Bernutrisi dan Bebas Gluten, Ini 6 Alternatif Pengganti Tepung Tapioka


Biasanya, tepung tapioka digunakan sebagai bahan pengental dalam sup, saus, dan juga pie. Sayangnya, tepung ini kaya akan karbohidrat kosong. Namun ada beberapa alternatif pengganti tepung tapioka yang lebih sehat seperti pati kentang hingga tepung beras.

(0)
16 Jul 2021|Azelia Trifiana
Tepung maizena bisa menjadi pengganti tepung tapiokaTepung maizena bisa menjadi pengganti tepung tapioka
Hasil dari ekstrak sari pati tumbuhan singkong salah satunya bisa menjadi tepung tapioka. Namun, tak sedikit yang menyebut tepung satu ini mengandung kalori kosong karena nutrisinya terbatas hanya pada karbohidrat. Jika ingin mencari pengganti tepung tapioka, ada banyak alternatifnya.Mengandung sedikit nutrisi bukan berarti tak layak konsumsi. Hanya saja, terkadang seseorang juga perlu penggantinya ketika bahannya tak tersedia.

Jenis pengganti tepung tapioka

Biasanya, tepung tapioka digunakan sebagai bahan pengental dalam sup, saus, dan juga pie. Sebab, memasukkan tepung ini ke dalam masakan tidak akan mengubah rasanya.Selain itu, tepung tapioka juga bisa dikombinasikan dengan tepung lain untuk membuat roti. Jika sedang tidak tersedia atau ingin mencari bahan lain, apa saja pengganti tepung tapioka yang layak dicoba?

1. Tepung maizena

tepung maizena
Maizena sebagai pengganti tepung tapioka
Cornstarch atau tepung maizena adalah pengganti tepung tapioka yang mudah ditemukan di mana-mana. Secara alami, tepung maizena juga bebas gluten sehingga bisa dikonsumsi oleh mereka yang sensitif.Namun bedanya, tepung maizena lebih mengentalkan masakan ketimbang tapioka. Jadi, sebaiknya kurangi jumlahnya sekitar setengahnya. Jadi, jika resep memerlukan dua sendok makan tepung tapioka, ganti dengan satu sendok makan tepung maizena.

2. Tepung singkong

Jika ingin alternatif tepung tapioka yang lebih bernutrisi, tepung singkong layak jadi pilihan. Perbedaan lainnya adalah tepung singkong terbuat dari seluruh akarnya, sementara tepung tapioka hanya dari bagian tertentu. Selain itu, tepung yang satu ini juga bebas gluten.Pada sebagian besar resep, tepung singkong memiliki rasio sama seperti tapioka. Namun, kadar seratnya yang lebih tinggi membuatnya lebih mengentalkan masakan. Rasanya juga sedikit berbeda mirip dengan kacang.

3. Pati kentang

Produk bebas gluten yang bisa menjadi pengganti tepung tapioka adalah pati kentang. Namun, perlu diingat bahwa ketika dimasukkan dalam resep maka produk yang satu ini bisa membuat teksturnya lebih kental.Oleh sebab itu, jangan lupa menakar ulang berapa banyak pati kentang yang bisa digunakan. Biasanya, kurangi sekitar 25-50% dari jumlah resep tepung tapioka. Kemudian, tambahkan bahan lain yang teksturnya seperti tepung sebagai penyeimbang volume keseluruhan.

4. Tepung serbaguna

Biasa digunakan sebagai pengganti tepung tapioka dengan rasio 1:1, namun tekstur akhir produknya bisa berbeda. Masakan yang menggunakan tepung serbaguna akan berwarna lebih kusam, berbeda dengan tepung tapioka yang membuat masakan tampak lebih cerah.Selain itu, siasati juga durasi memasak. Tepung serbaguna perlu dimasak sedikit lebih lama agar tekstur bubuknya hilang. Namun, jenis tepung satu ini masih mengandung gluten dan tidak disarankan bagi yang sensitif.

5. Arrowroot

Tepung arrowroot terbuat dari tanaman Maranta arundinacea. Tepung bebas gluten ini sangat mirip dengan tapioka dan bisa digunakan dengan rasio 1:1. Tepung ini cocok digunakan sebagai pengganti tapioka dalam mengentalkan masakan.Namun, perlu diingat bahwa tekstur kenyal yang dihasilkan tapioka mungkin tak akan diperoleh dari tepung arrowroot. Jadi, sebaiknya gunakan bersamaan dengan kombinasi tepung lainnya.

6. Tepung beras

Bebas gluten dengan rasa yang hampir tak kentara, tepung beras juga bisa jadi pengganti tepung tapioka. Hasil akhir masakan dengan tepung beras menjadi lebih kental sehingga mungkin perlu dikurangi sedikit jika dibandingkan dengan tapioka.Banyak orang yang memilih tepung beras karena ketika dimasukkan dalam resep, tidak akan mengubah rasa dari produknya.

Mengenal nutrisi tepung tapioka

Beberapa jenis tepung di atas bisa jadi alternatif pengganti tepung sagu dan juga tapioka. Mengingat tapioka hanya mengandung sedikit nutrisi berupa serat, protein, atau zat nutrisi mikro lainnya, tak ada salahnya mencoba jenis tepung lain.Namun, kelebihan tepung tapioka adalah kandungan resistant starch yang berfungsi layaknya serat. Artinya, bisa mengoptimalkan sensitivitas insulin, menurunkan kadar gula darah, hingga mengurangi nafsu makan.

Catatan dari SehatQ

Bagi yang sedang mencari bahan pengganti tepung tapioka dan menjalani diet bebas gluten, pastikan produk alternatifnya benar-benar bebas gluten. Bukan hanya melihat dari kemasan, namun juga proses pembuatan hingga transportasinya.Ingat pula ketika mengaplikasikan bahan pengganti tapioka di atas, mungkin perlu penyesuaian takarannya. Resep untuk tapioka mungkin akan jadi berbeda ketika menggunakan bahan lain seperti tepung beras dan tepung maizena.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar cara memilah konsumsi makanan berbahan tepung, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehatmakanan dietpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/tapioca-flour-substitute
Diakses pada 2 Juli 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/tapioca-flour-substitutes
Diakses pada 2 Juli 2021
Mashed. https://www.mashed.com/184652/heres-what-you-can-substitute-for-tapioca-flour/
Diakses pada 2 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait