Pengertian Sepak Bola dan Penjelasan Lengkap Lain Tentang Si Kulit Bundar


Sepak bola adalah olahraga yang dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing berisi 11 orang dengan tujuan memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya dalam waktu 2x45 menit.

0,0
26 Sep 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Pengertian sepak bola adalah olahraga antar 2 tim yang bertujuan memasukkan bola ke gawang lawanSepak bola dimainkan oleh 2 tim dengan tujuan memasukkan bola ke gawang lawan
Sebagai olahraga paling terkenal di dunia, sepak bola memiliki sejarah panjang yang menarik. Bisa dimainkan di mana pun dan kapan pun, sepak bola tak hanya menyenangkan tapi juga menyehatkan tubuh.Ada banyak yang bisa dikupas dari permainan ini. Berikut informasi lengkap seputar sepak bola yang menarik untuk diketahui.
Pengertian sepak bola adalah olahraga yang dimainkan 2 tim dengan tujuan memasukkan bola ke dalam gawang lawang
Sepak bola dimainkan oleh 11 pemain

Pengertian sepak bola

Sepak bola adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim berisi 11 orang di setiap timnya. Sepuluh orang bertindak sebagai pemain yang mengatur pergerakan bola di lapangan dan satu orang sisanya berposisi sebagai kiper.Olahraga ini dimainkan dalam dua babak. Satu babaknya berlangsung selama 45 menit.Tujuan utama dalam permainan sepak bola adalah memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak mungkin selama 2x45 menit dan menjaga agar gawang tidak kemasukan bola dari tim lawan.

Sejarah singkat sepak bola

Sejarah sepak bola modern dimulai pada pada abad ke-18, ditandai dengan berdirinya English Football Association pada 26 Oktober 1863. Dua bulan setelah organisasi tersebut berdiri, yaitu pada 8 Desember 1863, dibuatlah peraturan sepak bola modern pertama.Beberapa tahun setelah berdirinya organisasi sepak bola resmi pertama di dunia, tepatnya pada tanggal 21 Mei 1904, federasi sepak bola internasional pertama bernama Federation International de Football Assosiation (FIFA) turut dibentuk.Di Indonesia sendiri, sepak bola pertama kali dipopulerkan oleh para orang Belanda pada zaman penjajahan.Organisasi sepak bola yang pertama kali berdiri di Indonesia adalah Nederland Indische Voetbalbond (NIVB).Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sendiri berdiri pada 19 April 1930. Asosiasi ini menanungi beberapa organisasi sepak bola daerah dan merupakan tindak lanjut dari Sumpah Pemuda yang dideklarasikan pada 28 Oktober 1928.
Teknik dasar sepak bola antara lain tendangan, sundulan, dan menggiring bola
Teknik dasar sepak bola harus dikuasai setiap pemain

Teknik dasar sepak bola

Untuk bisa bermain sepak bola dengan baik dan membawa timnya menjadi pemenang, seorang pemain harus menguasai teknik dasar sepak bola seperti di bawah ini:

1. Menggiring bola (dribbling)

Untuk bisa membawa bola mendekati area gawang lawan, pemain harus menguasai teknik menggiring bola atau yang sering juga disebut sebagai dribbling.Dribbling dibagi menjadi dua, yaitu speed dribbling dan closed dribbling.

• Speed dribling

Dilakukan dengan menendang bola ke arah depan sambil terus mengejar dan mengarahkannya ke gawang lawan atau pemain satu tim yang dituju. Teknik ini biasanya dipakai saat tidak banyak pemain lawan yang menghalangi.

• Closed dribbling

Teknik ini dipakai ketika pemain sedang diapit atau dikepung oleh beberapa pemain dari tim lawan. Pada closed dribbling, bola tidak boleh berada terlalu jauh dari tubuh. Bola harus dijaga berada kurang dari satu meter dari kaki.Saat bola rapat dengan kaki pemain, lawan akan kesulitan merebutnya.Menggiring bola bisa dilakukan dengan tiga cara, yaitu menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, dan punggung kaki.

2. Menendang bola (kicking)

Menendang adalah salah satu teknik dasar sepak bola yang paling penting untuk dikuasai. Jika Anda menguasai cara menendang bola dengan baik, bola bisa bergerak ke arah yang tepat dan mengurangi risiko direbut lawan.Kesempatan memasukkan bola ke gawang lawan pun jadi lebih tinggi.Pemain yang baik biasanya juga menguasasi beberapa teknik menendang bola, seperti menendang menggunakan kaki bagian dalam, punggung kaki, kaki bagian luar, ujung jari, hingga tumit.

3. Mengoper bola (passing)

Mengoper atau mengumpan bola adalah teknik dasar sepak bola yang wajib dikuasai terutama kalau Anda pemain gelandang (striker) yang harus membantu menyusun serangan.Jika bisa mengumpan bola dengan tepat, pemain di posisi dekat gawang lawan akan semakin mudah mendapatkan bola untuk kemudian mencetak angka.

4. Menyundul bola (heading)

Menyundul bola atau heading bisa dilakukan untuk mengoper bola hingga mencetak gol. Gerakan menyundul juga dapat dilakukan untuk membuang bola saat bertahan dan mematahkan serangan tim lawan.Gerakan menyundul bisa dilakukan dengan berbagai posisi, sambil berdiri, melompat, atau bahkan menjatuhkan diri. Bagian kepala yang digunakan untuk menyundul sebaiknya adalah dahi dan bukan bagian ubun-ubun.

5. Menghentikan bola (stopping)

Stopping adalah gerakan yang dilakukan saat kita menerima bola dari teman satu tim ataupun lawan yang salah arah ketika mengoper bola. Dengan teknik menghentikan bola yang baik, Anda jadi bisa mengontrol si kulit bundar agar tidak mudah terlepas.Untuk menghentikan bola, Anda bisa menggunakan beberapa bagian tubuh seperti perut, dada, seluruh bagian kaki, dan paha.

6. Merebut bola (intercepting)

Untuk bisa mencetak angka, tim Anda perlu menyerang. Untuk itu, Anda perlu menguasai salah satu teknik dasar sepak bola yaitu intercept.Jika dilakukan dengan benar, gerakan ini akan sangat menguntungkan karena bisa mengehentikan serangan lawan sekaligus meningkatkan kesempatan tim menciptakan gol.Namun jika salah melakukannya, teknik dasar sepakbola ini justru bisa memicu pelanggaran.
Gambar lapangan sepak bola
Ukuran lapangan sepak bola harus mengikuti aturan FIFA

Peraturan sepak bola

Berikut ini peraturan dalam permainan sepak bola yang harus diikuti:

1. Lapangan

Ukuran lapangan sepak bola untuk pertandingan sepak bola profesional dewasa menurut aturan FIFA adalah sebagai berikut:
  • Panjang lapangan: 100–110 m untuk pertandingan internasional, boleh 90–120 meter untuk pertandingan biasa.
  • Lebar lapangan: 64–75 m untuk pertandingan internasional, boleh 45–90 meter untuk pertandingan biasa.
  • Luas daerah gawang: panjang 5,5 m dan lebar 18,32 m
  • Jari-jari lingkaran tengah: 9,15 m
  • Kotak penalti: panjang 16,5 m dan lebar 40,32 m
  • Jarak titik penalti ke garing gawang: 11 m
  • Gawang: tinggi 2,4 m dan lebar 7,3 m

2. Bola

Secara umum, berikut spesifikasi bola yang digunakan dalam pertandingan sepak bola.
  • Bentuk: bulat atau bundar
  • Bahan: kulit
  • Ukuran lingkar keliling 68–70 cm
  • Berat: 410–459 gr
  • Tekanan udara bola: 0,6 – 1,1 atm (600 – 1.100 g/cm²)

3. Jumlah pemain

Jumlah pemain dalam masing-masing tim sepak bola terdiri atas 11 pemain. Satu di antaranya bertindak sebagai penjaga gawang.Jumlah pemain bisa berkurang jika ada pemain yang melakukan pelanggaran dan mendapatkan kartu merah. Pemain yang mendapatkan kartu merah tidak boleh melanjutkan permainan.Satu tim masih bisa melanjutkan permainan apabila jumlah pemainnya paling sedikit 7 orang. Jika kurang dari itu, pertandingan tidak bisa dilanjutkan.Pergantian pemain bisa dilakukan sebanyak 3–7 kali, tergantung dari peraturan kompetisi.

4. Perlengkapan pemain

Setiap pemain sepak bola dilarang menggunakan perlengkapan apa pun yang bisa membahayakan diri sendiri ataupun pemain lain sepanjang pertandingan (seperti perhiasan).Perlengkapan dasar yang wajib digunakan dan diikuti oleh para pemain adalah:
  • Seragam tim alias jersey
  • Apabila pemain ingin menggunakan kaus dalam, warnanya harus sama dengan warna jersey yang digunakan
  • Celana pendek
  • Kaus kaki
  • Pelindung tulang kering (shinguards)
  • Sepatu
  • Seragam yang digunakan penjaga gawang harus berbeda dari pemain lain serta wasit dan hakim garis

5. Durasi permainan sepak bola

Pertandingan sepak bola berlangsung dua babak, dengan rincian waktu sebagai berikut:
  • Durasi pertandingan dalam satu babak: 45 menit
  • Waktu istirahat: 15 menit
  • Tambahan waktu: durasi tergantung penilaian wasit berapa lama waktu dalam pertandingan asli terbuang karena adanya hal-hal yang menghambat pertandingan, seperti pelanggaran atau pemain cedera.

Manfaat bermain sepak bola

Permainan sepak bola bisa memberikan berbagai manfaat untuk tubuh, tidak hanya secara fisik tapi juga mental. Berikut manfaat sepak bola untuk kesehatan yang bisa didapatkan.

1. Baik untuk jantung

Sepak bola mengharuskan pemainnya banyak berlari, sehingga olahraga ini termasuk sebagai salah satu olahraga aerobik atau kardio. Olahraga kardio sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.Bermain sepak bola secara teratur juga akan menurunkan kadar lemak berlebih di tubuh dan meningkatkan massa otot. Hal tersebut membuat olahraga ini berguna menurunkan berat badan berlebih yang juga akan berdampak baik bagi jantung.

2. Meningkatkan kebugaran

Saat bermain sepak bola, seluruh tubuh Anda akan bergerak, sehingga selain menyehatkan jantung, olahraga ini juga akan meningkatkan kekuatan, kelenturan, dan stamina.Orang yang rutin bermain sepak bola juga memiliki tulang dan otot yang lebih kuat. Kapasitas paru-paru juga akan meningkat sehingga tubuh bisa mengolah oksigen lebih efisien, membuat stamina meningkat.

3. Ideal sebagai olahraga anak

Sepak bola adalah olahraga tim. Maka dari itu, selain untuk kesehatan fisik, bergabung dengan tim sepak bola dapat mengajarkan anak tentang interaksi sosial, seperti caranya bekerja sama dengan baik.Hal lain yang bisa didapatkan anak adalah kemampuan berkoordinasi dengan baik, konsentrasi, kesabaran, dan membuat keputusan dengan bijak.

4. Menyehatkan mental

Sepak bola adalah olahraga yang seru dan menyenangkan. Bermain sepak bola dinilai dapat meningkatkan rasa percaya diri dan meredakan gangguan kecemasan.Jadi ingin main sepak bola? Jangan lupa untuk lakukan pemanasan sebelum berlatih atau bertanding untuk mengurangi risiko cedera. Main sepak bola secara rutin, ditambah mengonsumsi makanan bergizi seimbang akan membuat tubuh bugar dan diajuhi penyakit.
manfaat sepak bolasepak bola
Better Health Channel. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/soccer-health-benefits
Diakses pada 9 September 2021
Universitas Negeri Yogyakarta. http://staffnew.uny.ac.id/upload/198207112008121003/pendidikan/mk-permainan-sepakbola.pdf
Diakses pada 9 September 2021
Football History. https://www.footballhistory.org/field.html
Diakses pada 9 September 2021
Emral. 2009. Bahan Ajar Sepak Bola Dasar. Diakses melalui: http://repository.unp.ac.id/16034/1/EMRAL-SEPAKBOLA.pdfTim Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Tim Kesebelasan Sepak Bola. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Widiastuti, Sendang Sri. 2019. Mengenal Permainan Olahraga Bola Besar. Ponorogo: Myria Publisher.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://direktori.pauddikmasjabar.kemdikbud.go.id/MODEL/TAHUN%202017/Model%20Paket%20C%20Mahir%20Dalam%20Jaringan/3-Model%20Bahan%20Ajar/BahanAjar/12.%20MODUL%201%20pjok.pdf
Diakses pada 9 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait