Penting Bagi Ibu Menyusui! Inilah 15 Cara Efektif Memperbanyak ASI

Semakin sering bayi menyusui, semakin besar tubuh bekerja memperbanyak ASI
ASI adalah makanan pertama yang terbaik bagi bayi dengan kandungan antibodi

ASI adalah makanan pertama yang terbaik bagi bayi dengan kandungan antibodi yang bisa menghalau virus dan bakteri, serta melindungi mereka dari potensi asma dan alergi. Namun, kendala suplai sering membuat ibu memeras otak untuk memperbanyak ASI. Oleh karena itu, ikuti 15 cara efektif memperbanyak ASI berikut ini:

1. Perbanyak Frekuensi Menyusui

Semakin sering bayi menyusui, semakin besar tubuh bekerja memperbanyak ASI. Jangan terpaku pada jadwal rutin, tetapi perhatikan tanda-tanda bayi lapar dan berikan ASI selama mungkin - terutama pada minggu-minggu pertama kelahiran.

2. Jangan Cemas

Sering cemas memikirkan apakah bayi sudah cukup menyusui? Jika bayi aktif, sehat dan menghasilkan feses dan urine di popok, suplai ASI Anda berarti aman. Produksi ASI membutuhkan beberapa hari untuk bekerja, jadi tetap berpikir positif dan hindari stres.

3. Istirahat Cukup

Kurang tidur atau kelelahan bisa jadi penyebab ASI rendah. Jadi untuk memperbanyak ASI, pastikan Anda sudah cukup beristirahat.

4. Stop Stres

Stres mungkin tidak punya efek langsung terhadap suplai ASI, tetapi berakibat negatif terhadap Let Down Reflex (LDR) atau proses ASI mengalir keluar. Bayi akan kesulitan menghisap ASI jika Anda stres. Maka dari itu, hindari stres sejak dini untuk para ibu menyusui.

5. Cari Bantuan

Kurang mahir dalam menyusui bayi? Punya banyak pertanyaan seputar ASI? Cari dukungan dan bantuan dari sahabat, orangtua, atau komunitas ASI yang bisa memotivasi dan memberikan jawaban untuk Anda.

6. Hindari Alkohol

Alkohol bisa menurunkan produksi ASI menurut hasil sebuah studi yang menunjukkan bahwa wanita yang baru menghabiskan 1-2 gelas anggur akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memproduksi tetesan ASI pertama. Produksi ASI juga akan berkurang secara keseluruhan.

7. Perbanyak Cairan

Dengan menghindari dehidrasi, Anda bisa memperbanyak ASI. Jangan biarkan kesibukan menjaga bayi membuat Anda lupa akan konsumsi air atau buah-buahan dan sayuran yang mengandung kadar air tinggi.

8. Menu Bernutrisi

Untuk memperbanyak ASI sekaligus menjaga kesehatan ibu, pastikan untuk mengonsumsi tambahan 300-500 kalori setiap harinya. Sediakan menu makanan 4 sehat 5 sempurna dalam setiap kali makan.

9. Tunggu Penggunaan Botol

Pada minggu-minggu pertama kelahiran bayi, ibu lebih dianjurkan untuk kontak langsung saat menyusui demi memperbanyak ASI. Tunda dulu penggunaan botol atau alat pompa ASI dan biarkan bayi menyusui secara langsung.

10. Ramuan Tradisional

Banyak ramuan herbal tradisional dipercayai bisa memperbanyak ASI, namun pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan dokter sebelum mencobanya.

11. Jeli Memilih Makanan

Riset menunjukkan kalau bawang putih, bawang, dan mint bisa memproduksi rasa ASI yang berbeda. Ini akan memancing bayi untuk menghisap lebih kencang dan memperbanyak ASI. Sedangkan brokoli, kol, atau kacang-kacangan bisa membuat bayi kembung, sehingga sebaiknya dihindari.

12. Pompa ASI

Bagi ibu yang bergantung pada pompa ASI, coba pompa sambil memandang foto bayi, melihat video tingkahnya yang lucu atau membawa selimut/pakaian bayi sebagai motivasi. Sering mengaitkan perasaan emosional ini bisa memperbanyak ASI saat memompa.

13. Pijat Payudara

Pijat payudara bisa membantu meningkatkan volume dan kadar lemak pada produksi ASI. Saat menyusui, pijat payudara secara perlahan secara bergantian untuk merangsang suplai ASI terbaik.

14. Cek Obat-Obatan

Jika ibu sedang mengonsumsi obat rutin seperti obat diabetes, hormon, atau obat pilek, konsultasikan terlebih dahulu sebelum proses memberikan ASI untuk memastikan keamanan terhadap kesehatan bayi.

15. Minta Bantuan Profesional

Masih belum berhasil memperbanyak ASI? Jangan khawatir, minta bantuan profesional di rumah sakit atau klinik ibu dan bayi untuk meminta saran dan petunjuk langsung yang bisa membantu Anda memproduksi ASI lebih banyak.

WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/ss/slideshow-increase-milk-supply
Diakses pada September 2018

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed