Pengawet Kalsium Propionat dalam Makanan, Amankah Dikonsumsi?


Kalsium propionat adalah zat aditif yang umum digunakan untuk mengawetkan makanan. Kalsium propionat diklasifikasikan sebagai pengawet yang aman dikonsumsi.

(0)
26 Dec 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kalsium propionat biasanya dicampurkan untuk mengawetkan makanan yang dipanggang seperti roti dan pastryRoti dan pastry biasanya mengandung kalsium propionat sebagai pengawet
Saat mengonsumsi makanan olahan, kita akan memasukkan beragam jenis zat aditif seperti pengawet ke dalam tubuh. Salah satu zat pengawet yang umum digunakan oleh produsen makanan adalah kalsium propionat. Sebagai konsumen cerdas, sudah sewajarnya kita mempertanyakan keamanan zat aditif seperti kalsium propionat dalam makanan. Bagaimana status keamanan kalsium propionat dalam makanan?

Apa itu kalsium propionat?

Kalsium propionat adalah zat aditif yang dicampurkan untuk mengawetkan makanan. Zat aditif ini merupakan garam organik alami yang terbentuk dari reaksi kalsium hidroksida dan asam propionat.Kalsium propionat bekerja dengan mengganggu pertumbuhan dan reproduksi mikroba agar tak merusak makanan. Jamur dan bakteri memang menjadi masalah dalam industri makanan yang dipanggang – karena teknik memanggang memberikan kondisi yang hampir ideal untuk pertumbuhan jamurAda beragam jenis makanan  yang mengandung kalsium propionat, termasuk:
  • Makanan yang dipanggang, seperti roti, pastry, dan muffin
  • Produk susu, termasuk keju, susu bubuk, whey, dan yogurt
  • Minuman ringan dan minuman sari buah
  • Minuman beralkohol, seperti bir, minuman malt, dan wine
  • Daging olahan, termasuk hot dog dan ham
Kalsium propionat memiliki kode E282. Penggunaan zat aditif ini pun telah disetujui oleh lembaga seperti Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat, badan kesehatan PBB yaitu World Health Organization (WHO), dan serta lembaga pangan PBB yaitu Food and Agriculture Organization (FAO). 

Apakah kalsium propionat aman dikonsumsi?

Kalsium propionat telah diklasifikasikan sebagai pengawet yang memiliki label “generally recognized as safe” atau secara umum diakui aman. Zat aditif ini memang sebelumnya sudah dikaji dengan cermat oleh FDA. Lembaga PBB seperti WHO dan FAO juga belum menetapkan rekomendasi asupan harian dari penggunaan kalsium propionat. Artinya, ada indikasi bahwa kalsium propionat memiliki risiko yang dianggap sangat rendah.Penelitian dalam laboratorium dan pada hewan menunjukkan hasil yang tidak mengindikasikan bahaya dari kalsium propionat. Namun, pada riset yang menggunakan kalsium propionat dosis tinggi, hasilnya memang dilaporkan berbeda dan menunjukkan efek negatifTubuh manusia juga tidak menyimpan kalsium propionat. Artinya, pengawet ini dilaporkan tidak akan menumpuk di dalam sel-sel tubuh. Kalsium propionat akan dipecah oleh saluran pencernaan sehingga mudah diserap, dimetabolisme, dan dibuang.

Risiko efek samping kalsium propionat

Secara umum, kalsium propionat merupakan pengawet yang aman dengan sedikit atau tanpa efek samping. Pada kasus yang jarang terjadi, kalsium propionat dapat menyebabkan efek samping seperti sakit kepala dan migrain.Walau begitu, beberapa efek negatif tetap dilaporkan dari penggunaan kalsium propionat.  Misalnya, sebuah penelitian tahun 2019 mengaitkan asupan propionat dengan peningkatan produksi insulin dan glukagon, hormon yang merangsang pelepasan glukosa. Peningkatan produksi insulin berisiko mengarah pada resistensi insulin, kondisi yang kemudian berisiko memicu diabetes tipe 2. Selain itu, riset lain dalam Journal of Pediatrics and Child Health menemukan bahwa beberapa anak mengalami kegelisahan, daya fokus yang buruk, dan masalah tidur setelah mengonsumsi roti yang mengandung kalsium propionat setiap hari.Jika khawatir dan bimbang terkait penggunaan kalsium propionat dalam makanan atau yakin bahwa zat aditif ini dapat menyebabkan masalah bagi tubuh, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Anda juga tentu disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan utuh ketimbang membeli makanan olahan dan kemasan.

Catatan dari SehatQ

Kalsium propionat adalah zat aditif yang sering dicampurkan untuk mengawetkan makanan. Zat aditif ini cenderung aman dikonsumsi walau asupan makanan berpengawet memang sebaiknya dikurangi. Jika masih memiliki pertanyaan terkait kalsium propionat, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi zat aditif terpercaya.
makanan sehatnutrisizat gizi
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/21-reasons-to-eat-real-food
Diakses pada 13 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/calcium-propionate
Diakses pada 13 Desember 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/31019023
Diakses pada 13 Desember 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/12173999
Diakses pada 13 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait