Penis Keluar Nanah, Penyakit Menular Akibat Seks Tidak Aman

Penis keluar nanah salah satu penyebabnya adalah bakteri yang ditularkan lewat hubungan seksual
Penis keluar nanah adalah salah satu ciri penyakit menular seksual, yaitu kencing nanah

Kencing nanah adalah salah satu penyakit menular seksual yang paling sering terjadi. Pada pria, penyakit ini ditandai dengan penis keluar nanah dan rasa tidak nyaman di panggul. Seberapa berbahayakah kencing nanah?

Di penjuru dunia, World Health Organization (WHO) mencatat ada lebih dari satu juta orang menderita penyakit menular seksual. Angka ini sangatlah fenomenal. Jelas, penularannya terjadi lewat hubungan seks oral, anal, hingga vaginal.

Mengenal Kencing Nanah (Gonorrhoea)

Neisseria gonorrhoea adalah salah satu bakteri yang ditularkan lewat hubungan seksual. Tiap tahunnya, tak kurang dari 78 juta orang mengalami kencing nanah. Lebih jauh lagi, penyakit infeksi menular seksual seperti kencing nanah juga menyebabkan radang pelvis hingga kemandulan pada wanita.

Dalam bahasa Indonesia, kencing nanah juga biasa disebut gonore. Pada pria, gejala yang paling umum dirasakan adalah penis keluar nanah. Rasa tidak nyaman ini akan bertambah saat sedang buang air kecil. Apalagi, penderita kencing nanah cenderung lebih sering merasa ingin buang air kecil.

Ketika seseorang mengalami penis keluar nanah, dokter biasanya akan merunut aktivitas seksual yang dilakukannya. Kemudian, sampel cairannya akan diperiksa di laboratorium.

Penyebab Kencing Nanah

Meskipun terkesan horor, kencing nanah adalah penyakit yang bisa disembuhkan. Namun sebelumnya, sangat penting untuk tahu penyebab kencing nanah.

Seperti yang disebutkan di atas, infeksi terjadi lewat hubungan seksual. Entah itu anal, oral, atau vaginal. Bahkan tanpa ejakulasi sekalipun, seorang pria bisa terinfeksi Gonorrhoea.

Bagi pria yang aktif secara seksual, untuk menghindari penis keluar nanah karena Gonorrhoea, disarankan melakukan seks yang terproteksi. Gunakan kondom dengan tepat. Tak lupa, periksakan diri secara berkala.

Selain Penis Keluar Nanah, Apa Saja Gejala Kencing Nanah pada Pria?

Gejala kencing nanah antara pria dan wanita bisa berbeda. Gejala akan lebih terasa pada pria, di antaranya:

  • Sensasi terbakar saat buang air kecil
  • Penis keluar nanah berwarna kuning, hijau, atau putih
  • Frekuensi buang air kecil lebih sering
  • Demam
  • Rasa gatal dan tidak nyaman pada dubur
  • Lebih sensitif pada cahaya
  • Sendi terasa nyeri
  • Kelenjar getah bening di leher membengkak

Gejala-gejala di atas tidak serta-merta terasa. Biasanya, penderita baru akan merasakan setelah terinfeksi selama beberapa hari.

Cegah Penis Keluar Nanah dengan Seks Aman

Tidak ada pria yang ingin mengalami penis keluar nanah akibat Gonorrhoea. Itu sebabnya, langkah terbaik adalah melakukan aktivitas seksual dengan aman.

Pertama, pastikan pasangan tidak menderita penyakit infeksi menular seksual apapun. Kedua, gunakan kondom sebagai pelindung saat berhubungan seksual. Ketiga, bekali diri dan pasangan dengan pengetahuan seksual yang memadai.

Bakteri Gonorrhoea bisa disembuhkan lewat antibiotik. Selama pengobatan, sebaiknya penderita juga tidak melakukan hubungan seksual. Di kemudian hari, orang-orang yang pernah mengalami kencing nanah juga perlu memeriksakan kondisi mereka secara berkala.

CDC. https://www.cdc.gov/std/gonorrhea/stdfact-gonorrhea.htm
Diakses 5 Mei 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/155653.php
Diakses 5 Mei 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4366410/
Diakses 5 Mei 2019

WHO. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/sexually-transmitted-infections-(stis)
Diakses 5 Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed