Penting Bagi Ibu Menyusui! Inilah 15 Cara Memperbanyak ASI yang Efektif


Agar ASI lancar dan tidak seret, ibu menyusui harus tahu bagaimana cara memperbanyak ASI yang efektif. Salah satunya adalah dengan tidak stres dan sering menyusui si Kecil.

(0)
09 May 2019|Aby Rachman
Cara memperbanyak ASI bisa dilakukan dengan ibu yang sering menyusui si KecilCara memperbanyak ASI salah satunya adalah tidak cemas
Cara memperbanyak ASI penting untuk dilakukan ibu menyusui guna mendapatkan ASI yang lancar dan sehat. ASI yang melimpah dapat memastikan bayi yang baru lahir mendapatkan cukup makanan dan nutrisi yang penting untuk tumbuh kembangnya, terutama di satu tahun pertama hidupnya. ASI adalah makanan pertama yang terbaik bagi bayi dengan kandungan antibodi yang bisa menghalau virus dan bakteri lebih baik dari susu formula, serta melindungi mereka dari potensi asma dan alergi. Memberikan ASI eksklusif juga memberikan banyak manfaat bukan hanya untuk bayi namun juga untuk ibu menyusui. Jika produksi ASI Anda seret dan tidak lancar, cobalah untuk melakukan cara memperlancar ASI berikut agar ASI berlimpah.

Cara memperbanyak ASI yang efektif

Cara memperbanyak ASI setelah melahirkan bisa dilakukan dengan menjaga asupan makanan dan pola hidup sehat. Cara memperbanyak ASI yang efektif dan ampuh merangsang produksi ASI terangkum dalam 15 langkah berikut.

1. Perbanyak frekuensi menyusui

Semakin sering ibu menyusui bayi, semakin besar tubuh bekerja memperbanyak ASI. Agar cara memperlancar ASI berjalan efektif, jangan terpaku pada jadwal rutin. Perhatikan tanda-tanda bayi lapar dan berikan ASI selama mungkin, terutama pada minggu-minggu pertama kelahiran.Semakin sering menyusui juga dapat membuat ASI menjadi lebih kental, karena ASI hindmilk akan dapat mengalir pada awal sesi menyusui. Ini karena ASI hindmilk berada di depan saluran ASI setelah seringnya sesi menyusui.

2. Jangan cemas

Sering cemas memikirkan apakah bayi sudah cukup menyusui? Jika bayi aktif, sehat dan menghasilkan feses dan urine di popok, suplai ASI Anda berarti aman. Produksi ASI membutuhkan beberapa hari untuk bekerja, jadi tetap berpikir positif dan hindari stres bisa jadi cara memperbanyak ASI yang efektif. 

3. Istirahat cukup

Kurang tidur atau kelelahan bisa jadi penyebab ASI rendah. Jadi untuk memperbanyak ASI, pastikan Anda sudah cukup beristirahat. Untuk tidur lebih nyenyak dan berkualitas, hindari minuman berkafein dan aktivitas berat di malam hari. Perhatikan juga posisi menyusui ketika Anda memberikan ASI agar terhindar dari pegal-pegal dan rasa tidak nyaman yang membuat kondisi kesehatan Anda menurun.

4. Stop stres

Cara memperbanyak ASI yang efektif adalah dengan menghindari stres. Stres mungkin tidak punya efek langsung terhadap suplai ASI, tetapi berakibat negatif terhadap Let Down Reflex (LDR) atau proses ASI mengalir keluar. Bayi akan kesulitan menghisap ASI jika Anda stres. Maka dari itu, hindari stres sejak dini untuk para ibu menyusui.

5. Cari bantuan

Kurang mahir dalam menyusui bayi? Punya banyak pertanyaan seputar ASI? Cari dukungan dan bantuan dari sahabat, orangtua, atau komunitas ASI yang bisa memotivasi dan memberikan jawaban untuk Anda.Hal ini bisa turut membantu mengurangi stres dan rasa khawatir sehingga bisa mempengaruhi kondisi emosial ibu. Kondisi emosional yang baik bisa bantu jaga produksi air susu ibu agar tetap lancar.

6. Hindari alkohol

Cara memperbanyak ASI yang harus diperhatikan adalah tidak mengonsumsi Alkohol. Alkohol bisa menurunkan produksi ASI menurut hasil sebuah studi yang menunjukkan bahwa wanita yang baru menghabiskan 1-2 gelas anggur akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memproduksi tetesan ASI pertama. Produksi ASI juga akan berkurang secara keseluruhan.

7. Perbanyak cairan

Agar ASI banyak dan kental, minumlah setidaknya 8 gelas air putih setiap hari. Jangan biarkan Anda kekurangan cairan tubuh karena dapat menyebabkan produksi ASI menurun. Selain minum air putih, konsumsi juga buah-buahan dan sayuran yang mengandung kadar air tinggi. Buah yang baik untuk ASI dan tinggi air salah satunya seperti semangka hingga melon yang bisa menjaga ibu menyusui tetap terhidrasi. 

8. Susun menu bernutrisi

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), nutrisi yang dibutuhkan ibu menyusui adalah sekitar 2500 kalori yang tersusun dari menu yang seimbang. Untuk memperbanyak ASI sekaligus menjaga kesehatan ibu, pastikan untuk mengonsumsi tambahan 300-500 kalori setiap harinya. Sediakan menu makanan 4 sehat 5 sempurna yang tersusun atas karbohidrat, protein dan lemak harus ada dalam menu makanan Anda. Mengonsumsi makanan tinggi protein juga direkomendasikan karena dapat menambah komposisi lemak yang bisa membuat ASI lebih kental. Dapatkan sumber protein terbaik dari telur, susu, keju, ayam dan ikan.Selain itu, asupan vitamin dan mineral juga sangat diperlukan dalam masa menyusui. Asosiasi Kedokteran Anak Amerika Serikat (AAP) merekomendasikan ibu menyusui untuk mengonsumsi kalsium, asam folat, zat besi, dan vitamin D yang sangat bermanfaat bagi ibu dan bayi.

9. Tunda penggunaan botol

Pada minggu-minggu pertama kelahiran bayi, ibu lebih dianjurkan untuk kontak langsung saat menyusui demi memperbanyak ASI. Tunda dulu penggunaan botol atau alat pompa ASI dan biarkan bayi menyusui secara langsung melalui payudara untuk merangsang produksi ASI. Hindari penggunaan botol susu setidaknya hingga bayi berusia 4 minggu. Hal ini dilakukan guna mencegah bayi bingung puting

10. Minum ramuan tradisional

Cara memperbanyak ASI lainnya yang dikenal turun temurun adalah mengonsumsi jamur pelancar ASI. Anda bisa mengonsumsi jamu uyup-uyup, jamu kunyit asam hingga ramuan herbal lainnya. Meski banyak ramuan herbal tradisional dipercayai bisa memperbanyak ASI, namun pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan dokter sebelum mencobanya.

11. Jeli memilih makanan

Riset menunjukkan kalau bawang putih, bawang, dan mint bisa memproduksi rasa ASI yang berbeda. Ini akan memancing bayi untuk menghisap lebih kencang dan memperbanyak ASI. Sedangkan brokoli, kol, atau kacang-kacangan bisa membuat bayi kembung, sehingga sebaiknya dihindari.Beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk memperlancar ASI di antaranya biji dan daun fenugreek, daun tulsi atau kemangi suci, oatmeal, daun katuk, pepaya setengah matang, beras merah hingga pare. Pilih makanan dengan kandungan serat, omega 3, dan air yang tingi serta kaya akan zat besi dan kalsium. 

12. Memompa ASI

Cara memperbanyak ASI lainnya adalah dengan mengosongkan kedua payudara. Biyarkan bayi menyusu di satu payudara terlebih dahulu hingga habis untuk kemudian memberikan ASI dari payudara yang lainnya. Anda juga bisa memompa ASI untuk mengosongkan payudara selama bayi tidak menyusu. Saat ASI pada payudara telah habis, tubuh akan mengirim sinyal untuk memproduksi ASI kembali. Selain itu, cara ini juga akan lebih menguntungkan karena bayi akan mendapat komposisi lengkap foremilk dan hindmilk pada saat menyusu.Bagi ibu yang bergantung pada pompa ASI, coba pompa sambil memandang foto bayi, melihat video tingkahnya yang lucu atau membawa selimut/pakaian bayi sebagai motivasi. Sering mengaitkan perasaan emosional ini bisa membuat ASI melimpah.

13. Pijat payudara

Pijat payudara bisa membantu meningkatkan volume dan kadar lemak pada produksi ASI. Saat menyusui, pijat payudara secara perlahan secara bergantian untuk merangsang suplai ASI terbaik.

14. Cek obat-obatan

Jika ibu sedang mengonsumsi obat rutin seperti obat diabetes, hormon, atau obat pilek, konsultasikan terlebih dahulu sebelum proses memberikan ASI untuk memastikan keamanan terhadap kesehatan bayi.

15. Minta bantuan profesional

Masih belum berhasil memperbanyak ASI? Jangan khawatir, minta bantuan profesional di rumah sakit atau klinik ibu dan bayi untuk meminta saran dan petunjuk langsung yang bisa membantu Anda memproduksi ASI lebih banyak.Lakukan cara memperbanyak ASI yang telah disebutkan di atas secara rutin. Cara meningkatkan produksi ASI yang alami memang tidak memberikan hasil instan seperti konsumsi suplemen penambah ASI, namun kualitas ASI akan lebih terjaga. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli laktasi jika Anda mengalami kesulitan dalam memproduksi ASI.
produksi asi
WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/ss/slideshow-increase-milk-supply
Diakses pada September 2018
Romper. https://www.romper.com/p/what-do-the-different-thicknesses-of-your-breast-milk-mean-science-explains-77644 Diakses 12 November 2020Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/how-to-increase-fat-in-breast-milk-8-effective-tips/ Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/30-best-foods-to-increase-breast-milk/ Diakses 12 November 2020Mother Ly. https://www.mother.ly/life/natural-ways-to-boost-milk-supply/3-dont-forget-your-vitamins\ Diakses 12 November 2020IDAI. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/cairan-hidup-asi-bagaimana-mengoptimalkan-produksinya Diakses 12 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait