Belum Tentu Suntik Insulin, Ini Dia Beberapa Pilihan Pengobatan Diabetes


Pengobatan diabetes melitus tidak selalu harus menggunakan suntik insulin. Beberapa di antaranya bahkan mungkin tidak perlu obat atau suntik insulin, cukup dengan diet dan olahraga. Pada tahap awal, cara mengobati diabetes mungkin bisa dilakukan tanpa obat.

0,0
25 Aug 2021|Rena Widyawinata
pilihan pengobatan diabetes melitus tipe 2Terdapat beberapa pilihan pengobatan diabetes, bahkan tak semua harus minum obat dan suntik insulin
Bagi sebagian orang, punya diabetes mungkin bisa membuat terpuruk. Hidup jadi lebih terbatas. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa hidup nyaman. Beberapa pilihan pengobatan diabetes bisa membuat Anda tetap sehat.Cara mengobati diabetes, atau manajemen diabetes, tidak harus melulu dengan obat atau insulin. Bahkan, Anda bahkan masih bisa hidup normal seperti orang sehat lainnya.Apa saja pilihan pengobatan diabetes melitus? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Pilihan pengobatan diabetes melitus

Mendengar vonis diabetes di ruang dokter mungkin membuat Anda membayangkan kewajiban suntik insulin. Nyatanya, tidak selalu demikian.Ada beberapa cara mengobati diabetes yang mungkin dokter anjurkan, bergantung kondisi kesehatan. Bisa salah satu, atau kombinasi dari beberapa alternatif.Berikut ini adalah beberapa pilihan pengobatan diabetes melitus:

1. Perubahan gaya hidup

Menjaga pola makan dan olahraga merupakan cara mengobati diabetes yang paling utama
Menjaga pola makan dan olahraga merupakan cara mengobati diabetes yang paling utama
Melansir World Journal of Diabetes, perubahan gaya hidup menjadi cara pertama dan utama dalam pengobatan diabetes, khususnya diabetes tipe 2.Penyebab diabetes paling umum adalah gaya hidup tidak sehat. Makan makanan kalori tinggi dan jarang melakukan aktivitas fisik merupakan faktor utama yang membuat seseorang berisiko mengalami diabetes melitus.Orang yang baru memasuki gejala awal diabetes (prediabetes), biasanya akan dianjurkan untuk melakukan perubahan gaya hidup terlebih dulu. Obat-obatan dan insulin akan dipertimbangkan jika cara mengatasi diabetes dengan diet dan olahraga tidak berhasil.Meski begitu, perubahan gaya hidup harus tetap berjalan sekalipun dokter merekomendasikan pengobatan lain.Beberapa perubahan gaya hidup yang bisa membantu mengatasi diabetes, antara lain:
  • Menjalani diet diabetes, yakni pola makan rendah gula, pemilihan karbohidrat kompleks, dan makanan yang punya indeks glikemik rendah
  • Olahraga, tapi pastikan kondisi Anda cukup aman untuk melakukannya. Tanyakan pada dokter mengenai olahraga untuk diabetes yang tepat.

2. Obat diabetes

Saat perubahan pola hidup belum cukup menurunkan kadar gula darah, orang dengan diabetes (diabetesi) mungkin memerlukan bantuan obat-obatan.Pada orang dengan diabetes tipe 2, resistensi insulin bisa menjadi penyebabnya. Resistensi insulin membuat seseorang tidak merespons insulin dalam tubuhnya.Padahal, insulin berfungsi memasukkan gula darah ke sel tubuh, untuk diubah menjadi energi. Tujuannya, agar kadar gula dalam darah tidak terlalu tinggi.Nah, obat diabetes bekerja dengan cara membantu tubuh jadi lebih sensitif terhadap insulin. Jenis pengobatan diabetes lainnya juga bisa membantu pankreas memproduksi lebih banyak insulin.Salah satu obat yang paling umum diresepkan untuk menurunkan kadar gula darah adalah metformin.

3. Suntik insulin

Suntik insulin merupakan pengobatan utama diabetes tipe 1
Suntik insulin merupakan pengobatan utama diabetes tipe 1
Suntik insulin utamanya dipakai dalam pengobatan diabetes tipe 1.Diabetes tipe 1 terjadi karena masalah autoimun yang merusak sel pankreas. Akibatnya, tubuh tidak dapat memproduksi cukup insulin, atau bahkan tidak ada sama sekali.Orang diabetes tipe 1 akan sangat tergantung pada insulin. Penggunaan insulin pump (pompa insulin) dapat membantu pemberian insulin untuk mengendalikan kadar gula darah.Ini karena insulin pump didesain menjadi “pankreas buatan” bagi diabetesi tipe 1.Meski demikian, melansir dari American Diabetes Association, orang dengan diabetes tipe 2 juga mungkin saja membutuhkan suntik insulin pada beberapa kasus. 

4. Pengobatan alternatif diabetes (pelengkap)

Pengobatan alternatif selalu memiliki tempat di hati masyarakat Indonesia, tak terkecuali untuk diabetes. Bahkan, penelitian yang dimuat dalam Journal of Pharmacy and BioAllied Sciences menyatakan hal serupa.Studi itu menunjukkan bahwa sekitar 75% diabetesi di Kanada mengonsumsi pengobatan alternatif yang tidak diresepkan dokter.Pengobatan alternatif diabetes itu bisa berupa bahan herbal, akupunktur, hingga suplemen vitamin dan mineral. Pengobatan ini digunakan sebagai tambahan.Di Indonesia sendiri, beberapa pengobatan alami diabetes yang terkenal, antara lain daun insulin atau kayu manis. Sementara itu, suplemen kromium juga kerap digunakan.Meski demikian, Anda sebaiknya tidak menjadikan obat herbal diabetes atau suplemen lainnya sebagai pengganti pengobatan utama.Bahan herbal dan suplemen masih membutuhkan banyak penelitian untuk membuktikan keampuhannya dalam menjaga kadar gula darah normal.

5. Operasi

Orang diabetes dengan kondisi tertentu perlu menjalani operasi sebagai pengobatan
Orang diabetes dengan kondisi tertentu perlu menjalani operasi sebagai pengobatan
Operasi adalah pilihan terakhir jika seluruh pengobatan di atas tidak memberikan hasil. National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK), terdapat beberapa prosedur yang bisa dipilih untuk pengobatan diabetes, yakni:
  • Operasi bariatrik
Operasi bariatrik dilakukan jika diabetesi juga mengalami obesitas. Obesitas diketahui menjadi salah satu penyebab diabetes.Beberapa orang yang punya diabetes mungkin tidak lagi membutuhkan obat diabetes setelah menjalani operasi ini. 
  • Pankreas buatan
Sesuai namanya, pankreas buatan digunakan untuk menggantikan fungsi organ yang sudah rusak. Prosedur ini bisa menggantikan cek gula darah dan pompa insulin.Biasanya ini diberikan untuk diabetesi tipe 1. Pankreas buatan akan memonitor kadar gula darah Anda dan mengeluarkan insulin secara otomatis sesuai kebutuhan.
  • Transplantasi pankreas
Transplantasi pankreas lebih umum dilakukan untuk pengobatan diabetes tipe 1.Mengingat risiko komplikasi yang muncul cukup signifikan, Mayo Clinic menyebut, prosedur transplantasi pankreas biasanya diberikan kepada diabetesi tipe 1 dengan komplikasi diabetes serius.

Bisakah diabetes disembuhkan?

Diabetes tidak bisa disembuhkan tapi dapat dikendalikan
Diabetes tidak bisa disembuhkan tapi dapat dikendalikan
Sayangnya, diabetes tidak bisa disembuhkan. Tujuan pengobatan diabetes adalah untuk menjaga kadar gula darah normal, meminimalisir gejala diabetes, dan mencegah risiko komplikasi. Namun, penyakit ini bisa dikendalikan.Artinya, dengan pengobatan yang tepat, kadar gula bisa tetap normal. Dokter mungkin saja melakukan perubahan rencana pengobatan beberapa kali menyesuaikan kondisi kesehatan.Bahkan, untuk diabetes tipe 2, bisa saja suatu saat nanti Anda tidak membutuhkan obat-obatan sama sekali. Cukup dengan pola hidup sehat dan rajin olahraga.Sementara itu, untuk diabetes tipe 1, insulin adalah pengobatan utama yang tidak dapat ditawar. Melakukan transplantasi pankreas mungkin bisa membuat Anda memiliki peluang kesembuhan.Meski demikian, seluruh rangkaian manajemen diabetes ini harus selalu dibarengi dengan gaya hidup sehat, seperti makan makanan sehat dan olahraga.Konsultasi dokter secara berkala juga perlu dilakukan untuk melakukan pemantauan kadar gula darah. Saat merasa lebih baik, Anda sebaiknya tidak menghentikan pengobatan tanpa berdiskusi dengan dokter. Berhenti minum obat sepihak bisa membuat rencana pengobatan tidak berjalan dengan baik.

Catatan dari SehatQ

Untuk memastikan pengobatan diabetes berjalan dengan baik, Anda perlu juga memantau secara mandiri.Cek gula darah di rumah, makan makanan sehat, hingga tetap aktif secara fisik adalah cara memastikan pengobatan Anda berjalan dengan baik.Tak lupa, selalu konsultasikan kondisi kesehatan Anda ke dokter. Periksakanlah diri Anda secara rutin.Anda juga bisa melakukan konsultasi dokter online melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
diabeteskomplikasi diabetesprediabetesobat antidiabetes
American Diabetes Association. https://www.diabetes.org/healthy-living/medication-treatments
Diakses pada 6 Agustus 2021
American Diabetes Association. https://www.diabetes.org.uk/diabetes-the-basics/diabetes-treatments
Diakses pada 6 Agustus 2021
World Journal of Diabetes. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5027002/
Diakses pada 6 Agustus 2021
Journal of Pharmacy and BioAllied Sciences. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3249697/
Diakses pada 6 Agustus 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetes/in-depth/diabetes-management/art-20047963
Diakses pada 6 Agustus 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/pancreas-transplant/about/pac-20384783
Diakses pada 6 Agustus 2021
National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases. https://www.niddk.nih.gov/health-information/diabetes/overview/insulin-medicines-treatments
Diakses pada 6 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait