Berbagai Cara Memperbesar Penis secara Alami, Ampuhkah?


Ada berbagai macam cara memperbesar penis secara alami, namun semuanya itu masih belum didukung oleh bukti ilmiah yang cukup sehingga efektivitasnya masih diragukan.

(0)
17 Mar 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara memperbesar penis secara alami umumnya tidak efektif dan signifikanCara memperbesar penis bisa dilakukan secara alami maupun operasi
Memperbesar penis dapat dilakukan lewat operasi oleh dokter ahli. Namun, banyak pria lebih memilih cara memperbesar penis secara alami karena dirasa lebih minim risiko.Apa saja cara membesarkan ukuran penis secara alami? Benarkah lebih minim risiko?

Cara memperbesar penis secara alami

Alih-alih operasi, beberapa pria lebih mengandalkan sejumlah cara membesarkan dan memperpanjang penis, berikut ini:

1. Jelqing

Cara memperbesar penis secara alami yang pertama yakni jelqing. Jelqing adalah teknik membesarkan penis yang dilakukan dengan cara ‘memerah’ penis menggunakan ibu jari dan telunjuk.Cara melakukannya sangat mudah, yakni:
  • Genggam penis dengan ibu jari dan telunjuk
  • Dorong ibu jari dan telunjuk dari pangkal penis hingga ke ujung kepala penis
  • Ulangi gerakan selama beberapa kali
Akan tetapi, cara memperbesar penis tanpa obat ini berisiko menyebabkan penis sakit, iritasi, atau bahkan cedera. Selain itu, belum ada bukti ilmiah yang dapat membuktikan efektivitas jelqing dalam membesarkan penis Anda.

2. Penile extender

Cara cepat memperbesar penis selanjutnya adalah menggunakan alat yang disebut penile extenders. Alat ini diklaim dapat memperpanjang alat vital Anda dengan cara menarik jaringan penis sedikit demi sedikit hingga mencapai ukuran yang diinginkan.Meski banyak orang mengklaim cara ini berhasil, penelitian pada tahun 2010 berkesimpulan bahwa cara tersebut tidak mampu memperpanjang penis secara signifikan.Efek samping penggunaan alat ini pun belum diketahui sehingga para peneliti tidak merekomendasikan para pria membesarkan penis dengan cara tersebut. 

3. Vakum pembesar penis

Berbeda dengan penile extender, vakum pembesar penis ini digunakan untuk meningkatkan aliran darah ke penis sehingga membuat penis membesar untuk sementara. Vakum lebih umum digunakan untuk mengatasi impotensi (disfungsi ereksi). Sementara itu, belum ada bukti ilmiah yang menyatakan vakum penis efektif untuk membesarkan penis secara permanen.

4. Krim dan suplemen

Para pria juga kerap menggunakan krim ataupun suplemen oral sebagai cara memperbesar penis mereka agar terlihat ‘perkasa’. Krim dan suplemen tersebut bahkan ada yang terbuat dari bahan-bahan alami.Krim dan suplemen pembesar penis dipercaya mengandung vitamin, mineral, ataupun hormon yang dapat menambah ukuran penis. Akan tetapi, belum ada bukti ilmiah yang mencukupi sehingga efektivitasnya masih diragukan.Alih-alih bisa membuat penis Anda jadi makin besar, obat pembesar penis tersebut justru berisiko menimbulkan efek samping, seperti sildenafil yang berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung.Sementara krim maupun minyak pembesar ‘Mr. P’ berpotensi menimbulkan reaksi alergi atau iritasi pada kulit penis.

5. Mencukur bulu kemaluan

Mencukur bulu kemaluan memang tidak benar-benar membuat ukuran penis Anda bertambah. Namun, tidak adanya rambut di sekitar kemaluan sedikit banyak mampu menciptakan kesan bahwa ‘Mr. P’ berukuran lebih besar ketimbang biasanya.

6. Daun tiga jari

Di Indonesia, salah satu cara memperbesar penis secara alami yang terkenal adalah menggunakan daun tiga jari alias bungkus Papua.Dalam kajian kesehatan yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan, daun dari tanah Papua ini memang secara fisik dapat membuat batang penis terlihat lebih besar setelah beberapa kali pemakaian.Meski demikian, dokter setempat menyatakan pertambahan ukuran penis itu adalah bentuk edema, yakni pembengkakan karena adanya cairan yang tersumbat di bagian tubuh tertentu. Artinya, ukuran penis Anda akan membesar, tapi fungsi ototnya akan sama atau bahkan berkurang karena pembengkakan yang terjadi.

7. Ginkgo biloba

Bahan alami lainnya yang diklaim dapat membantu memperbesar ukuran penis adalah daun ginkgo biloba. Mengonsumsi ekstrak atau air rebusan daun ginkgo biloba disebut-sebut dapat memperlancar aliran darah menuju penis sehingga alat vital tersebut bisa ereksi maksimal.Pasalnya, acap kali penis yang terlihat kecil disebabkan oleh ereksi yang kurang maksimal. Akan tetapi, hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

8. Minyak lintah

Beberapa pria juga percaya bahwa minyak lintah Papua dapat membesarkan ukuran penis mereka. Hal ini makin diperkuat oleh sejumlah bukti anekdotal yang kerap dilontarkan oleh produsen minyak lintah Papua tersebut.Faktanya, efektivitas minyak lintah Papua sebagai pembesar penis masih diragukan oleh karena bukti ilmiah yang mendukungnya masih sedikit. Bukti yang saat ini ada hanya bersifat anekdotal, alias opini dari beberapa orang, sehingga belum bisa dinyatakan aman secara ilmiah.

9. Menurunkan berat badan

Penis yang kecil ada kalanya disebabkan oleh timbunan lemak di area sekitarnya, termasuk perut bagian bawah dan selangkangan.Oleh sebab itu, menurunkan berat badan sebenarnya juga mampu membuat penis Anda terlihat lebih besar.

10. Olahraga

Aktivitas fisik seperti olahraga dianggap mampu membuat ukuran penis bertambah. Olahraga membuat aliran darah di dalam tubuh menjadi lancar, tak terkecuali aliran darah dari dan menuju penis.Lancarnya peredaran darah pada penis inilah yang kemudian menjadikan penis bisa tampak lebih besar ketimbang sebelumnya. Namun, hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

11. Makanan pembesar penis

Ada sejumlah kalangan yang menganggap sejumlah jenis makanan dapat membantu membesarkan penis. Faktanya, tidak ada yang namanya makanan pembesar penis.Namun, makanan seperti daun bayam, alpukat, dan ikan salmon mengandung zat yang dapat meningkatkan aliran darah menuju penis sehingga penis bisas ereksi maksimal.

Cara memperbesar penis dengan tindakan medis

Hingga saat ini, tidak ada cara lain yang lebih efektif selain tindakan operasi untuk memperbesar ukuran penis. Ada 3 jenis operasi sebagai cara memperbesar penis, yaitu:
  • Penuma, yakni menyuntikkan silikon ke dalam batang penis agar terlihat besar.
  • Transfer lemak, yakni mengambil lemak dari bagian tubuh lain untuk diimplantasikan ke batang penis sehingga penis bertambah besar.
  • Ligamentolisis, yakni tindakan medis untuk memotong ligamen suspensori pada penis. Setelah itu, kulit di perut bagian bawah akan dipindahkan ke penis, membuat jadi tampak lebih besar saat sedang ‘layu’

Catatan dari SehatQ

Ukuran penis memang merupakan hal sensitif bagi pria. Tidak sedikit pria yang kurang percaya diri karena merasa memiliki ukuran penis kecil sehingga menempuh berbagai cara untuk memperbesar alat vitalnya. Padahal, selain belum didukung oleh bukti ilmiah yang cukup, cara memperbesar penis secara alami juga berisiko menimbulkan masalah seperti alergi, iritasi, hingga cedera yang mana kesemuanya itu dapat mengganggu fungsi penis sebagai organ reproduksi pria.Sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter apabila Anda terpikir untuk membesarkan ukuran penis. Gunakan fitur chat dokter di aplikasi SehatQ agar lebih mudah dan cepat, cukup menggunakan smartphone kesayangan.Download aplikasi SehatQ sekarang juga di App Store dan Google Play. Gratis!
membesarkan peniskulup penisreproduksi priakelamin laki-lakikesehatan pria
NHS. https://www.nhs.uk/live-well/sexual-health/penis-enlargement/
Diakses pada 17 Maret 2020
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/penile-enlargement-3300133
Diakses pada 17 Maret 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323688
Diakses pada 17 Maret 2020
Pranata, Setia, dkk. 2014. Di Balik Rahasia “Bungkus” Daun Tiga Jari. Jakarta: Balitbangkes.
Diakses pada 17 Maret 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/edema/symptoms-causes/syc-20366493
Diakses pada 17 Maret 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/mens-health/penis-enlargement-surgery-cost
Diakses pada 17 Maret 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/erectile-dysfunction/herbs#ginkgo Diakses pada 17 Maret 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait