Penis Sakit Saat Ejakulasi? Pahami Penyebab dan Cara Mengatasinya


Penyebab penis sakit saat ejakulasi mulai dari gejala penyakit, efek pengobatan, hingga adanya masalah psikologis dalam diri seseorang. Cara mengatasi kondisi ini harus disesuaikan dengan penyebabnya.

0,0
Sakit saat ejakulasi tidak boleh disepelekan dan harus dicari tahu penyebabnyaKonsultasikan ke dokter jika penis terasa sakit saat ejakulasi
Ejakulasi merupakan salah satu tanda seseorang berhasil mencapai kepuasan dan kenikmatan dalam bercinta. Namun, apa jadinya jika orgasme yang terjadi malah memicu kemunculan rasa sakit saat ejakulasi?
Apabila Anda termasuk salah satu orang yang menderita rasa nyeri pada penis ketika ejakulasi, maka waspadalah. Sakit saat ejakulasi dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan serius, salah satunya kanker.

Berbagai macam faktor yang menyebabkan sakit saat ejakulasi

Beragam faktor dapat menyebabkan penis sakit saat ejakulasi. Kondisi ini bisa disebabkan oleh penyakit, masalah psikologis, hingga efek dari pengobatan tertentu. Berikut ini beberapa faktor yang berpotensi menjadi pemicunya:

1. Prostatitis

Prostatitis adalah kondisi saat terjadi infeksi atau peradangan pada kelenjar prostat. Selain memicu rasa nyeri saat ejakulasi, penderita kondisi ini mungkin juga akan merasakan gejala lain seperti sakit ketika buang air kecil hingga penis kesulitan untuk ereksi. Sejumlah faktor yang dapat menjadi penyebab prostatitis meliputi diabetes, melemahnya sistem imun, serta penggunaan kateter kemih.

2. Efek operasi

Efek operasi hernia dapat menyebabkan penis sakit saat ejakulasi
Operasi hernia inguinalis dapat mennimbulkan rasa nyeri ketika penis ejakulasi
Operasi dapat menimbulkan efek samping yang membuat penis sakit saat ejakulasi. Beberapa jenis operasi yang dapat menjadi pemicunya, antara lain prostatektomi radikal (pengangkatan semua jaringan kelenjar prostat) dan pembedahan untuk mengatasi hernia inguinalis. Selain penis, pasien mungkin juga akan merasakan nyeri pada bagian testisnya.

3. Kista

Kista yang tumbuh di saluran ejakulasi bisa membuat Anda merasa kesakitan saat mengalami orgasme. Tak hanya itu, kista yang tumbuh di saluran ejakulasi juga berpotensi menyebabkan kemandulan.

4. Obat antidepresan

Penggunaan obat antidepresan dapat memicu efek samping sakit saat ejakulasi. Beberapa obat antidepresan yang mempunyai efek samping tersebut, di antaranya selective serotonin reuptake inhibitors (SSRIs), serotonin and norepinephrine reuptake inhibitors (SNRIs), tricyclics, tetracyclics, dan monoamine oxidase inhibitors.

5. Kanker prostat

Kanker prostat seringkali terjadi tanpa disertai gejala. Meskipun begitu, dalam beberapa kasus, jenis kanker ini dapat mengakibatkan nyeri saat ejakulasi, disfungsi ereksi, hingga urine atau air mani bercampur darah.

6. Trikomoniasis

Infeksi penyakit menular seksual dapat mengakibatkan rasa sakit saat ejakulasi. Salah satu penyakit yang dapat menjadi pemicu berkembangnya kondisi tersebut adalah trikomoniasis. Penyakit ini disebabkan oleh parasit yang disebut Trichomonas vaginalis. Selain sakit ketika ejakulasi, penyakit ini juga menimbulkan sensasi terbakar saat buang air kecil.

7. Terapi radiasi

Terapi radiasi memicu sejumlah efek samping bagi pasien, salah satunya yaitu kemunculan rasa nyeri ketika ejakulasi. Selain memicu rasa nyeri, Anda mungkin juga akan mengalami disfungsi ereksi. Namun, efek samping yang ditimbulkan biasanya hanya bersifat sementara.

8. Keracunan merkuri

Keracunan merkuri disebut-sebut dapat menyebabkan sakit saat ejakulasi
Keracunan merkuri dari konsumsi ikan yang terpapar dapat menyebabkan nyeri ejakulasi
Dalam sebuah studi, ada beberapa laporan yang menyebut bahwa keracunan merkuri dapat membuat ejakulasi terasa menyakitkan. Kandungan merkuri tersebut masuk ke dalam tubuh melalui ikan yang dikonsumsi para partisipan. Namun, masih dibutuhkan banyak penelitian untuk mencari tahu keterkaitan merkuri terhadap munculnya rasa sakit saat ejakulasi.

9. Masalah psikologis

Masalah kesehatan mental seperti depresi, kecemasan, dan stres dapat merusak kehidupan seksual seseorang. Salah satu gejala yang mungkin ditimbulkan yaitu kemunculan rasa sakit setelah ejakulasi. Dalam beberapa kasus, penderitanya bahkan tidak merasakan perasaan apa pun ketika orgasme.

Bagaimana cara mengatasi rasa sakit saat ejakulasi?

Cara mengatasi sakit saat ejakulasi harus disesuaikan dengan kondisi yang mendasarinya. Sebagai contoh, jika masalah ini disebabkan oleh infeksi penyakit menular seksual, dokter mungkin akan meresepkan obat antibiotik sebagai solusinya.Beberapa tindakan penanganan lain yang dapat dijadikan pilihan untuk mengatasi nyeri saat ejakulasi berdasarkan penyebabnya, antara lain:
  • Operasi jika rasa sakit muncul sebagai gejala kanker prostat
  • Penggantian obat jika rasa sakit muncul sebagai efek samping dari konsumsi obat-obatan tertentu
  • Psikoterapi dan perubahan gaya hidup jika rasa sakit yang terjadi disebabkan oleh masalah psikologis
Oleh sebab itu, segeralah konsultasikan kondisi Anda ke dokter jika menderita rasa nyeri saat ejakulasi. Penanganan sesuai kondisi yang mendasarinya dapat membuat Anda sembuh lebih cepat dan mencegah kondisinya bertambah parah.

Catatan dari SehatQ

Penyebab penis sakit saat ejakulasi dipicu berbagai macam faktor, mulai dari gejala penyakit, efek pengobatan, hingga adanya masalah psikologis dalam diri seseorang. Maka dari itu, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter apabila mengalami kondisi ini agar mendapat tindak penanganan yang tepat.Untuk berdiskusi lebih lanjut soal penyebab penis nyeri saat ejakulasi dan cara mengatasinya, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
orgasmekanker prostatprostatitis
Healthline. https://www.healthline.com/health/mens-health/painful-ejaculation
Diakses pada 22 April 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320470
Diakses pada 22 April 2021
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5002007/
Diakses pada 22 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait