Mengenal Cara Mengatasi Vertigo yang Efektif

(0)
Cara mengatasi vertigo dengan gerakanLakukan gerakan Epley untuk mengurangi gejala vertigo.
Pengobatan vertigo bergantung pada penyakit yang menjadi penyebab. Sebagian besar kejadian vertigo akan reda dengan sendirinya dalam waktu 24-48 jam. Hal ini dapat terjadi saat otak dapat beradaptasi dengan perubahan keseimbangan pada telinga dalam. Namun jika vertigo menetap, atau bahkan bertambah parah, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter. Hal yang perlu diingat bahwa vertigo bukanlah penyakit, melainkan gejala. Jadi, sangat penting untuk mengidentifikasi jenis vertigo dan penyebabnya, untuk menentukan pengobatan vertigo yang paling tepat.Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV) adalah jenis vertigo yang paling umum dialami. Kondisi ini disebabkan oleh kelainan partikel otolit (semacam kristal di dalam rumah siput, organ keseimbangan di telinga bagian dalam). Otolit ini yang menyebabkan sel saraf dalam telinga mengirimkan sinyal ke otak, seolah-olah ada pergerakan. Beberapa penyebab lain yang umum adalah labirinitis, penyakit Meniere, migrain, dan gangguan kecemasan.

Pengobatan Vertigo Melalui Latihan Gerakan

Manuver Epley adalah salah satu latihan yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengurangi gejala BPPV. Walaupun sebaiknya Anda melakukannya dengan bimbingan dokter terlebih dahulu. Dengan manuver ini, diharapkan otolit penyebab BPPV dapat bergerak ke ruang terbuka, ke tempat yang lebih memudahkan penyerapan. Berikut adalah langkah-langkah manuver Epley:
  1. Letakkan bantal di atas ranjang. Posisikan sedemikian sampai jika Anda merebahkan badan, kepala Anda ditopang bantal di bagian tengkuk/leher, kepala Anda sedikit menengadah.
  2. Duduk di atas ranjang, kaki diluruskan ke depan. Tengokkan kepala Anda 45° ke kanan (ke arah telinga yang terganggu).
  3. Mempertahankan posisi kepala tadi, rebahkan badan sampai tengkuk menyentuh bantal, kepala tengadah masih dalam posisi miring 45°.
  4. Pertahankan posisi selama 30 detik.
  5. Tengok 90° ke arah sebaliknya, pertahankan posisi selama 30 detik.
  6. Miringkan badan dan kepala sepenuhnya ke sisi yang sama seperti pada langkah di atas, pertahankan 30 detik.
  7. Dekatkan dagu ke dada, lalu perlahan kembali duduk.
  8. Duduk di pinggir ranjang, dan tunggu beberapa menit saat telinga bagian dalam Anda beradaptasi.
Selain manuver Epley, ahli juga menyarankan metode manuver Semont. Manuver Semont dilakukan sebagai berikut:1. Anda bersiap dalam posisi duduk, lalu dokter akan memalingkan kepala Anda untuk setengah melihat lurus ke depan dan berpaling dari sisi yang menyebabkan vertigo terburuk.2. Kemudian dokter akan menurunkan Anda dengan cepat ke samping untuk mengurangi vertigo. Kepala Anda Anda akan diarahkan di atas meja untuk menatap langit-langit. Dokter memegang Anda dalam posisi ini selama 30 detik.3. Dokter kemudian dengan cepat memindahkan Anda ke sisi lain meja tanpa berhenti dalam posisi tegak. Ketika kepala Anda ada di atas meja, Anda akan diarahkan untuk melihat ke bawah meja. Dokter memegang Anda dalam posisi ini selama 30 detik.4. Dokter kemudian membantu Anda duduk kembali.Latihan Brandt-Daroff bertujuan mengatasi vertigo dengan memecah kristal penyebab vertigo. Latihan ini sebaiknya rutin dilakukan sebanyak 5 kali di pagi, siang, dan sore hari, selama 2 minggu. Berikut langkah-langkahnya untuk 1 repetisi:
  1. Duduk di tepi ranjang.
  2. Tengokkan kepala sejauh mungkin ke kiri, pastikan Anda tetap merasa nyaman.
  3. Baringkan tubuh ke kanan, pertahankan 30 detik atau sampai sensasi pusing berangsur hilang.
  4. Duduk kembali dengan posisi kepala netral.
  5. Lakukan sisi sebaliknya.
Jika latihan ini tidak berhasil menjadi pengobatan vertigo, segera periksakan diri ke dokter.

Pengobatan Vertigo dengan Obat-obatan

Beberapa pengobatan vertigo dalam bentuk obat-obatan juga dapat digunakan. Dokter biasa meresepkan meclizine yang cukup efektif. Obat golongan benzodiazepine seperti diazepam juga cukup efektif, namun memiliki efek samping rasa kantuk. Obat anti-inflamasi kadang dapat mengurangi vertigo akibat labirinitis atau penyakit Meniere.Obat-obatan lain diberikan dengan tujuan untuk mengurangi mual dan muntah yang biasa menyertai vertigo. Perlu diingat, obat-obatan ini hanya bersifat mengatasi gejala dan tidak menghilangkan penyebab. Perubahan gaya hidup juga dapat mengurangi vertigo. Penyakit Meniere dapat dikendalikan dengan mengurangi konsumsi garam, kafein, dan alkohol. Selain itu, manajemen stres juga penting, karena stres juga diketahui dapat memicu vertigo.Jika vertigo belum dapat diatasi, beberapa cara berikut dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko jatuh dan cedera:
  1. Duduk segera setelah Anda merasakan vertigo.
  2. Jika Anda sudah dapat mengidentifikasi gerakan yang mencetuskan vertigo, lakukan gerakan tersebut dengan perlahan.
  3. Gunakan penerangan yang cukup jika Anda terbangun di malam hari.
  4. Jika Anda merasa tidak stabil saat berdiri atau berjalan, gunakan tongkat penyangga atau minta tolonglah pada seseorang untuk menopang Anda.
vertigopusing
AAFP. https://www.aafp.org/afp/2005/0315/p1115.html
Diakses pada April 2019
WebMD. https://www.webmd.com/brain/vertigo-symptoms-causes-treatment#2
Diakses pada April 2019
Medicalnewstoday. https://www.medicalnewstoday.com/knowledge/160900/vertigo-causes-symptoms-treatments
Diakses pada April 2019
Michigan Medicine. https://www.uofmhealth.org/health-library/hw205519
Diakses pada 1 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait