8 Pengganti Baking Powder yang Bermanfaat bagi Kesehatan

(0)
06 Jan 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada banyak pengganti baking powder yang bisa dicoba, salah satunya yogurt plain.Yogurt plain dapat menjadi pengganti baking powder yang menyehatkan.
Baking powder adalah bahan yang biasa digunakan untuk mengembangkan dan menghaluskan tekstur kue. Bahan kue ini terbuat dari natrium bikarbonat dan krim tartar. Sebagian di antaranya juga mengandung tepung maizena.Saat bercampur dengan air, asam yang dikandung krim tartar akan bereaksi dengan natrium bikarbonat sehingga melepaskan gas karbondioksida. Hasilnya, kue yang dipanggang akan mengembang.Saat Anda kehabisan baking powder, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak pengganti baking powder yang mudah dicari dan relatih lebih sehat.

Pengganti baking powder yang menyehatkan

Ada sejumlah bahan lainnya yang memiliki efek sama dengan baking powder, di antaranya:

1. Buttermilk (mentega susu)

Buttermilk atau mentega susu adalah produk olahan susu yang difermentasikan. Rasanya hampir mirip dengan yogurt plain.Karena mengandung asam, mencampurkan buttermilk dengan soda kue dapat menghasilkan efek yang sama dengan baking powder.Untuk mencobanya, tambahkan setengah cangkir (122 gram) buttermilk dan seperempat sendok teh (1 gram) soda kue. Campuran ini setara dengan 1 sendok teh (5 gram) baking powder.Perlu diketahui juga, pengganti baking powder ini sangat menyehatkan karena buttermilk mengandung kalsium hingga protein. Selain itu, produk olahan susu ini juga dipercaya bisa menyehatkan jantung.

2. Yogurt plain

Sama seperti mentega susu, yogurt plain juga terbuat dari susu yang difermentasi. Proses fermentasi ini mampu memecah gula dan meningkatkan kadar asam laktat. Proses ini menyebabkan kadar pH menurun dan meningkatkan kadar asam dari yogurt itu.Karena mengandung pH bersifat asam, yogurt plain dipercaya sebagai pengganti baking powder yang sangat baik. Untuk mencobanya, campurkan seperempat sendok teh (1 gram) soda kue dan setengah cangkir (122 gram) yogurt plain.Yogurt plain juga menawarkan banyak manfaat karena mengandung kalsium, vitamin, probiotik (bakteri baik) yang dapat menyehatkan tulang dan sistem pencernaan.

3. Gula tetes (molasses)

Gula tetes atau molasses adalah pemanis bertekstur kental berwarna hitam. Biasanya, molasses terbuat dari tebu atau buah bit. Pemanis alami ini dipercaya mampu menyehatkan tulang, jantung, hingga menstabilkan gula darah.Molasses sering kali dipercaya sebagai pengganti baking powder karena mengandung asam yang cukup tinggi. Saat dicampurkan dengan soda kue, reaksi asam-basa akan muncul.Gunakan seperempat cangkir (84 gram) molasses dan 1 gram soda kue. Campuran ini setara dengan satu sendok teh baking powder.Namun ingat, karena molasses adalah pemanis alami, sebaiknya kurangi kadar gula yang Anda tambahkan di dalam resep pembuatan kuenya.

4. Krim tartar

Krim tartar adalah bubuk putih bersifat asam. Krim ini biasanya digunakan untuk menstabilkan putih telur dan krim, serta mencegah pembentukan kristal pada gula.Campuran seperempat sendok teh (1 gram) soda kue dan setengah sendok teh (2 gram) krim tartar setara dengan satu sendok teh (5 gram) baking powder.Perlu diketahui, krim tartar memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan dipercaya mampu mencegah infeksi saluran kencing, mengatasi jerawat, hingga meredakan nyeri ulu hati.

5. Susu asam

Susu yang rasanya menjadi asam juga tergolong sebagai pengganti baking powder. Sebab, susu ini telah melalui proses pengasaman sehingga kadar pH-nya menurun.Kandungan asam yang ada pada susu asam dapat bereaksi dengan soda kue untuk memproduksi efek yang sama seperti baking powder. Campuran setengah cangkir (122 gram) susu asam dengan seperempat sendok teh (1 gram) soda kue setara dengan satu sendok teh (5 gram) baking powder.Susu asam memiliki berbagai macam manfaat kesehatan, seperti membantu sistem pencernaan, menghilangkan racun di dalam tubuh, hingga meningkatkan sistem imun.

6. Cuka

Cuka terbuat dari proses fermentasi, di mana bakteri merubah alkohol menjadi asam asetat. Meskipun rasanya sangat kuat, cuka adalah salah satu bahan umum yang sering digunakan untuk membuat kue.Kadar pH yang dimiliki cuka dapat dimanfaatkan sebagai pengganti baking powder, terutama saat dicampurkan dengan soda kue. Pilihlah cuka putih karena rasanya netral dan tidak mengubah rasa kue. Campurkan seperempat sendok teh (1 gram) soda kue dan setengah sendok teh (2,5 gram) cuka untuk menggantikan satu sendok teh (5 gram) baking powder.Menurut riset, cuka putih juga menawarkan banyak manfaat kesehatan, seperti mengontrol kadar gula darah, menjaga berat badan ideal, hingga menurunkan kolesterol.

7. Air perasan lemon

Air perasan lemon dapat menjadi pengganti baking powder yang menyehatkan
Air perasan lemon, pengganti baking powder yang menyehatkan
Air perasan lemon bersifat asam dan mengandung asam sitrat yang cukup tinggi. Inilah alasan mengapa air perasan lemon dapat menjadi pengganti baking powder saat dicampurkan dengan soda kue.Namun, karena lemon memiliki rasa yang sangat kuat, ada baiknya jika Anda menggunakan air perasan lemon sebagai pengganti baking powder pada resep yang tidak memerlukan banyak baking powder.Campuran seperempat sendok teh (1 gram) soda kue dan setengah sendok teh (2,5 gram) air perasan lemon dinilai setara dengan satu sendok teh (5 gram) baking powder.Lemon juga memiliki banyak manfaat kesehatan, di antaranya menjaga kesehatan jantung, menjaga berat badan, mencegah batu ginjal, hingga mencegah anemia.

8. Putih telur

Putih telur dapat menjadi pengganti baking powder yang menyehatkan
Putih telur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan
Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa proses pembuatan kue sering kali membutuhkan putih telur?Saat telur putih dikocok, gelembung udara kecil akan muncul untuk mengembangkan dan menghaluskan tekstur kue.Untuk membuat telur putih sebagai pengganti baking powder, kocoklah telur putih secara perlahan sampai berbusa, setelah itu percepat kocokannya hingga tekstur putih telurnya menjadi lembut.Bagi Anda yang sedang ingin bertanya tentang masalah kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
makanan sehattelurhidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/10-baking-powder-substitutes
Diakses pada 23 Desember 2020
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/447392-why-is-buttermilk-good-for-you/
Diakses pada 23 Desember 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/295714#nutrition
Diakses pada 23 Desember 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318719#benefits
Diakses pada 23 Desember 2020
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/cream-of-tartar.html
Diakses pada 23 Desember 2020
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/sour-milk.html
Diakses pada 23 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/white-vinegar#health-benefits
Diakses pada 23 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/6-lemon-health-benefits#TOC_TITLE_HDR_4
Diakses pada 23 Desember 2020
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait