Pengertian Sekolah dan Alasan Mengapa Anak Harus Sekolah

(0)
14 Aug 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Pengertian sekolah bukan hanya sebatas pada jenjangnya sajaSekolah dasar adalah jenjang sekolah kedua setelah PAUD
Setiap masuk tahun ajaran baru, orangtua berlomba-lomba memasukkan anaknya ke sekolah favorit, meski banyak yang harus gigir jari karena berbagai alasan. Sebetulnya, apa sih pengertian sekolah? Mengapa memilih sekolah yang baik itu sangat penting untuk perkembangan anak?Pengertian sekolah adalah lembaga pendidikan yang menyelenggrakan jenjang pendidikan formal, baik dalam bentuk sekolah negeri (dikelola pemerintah) maupun swasta. Dalam melakukan kegiatan belajar-mengajar, sekolah bertujuan mendidik para siswa di bawah pengawasan guru.Mutu sekolah sangat bergantung pada proses pembelajaran ini yang bisa juga ditunjang oleh penyediaan fasilitas oleh sekolah, baik dalam bentuk fisik (sarana dan prasarana) maupun kompetensi tenaga pengajar. Semakin baik fasilitas sekolah, kemungkinan lulusannya juga baik pun cukup tinggi.

Mengapa anak harus bersekolah?

Setelah memahami pengertian sekolah, Anda juga harus memahami pentingnya anak masuk ke sekolah yang tepat. Organisasi PBB yang membidangi soal anak-anak (UNICEF) menyayangkan 1 dari 5 anak usia sekolah di dunia tidak bersekolah karena banyak hal, salah satu penyebab yang paling kentara adalah kemiskinan.Padahal dengan bersekolah, anak kemungkinan besar akan memiliki masa depan yang cerah dan dapat memperbaiki taraf hidupnya maupun keluarganya, baik dari segi ekonomi maupun kesehatan. Selain itu, sekolah juga dapat memberi banyak manfaat bagi anak, seperti:

1. Membuka pemikiran

Di sekolah, anak akan diajarkan berbagai mata pelajaran, seperti matematika, bahasa, budaya, dan sejarah, yang akan memperkaya cara pandangnya terhadap dunia. Semakin beragam hal-hal yang dipelajari anak, semakin luas pula lapangan berpikir anak sehingga ia akan lebih melihat lingkungan dengan pikiran yang terbuka (open minded).

2. Mengasah kemampuan sosial

Berdasarkan pengertian sekolah yang dijabarkan di atas, institusi pendidikan bukan hanya tempat untuk anak menuntut ilmu. Sekolah juga menjadi ajang bersosialisasi dengan teman-temannya yang berbeda karakter, latar belakang budaya, hingga kondisi sosial ekonomi.Di sekolah, anak akan belajar rasa solidaritas maupun kompetisi dengan anak-anak lain yang seusianya. Ini adalah bagian penting dalam pembangunan karakter anak ke depannya.

3. Menyalurkan kemampuan

Jika anak Anda senang melakukan berbagai aktivitas fisik, memilih sekolah yang memiliki fasilitas olahraga serta banyak kegiatan adalah hal yang tepat. Di sekolah, anak bisa memanfaatkan lapangan bermain atau teman dengan minat olahraga yang sama sehingga kemampuan motorik kasarnya akan lebih terasah.

4. Mengembangkan potensi anak

Dahulu, kurikulum sebagian besar sekolah berkutat pada mata pelajaran yang rigid dengan sistem penilaian yang kaku. Namun saat ini, banyak jenis sekolah yang lebih fleksibel dan berorientasi pada pengembangan potensi anak yang memang berbeda-beda.Misalnya, ada taman kanak-kanak yang sama sekali tidak mengajarkan baca-tulis-hitung pada murid-muridnya dan lebih banyak melibatkan anak dalam permainan yang mengasah kemampuan kognitifnya. Apa pun sekolah yang Anda pilih, pastikan itu sesuai dengan kondisi buah hati Anda.

Jenjang pendidikan sekolah di Indonesia

Di Indonesia, pemerintah mewajibkan setiap anak untuk bersekolah selama setidaknya 12 tahun atau setara dengan jenjang pendidikan dasar dan menengah. Namun di luar itu, terdapat jenjang pendidikan lain, yakni pendidikan anak usia dini (PAUD) dan perguruan tinggi.

1. PAUD

PAUD adalah lembaga pendidikan untuk anak berusia 0-6 tahun yang berbentuk Kelompok Bermain (KB) untuk anak yang berusia 0-4 tahun dan Taman Kanak-Kanak (TK)/Raudhatul Athfal (RA) untuk usia 4-6 tahun. Tujuan PAUD adalah membantu anak tumbuh dan berkembang secara jasmani dan rohani sekaligus menyiapkan Si Kecil memasuki pendidikan lebih lanjut.

2. Pendidikan dasar

Pendidikan dasar adalah jenjang pendidikan formal yang melandasi pendidikan jenjang menengah. Pengertian sekolah dasar di sini meliputi Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau bentuk lain yang sederajat, yang dilanjurkan dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) atau bentuk lain yang sederajat.

3. Pendidikan menengah

Pendidikan menengah adalah jembatan antara anak yang telah selesai menempuh pendidikan dasar dengan anak yang akan bersiap menunju pendidikan tinggi. Bentuk pendidikan menengah di Indonesia adalah Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) atau bentuk lain yang sederajat.

4. Pendidikan tinggi

Pendidikan tinggi pada dasarnya adalah edukasi yang dilakukan oleh perguruan tinggi, baik melalui program diploma, sarjana, magister, spesialis, maupun doktor. Bentuk perguruan tinggi ini sendiri bermacam-macam, bisa berupa universitas, politeknik, sekolah tinggi, maupun institut.Itulah alasan mengapa anak harus sekolah dan jenjang pendidikan yang harus dilalui. Semoga dengan penjelasan di atas akan membuat Anda sadar mengenai betapa pentingnya pendidikan bagi anak Anda,
sekolahanak sekolah
E-Prints UMS. http://eprints.ums.ac.id/29555/2/BAB_1.pdf
Diakses pada 2 Agustus 2020
UNICEF. https://www.unicef.org/education
Diakses pada 2 Agustus 2020
Education World. https://www.educationworld.in/the-importance-of-school-education-in-child-development/
Diakses pada 2 Agustus 2020
Peraturan Pemerintah Tahun 17 Tahun 2010. http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/PP17-2010Lengkap.pdf
Diakses pada 2 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait