Yang Sebaiknya Dilakukan Jika Orang Terdekat Merupakan Penderita Kanker

Penderita kanker amat memerlukan dukungan dan perhatian dari orang terdekatnya
Dukungan dan perhatian amat berarti diberikan pada orang terdekat yang mengidap kanker

Saat mengetahui orang terdekat merupakan penderita kanker, Anda mungkin bingung apa yang harus dilakukan pada awalnya. Kondisi ini berat bagi mereka, namun juga menimbulkan frustasi pada diri sendiri. Ada beberapa tips yang bisa Anda coba praktikkan untuk menunjukkan kepedian pada orang terkasih yang mengidap kanker.

Lakukan ini jika orang terdekat merupakan penderita kanker

Ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan setelah mengetahui kenyataan pahit tersebut:

1. Hadapi kegundahan yang Anda rasakan

Mengetahui orang terdekat mengidap kanker atau tumor tentu sangat memengaruhi kondisi psikologis kita. Perasaan Anda mungkin menjadi tak menentu, merasa takut, dan merasa sedih dengan apa yang dialami oleh orang tersayang.

Anda disarankan untuk menghadapi kegundahan yang dirasakan terlebih dahulu. Dengan demikian, kita akan lebih mampu untuk merawat orang terdekat yang menderita kanker. Jika duka tersebut tak bisa diselesaikan, akan sangat bijak bila Anda mencari bantuan orang lain, termasuk ke psikolog.

2. Dengarkan sepenuh hati

Sekadar mendengarkan orang terkasih penderita kanker memang terdengar mudah. Walau begitu, seringkali hal tersebut lebih sulit pada praktiknya karena kita cenderung ingin berbuat sesuatu. Ingatlah, ‘mendengarkan’ yang mereka sampaikan merupakan hal yang cenderung paling perlu dilakukan.

Penderita kanker adalah orang terdekat
Selalu dengarkan sepenuh hati emosi negatif dikeluarkan orang terdekat Anda

Berikan mereka kesempatan untuk mengekspresikan hal-hal yang dirasakan, walau mungkin ada topik yang membuat Anda tidak nyaman (seperti kematian). Sebab, penting bagi mereka untuk mengeluarkan emosi negatif yang menghimpit diri mereka.

3. Cobalah memposisikan diri sebagai mereka

Akan sangat bermanfaat jika Anda mampu membayangkan diri berada di posisi mereka. Kita tentu tak sepenuhnya dapat memahami bagaimana rasanya mengidap kanker. Walau begitu, membayangkan diri Anda berjuang melawan kanker dapat memberikan insight untuk senantiasa hadir di samping orang terdekat penderita kanker dan memahami ‘amarah’ mereka.

4. Sebisa mungkin, temani orang terkasih saat menemui dokter

Menemani orang terdekat untuk berobat dapat cara untuk menunjukkan perhatian Anda. Ya, rumah sakit dapat menjadi tempat yang menakutkan, dan menunggu giliran dapat menjadi momen yang meresahkan.

Saat di rumah sakit, Anda pun bisa menyimak arahan dan langkah selanjutnya yang diberikan dokter. Namun ingat, setiap keputusan tetap ada di tangan pasien kanker.

5. Pahami bahwa kadang mereka ingin menghabiskan waktu sendiri

Di beberapa waktu, orang terkasih benar-benar ingin menghabiskan waktu seorang diri, dan Anda harus menghormati hal tersebut. Anda pun bisa menjadi ‘advokat’ bagi anggota keluarga lain, agar mereka menghormati kebutuhan penderita kanker untuk melakukan me time.

6. Gali informasi

Anda bisa menggali pemahaman terkait kanker dan tumor yang diderita oleh orang terdekat. Ada banyak sumber informasi terpercaya yang bisa Anda tanyakan, termasuk rumah sakit.

Anda pun bisa membantu orang terdekat penderita kanker untuk mencari kelompok pendukung (support group) yang ada di rumah sakit. Kelompok ini dapat mempertemukan orang-orang yang tengah berjuang melawan kanker yang mungkin saja dibutuhkan oleh oleh orang terkasih Anda. Selain itu, Anda juga bias mencari support group melalui internet.

7. Senantiasa sampaikan bahwa Anda mencintai mereka

Selain aksi nyata yang Anda lakukan untuk menunjukkan perhatian, Anda juga disarankan memberikan afirmasi dan kata-kata positif untuk orang terdekat penderita kanker. Sampaikan bahwa Anda sangat mencintai mereka, serta mereka sangat berarti untuk Anda.

Jangan lupa untuk menyisipkan humor dan canda untuk mencairkan suasana saat berinteraksi dengan mereka.

Senantiasa jaga kesehatan diri

Di samping berusaha merawat, membantu, dan menjaga orang terkasih penderita kanker, kesehatan diri Anda juga tak boleh luput dari perhatian. Beberapa hal yang perlu Anda terapkan untuk menjaga keseimbangan fisik dan mental, yaitu:

  • Tetap mengonsumsi makanan sehat
  • Cari waktu untuk berolahraga
  • Cukupkan kebutuhan tidur
  • Hibur diri dengan hobi, seperti menonton film dan membaca buku
  • Curahkan perasaan ke sahabat dan grup pertemanan Anda
  • Cari bantuan profesional jika kondisi psikologis kian memburuk

Catatan dari SehatQ

Penderita kanker amat membutuhkan perhatian dan bantuan dari orang-orang terdekatnya. Tips di atas bisa Anda terapkan dalam memberikan perhatian pada orang terkasih Anda, saat Anda dan mereka menghadapi fase baru dalam hidup.

Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/tips-for-caregivers-of-cancer-patients-2249310
Diakses pada 23 Januari 2020

Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/tips-for-supporting-a-loved-one-with-cancer-2248966
Diakses pada 23 Januari 2020

Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/understanding-anticipatory-grief-and-symptoms-2248855
Diakses pada 23 Januari 2020

Artikel Terkait