Penting bagi Penderita Diabetes, Ini Cara Menyuntikkan Insulin yang Baik dan Benar


Cara menyuntikkan insulin yang baik dan benar perlu dipahami agar obat bekerja secara maksimal. Beberapa bagian tubuh yang dapat dipilih untuk menginjeksikan insulin adalah perut, lengan dan paha.

(0)
Cara menyuntikkan insulin yang baik dan benar perlu dipahami agar obat bekerja secara maksimalBagian tubuh yang cocok dipilih sebagai tempat penyuntikan insulin, antara lain perut, paha, dan lengan
Suntik insulin merupakan salah satu pengobatan penting yang dibutuhkan oleh penderita diabetes. Apabila tak menggunakan suntikan insulin, kadar gula darah penderita diabetes menjadi tidak terkontrol dan berpotensi memicu komplikasi penyakit.Dalam penggunaannya, penderita diabetes wajib mengetahui cara menyuntikkan insulin yang baik dan benar. Hal tersebut bertujuan agar suntikan insulin yang diberikan dapat bekerja dan mengontrol kadar gula darah secara optimal.

Fungsi insulin untuk penderita diabetes

Sebelum membahas cara menyuntikkan insulin yang baik dan benar, penting bagi Anda untuk mengetahui alasan penderita diabetes membutuhkan suntikan hormon ini. Penderita diabetes umumnya kesulitan untuk memproduksi hormon insulin.Suntikan diberikan sebagai pengganti insulin yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Insulin berguna untuk mengontrol kadar gula darah penderita diabetes yang berlebihan akibat pola makan tidak sehat.Ketika penderita diabetes tak mempunyai kadar hormon insulin yang cukup dalam tubuhnya, hal tersebut sangat berbahaya. Kadar gula darah yang terlalu tinggi dan cenderung fluktuatif dapat memicu kerusakan pembuluh darah dan meningkatkan risiko Anda terkena stroke, penyakit jantung, sakit ginjal, serta gangguan penglihatan.

Bagaimana cara menyuntikkan insulin yang baik dan benar?

Cara menyuntikkan insulin yang baik dan benar harus dilakukan pada bagian tubuh yang tepat
Cubit kulit serta lemak dengan lembut menggunakan ibu jari dan telunjuk
Cara menyuntikkan insulin yang baik dan benar dimulai dengan mencari tahu titik-titik di bagian tubuh mana insulin sebaiknya diberikan supaya obat bekerja secara optimal. Suntikan insulin umumnya diinjeksikan ke jaringan lemak yang berada di bawah kulit Anda.Apabila disuntikkan ke otot, tubuh akan menyerap insulin terlalu cepat dan memicu penurunan kadar gula darah secara drastis dalam waktu singkat. Selain itu, suntikan insulin yang diberikan langsung ke otot akan terasa lebih sakit.Supaya terhindar dari lipodistrofi (penumpukan atau rusaknya lemak di bawah kulit), penderita diabetes harus merotasi bagian tubuh yang mendapat suntikan insulin. Lipodistrofi berpotensi mengganggu penyerapan insulin. Bagian tubuh yang cocok dipilih sebagai tempat penyuntikan insulin, antara lain perut, paha, dan lengan.Berikut ini cara menyuntikkan insulin yang baik dan benar:
  • Bersihkan kulit bagian tubuh yang hendak disuntikkan insulin. Untuk membersihkannya, Anda dapat mengusapnya memakai kapas bersih yang sebelumnya telah dicelupkan ke dalam alkohol.
  • Cubit kulit serta lemak bagian tubuh yang hendak menerima suntikkan insulin dengan lembut menggunakan ibu jari dan telunjuk.
  • Suntikkan jarum langsung ke kulit dan pastikan menembus ke bagian lemak. Jangan menyuntikkan jarum suntik dengan posisi miring.
  • Setelah insulin selesai diinjeksikan ke dalam tubuh, tahan agar jarum tetap menancap pada tubuh selama 5 detik.
  • Tekan tempat di mana insulin disuntikkan untuk mencegah kebocoran.
  • Buang jarum suntik yang telah digunakan sesuai dengan petunjuk dan pada tempat sampah khusus.
Apabila Anda mengalami kesulitan dalam menyuntikkan insulin, jangan sungkan untuk meminta bantuan tenaga ahli. Cara menyuntikkan insulin yang baik dan benar perlu dilakukan agar obat bisa bekerja secara optimal.

Tips mengurangi rasa sakit ketika menerima suntikan insulin

Bagi beberapa orang, suntikkan insulin mungkin akan menyebabkan rasa nyeri di area sekitar tubuh yang menerima suntikan. Untuk mengurangi potensi nyeri yang muncul saat menerima suntikan insulin, beberapa tindakan bisa Anda lakukan.Berikut ini sejumlah tips yang bisa Anda terapkan untuk mengurangi rasa sakit ketika menerima suntikan insulin:
  • Suntikkan insulin pada suhu ruangan. Jika insulin disimpan dalam lemari es, keluarkan terlebih dahulu dari lemari es 30 menit sebelum Anda menggunakannya.
  • Apabila Anda membersihkan kulit dengan cairan alkohol, tunggu hingga kering sebelum Anda menyuntikkan insulin.
  • Pastikan otot sekitar tempat penyuntikkan insulin dalam keadaan relaks.
  • Jangan mengubah arah jarum saat memasukkan atau melepas suntikan.
  • Hindari menyuntikkan insulin pada lubang tempat tumbuhnya bulu.

Catatan dari SehatQ

Suntikan insulin merupakan salah satu hal penting yang diperlukan penderita diabetes. Tanpa suntikan ini, kadar gula darah penderita diabetes akan mengalami peningkatan secara drastis sebelum kemudian memicu komplikasi penyakit.Cara menyuntikkan insulin yang baik dan benar perlu dipahami agar obat dapat bekerja secara maksimal. Beberapa bagian tubuh yang dapat Anda pilih menjadi tempat untuk menginjeksikan insulin perut, lengan dan paha.Untuk berdiskusi lebih lanjut soal cara menyuntikkan insulin yang baik dan benar, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
diabetesgula darahinsulinobat antidiabetes
Healthline. https://www.healthline.com/health/diabetes/insulin-injection
Diakses pada 7 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/type-2-diabetes/insulin
Diakses pada 7 Januari 2021
Drugs. https://www.drugs.com/cg/how-to-give-an-insulin-injection.html
Diakses pada 7 Januari 2021
Kids Health. https://kidshealth.org/en/teens/high-blood-sugar.html
Diakses pada 7 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait