Tak Perlu Risau, Bahan Ini Bisa Diolah Menjadi Pengganti Heavy Cream

Pengganti heavy cream sebenarnya mudah dicari, seperti susu, susu evaporasi, susu kedelai, serta keju cottage
Susu evaporasi merupakan salah satu pengganti heavy cream yang mudah dicari

Apabila Anda gemar bereksperimen di dapur, heavy cream mungkin sudah beberapa kali digunakan dalam membuat makanan. Heavy cream sering digunakan dalam aneka resep, seperti sup, saus, atau dijadikan topping makanan manis.

Heavy cream terbuat dari bagian susu yang tinggi lemak, dengan kadar lemak yang mencapai 36-40%. Dengan demikian, beberapa orang pun sering menghindari bahan makanan ini.

Beruntung, pengganti heavy cream dapat dibuat dari bahan makanan lain yang lebih rendah kalori. Apa saja?

Aneka pengganti heavy cream yang lebih rendah kalori

Berikut beberapa pengganti heavy cream yang mudah dibuat:

1. Susu kedelai ditambah minyak zaitun

Bagi Anda yang tak mengonsumsi olahan susu sapi, campuran susu kedelai dengan minyak zaitun dapat menggantikan heavy cream. Minyak zaitun dapat menjadi pilihan untuk menambahkan lemak, sehingga fungsi dan rasanya dapat mirip dengan heavy cream.

Caranya pun tak sulit. Anda dapat mencampurkan susu kedelai dan minyak zaitun dengan perbandingan 2:1. Misalnya, masukkan 10 sendok makan susu kedelai (sekitar 159 ml) dan 5 sendok makan minyak zaitun (sekitar 79 ml) ke dalam wadah.

Campuran ini dapat digunakan sebagai pengganti heavy cream untuk menambah kelembutan dan cita rasa saat memasak maupun memanggang. Namun, campuran susu kedelai dan minyak zaitun ini tidak dapat digunakan untuk resep yang membutuhkan metode whipping.

2. Susu evaporasi

Susu evaporasi cenderung lebih lebih kental dan creamy jika dibandingkan dengan susu biasa. Apabila Anda mencari pengganti heavy cream yang lebih sehat, susu evaporasi dapat menjadi pilihan. Kalori susu evaporasi juga biasanya lebih rendah dari kalori heavy cream.

3. Greek yogurt dan susu

Campuran Greek yogurt dan susu pun dapat menjadi alternatif untuk menggantikan heavy cream demi masakan yang lebih kental. Tak hanya itu, Greek yogurt juga mengandung protein, sehingga lebih sehat. Greek yogurt dapat Anda campurkan dengan susu, hingga kekentalannya mirip dengan heavy cream.

Yogurt pengganti heavy cream
Campuran greek yogurt dengan susu dapat menjadi pengganti heavy cream

Namun, penting juga untuk digarisbawahi bahwa campuran ini tidak dapat digunakan untuk resep yang membutuhkan teknik whipping.

4. Keju cottage dan susu

Keju cottage sebenarnya sudah bisa Anda olah sebagai pengganti heavy cream untuk menambahkan kekentalan saus. Agar tidak menggumpal, Anda dapat menggunakan hand blender atau blender celup.

Untuk mendapatkan kekentalan yang mirip dengan heavy cream, mencampurkan keju cottage dengan susu juga dapat dilakukan. Campurkan kedua bahan tersebut dengan perbandingan yang sama, sampai bongkahan keju tak terlihat lagi.

Dengan rasanya yang khas, tentu tak semua jenis makanan bisa menggunakan pengganti heavy cream dari keju cottage dan susu. Beberapa olahan yang bisa menggunakan campuran ini adalah sup yang gurih dan saus.

5. Santan

Selain susu sapi dan susu kedelai, santan kelapa pun dapat Anda gunakan sebagai pengganti heavy cream. Caranya pun sangat mudah dengan mendiamkan santan di lemari es selama satu malam. Kemudian, tuangkan bagian cairnya ke dalam wadah lain.

Sisa santan yang mengeras dan kental dapat digunakan sebagai pengganti heavy cream. Krim ini bisa dicampurkan ke dalam adonan kue, membuat es krim santan (es puter), atau mengocoknya sebagai topping.

6. Half-and-half cream dan mentega

Half-and-half cream terbuat dari setengah susu dan setengah krim, dengan kandungan lemak sekitar sepertiga dari lemak heavy cream. Untuk beberapa jenis makanan, seperti saus dan cream soup, half-and-half cream sendiri dapat digunakan.

Anda pun dapat menggunakan campuran half-and-half cream dengan mentega, karena mentega memberi tambahan lemak dalam campuran ini. Campuran half-and-half cream dengan mentega dapat digunakan untuk berbagai resep, termasuk sajian yang membutuhkan metode whipping.

Untuk membuat pengganti heavy cream ini, Anda tinggal mencampurkan half-and-half cream dengan mentega dengan perbandingan 8:1. Misalnya, jika Anda memasukkan 232 gram half-and-half cream, Anda tinggal menambahkan 29 gram mentega yang sudah dicairkan.

Itulah beberapa resep sederhana sebagai pengganti heavy cream. Tentunya, resep di atas dapat memberikan citarasa dan kekentalan pada makanan Anda, serta lebih rendah kalori.

Healthline. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323822.php
Diakses pada 13 November 2019

Medical News Today. https://www.healthline.com/nutrition/heavy-cream-substitutes
Diakses pada 13 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed