anda tidak sengaja melakukannya terus-menerus, kebiasaan ini bisa membuat pori-pori rentan tersumbat oleh tumpukan kotoran dan produk make upAkibatnya, masalah kulit, seperti jerawat dan penuaan dini bisa muncul. 

4. Berbagi penggunaan produk make up dengan orang lain

Penting untuk diingat bahwa Anda tidak disarankan untuk menggunakan produk make up, seperti make up mata dan bibir, dengan orang lain. Pasalnya, langkah ini dapat memindahkan bakteri antara area kulit tertentu ke area kulit lainnya sehingga memperparah kondisi jerawat atau masalah kulit yang sedang dialami. Cara merawat wajah remaja dengan benar perlu diterapkan secara rutin agar kulit terbebas dari masalah.Jika Anda sulit menerapkan berbagai perawatan kulit remaja di atas, membutuhkan rekomendasi skincare yang tepat untuk remaja, atau mengalami masalah kulit tertentu, coba tanyakan dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Caranya, unduh sekarang melalui App Store dan Google Play.
kulit sehatperawatan kulitkesehatan kulitkulit dan kecantikanperawatan wajah
WebMD. https://teens.webmd.com/skin-care-teens
Diakses pada 9 Mei 2019
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/skin-and-beauty/skin-care-for-teen-skin.aspx
Diakses pada 9 Mei 2019
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/skin-care-for-teens-15938
Diakses pada 9 Mei 2019
Clinical, Cosmetic, and Investigational Dermatology. https://www.dovepress.com/dietary-water-affects-human-skin-hydration-and-biomechanics-peer-reviewed-fulltext-article-CCID
Diakses pada 17 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/skin-disorders/acne-treatment-for-teens#_noHeaderPrefixedContent
Diakses pada 17 Januari 2021
Kids Health. https://kidshealth.org/en/teens/acne.html
Diakses pada 17 Januari 2021
WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/teenage-acne#1
Diakses pada 17 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait