Penderita Hipoglikemia, Ini Cara Menaikkan Gula Darah Lewat Makanan

Salah satu cara menaikkan kadar gula darah rendah adalah dengan makan biskuit
Makan biskuit bisa menaikkan kadar gula darah yang rendah pada penderita hipoglikemia

Dalam sehari, kadar gula darah setiap orang pasti akan naik turun dan terus berubah. Ada banyak faktor yang turut berkontribusi dalam hal ini. Bagi orang yang sering mengalami hipoglikemia, penting untuk tahu cara menaikkan gula darah agar kembali ke angka normal.

Hipoglikemia terjadi ketika kadar gula darah seseorang terlalu rendah yaitu  jika kurang dari 70 mg/dL. Kondisi ini dapat terjadi begitu cepat. Gejala yang ditimbulkan pun bisa berbeda antara satu orang dan lainnya.

Gejala hipoglikemia

Penderita hipoglikemia bisa merasakan perubahan signifikan pada tubuhnya ketika kadar gula darah berada di bawah batas normal. Beberapa gejala hipoglikemia adalah:

Ketika kadar gula darah seseorang terlalu rendah, maka tubuh akan memproduksi hormon epinefrin atau adrenalin. Itulah mengapa penderita hipoglikemia cenderung berkeringat, merasa cemas, dada berdegup lebih kencang, dan rasa kesemutan di beberapa bagian tubuh.

The 15-15 rule

Penderita hipoglikemia harus tahu bagaimana cara menaikkan gula darah dengan cepat. Tentunya jika dibiarkan, gejala-gejala seperti di atas bisa menjadi semakin parah.

Cara menaikkan gula darah yang umum digunakan adalah “The 15-15 rule”. Artinya, konsumsi 15 gram karbohidrat untuk menaikkan gula darah. Kemudian, cek berkala setelah 15 menit.

Jika kadar gula darah masih di bawah 70 mg/dL, tambah porsi karbohidrat yang dikonsumsi.

Meski demikian, hipoglikemia yang dialami remaja atau anak-anak tidak memerlukan asupan karbohidrat hingga 15 gram. Anak bayi butuh sekitar 6 gram, balita sekitar 8 gram, dan anak kecil sebanyak 10 gram.

Cara menaikkan gula darah

Ketika kadar gula darah terlalu rendah, penderita hipoglikemia memerlukan asupan karbohidrat yang bisa dengan cepat meningkatkan gula darah.

Bahkan seorang penderita hipoglikemia yang banyak beraktivitas menyetir, harus selalu membawa sumber karbohidrat ke manapun dia pergi.

Beberapa makanan yang ampuh sebagai cara menaikkan gula darah di antaranya:

1. Selai kacang

Salah satu andalan penderita hipoglikemia sebagai cara menaikkan gula darah adalah selai kacang. Pilih yang tidak mengandung tambahan pemanis agar tidak membuat level gula darah fluktuatif.

Selai kacang mengandung protein dan lemak yang bisa menaikkan gula darah dengan cepat. Konsumsi selai kacang apabila level gula darah mencapai 80 mg/dL.

2. Crackers (kue kering/biskuit asin) dan selai kacang

Apabila gula darah masih rendah setelah mengonsumsi selai kacang, konsumsi crackers berbahan pati gandum untuk menaikkan level gula darah secara bertahap. Gunakan cara ini apabila level gula darah berada di angka 70-80 mg/dL.

3. Buah-buahan

Apabila kadar gula darah sangat rendah yaitu di angka 55-70 mg/dL, konsumsi buah-buahan yang bisa membantu menaikkan gula darah. Beberapa di antaranya adalah:

Secara alami, buah-buahan di atas mengandung kadar gula lebih tinggi ketimbang buah lainnya. Selain itu, kandungan serat pada buah-buahan juga memastikan gula darah bisa meningkat secara efektif dan cepat.

4. Madu dan jus anggur

Ketika kadar gula darah penderita hipoglikemia sudah menyentuh angka di bawah 55 mg/dL, maka minum madu sesegera mungkin. Biasanya, penderita hipoglikemia akan sulit mengunyah saat berada di level gula darah serendah ini.

Itulah mengapa makanan yang mudah ditelan seperti madu dan jus anggur menjadi pilihan. Jus anggur adalah salah satu jus yang kaya akan karbohidrat dan tidak mengandung lemak atau protein sama sekali.

Apabila level gula darah sudah sangat rendah, fokuslah mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan gula darah dengan cepat. Namun ingat, konsumsinya harus tetap dipantau agar tidak menyebabkan gula darah naik terlalu tinggi secara drastis.

Mencegah terjadinya hipoglikemia

Sudah jelas bahwa orang yang mudah mengalami hipoglikemia perlu mengantisipasi menurunnya gula darah dengan membawa jenis-jenis makanan di atas ke manapun mereka pergi.

Selain itu, ada beberapa cara yang bisa membantu menjaga agar gula darah tidak menurun drastis, yaitu:

  • Makan setiap 4-5 jam sekali
  • Berolahraga ringan sekitar 1 jam setelah makan
  • Selalu cek kadar gula darah sebelum mengonsumsi obat
  • Makan 3 kali sehari ditambah dengan snack time

Jika seseorang masih bertanya-tanya apa yang menyebabkan gula darahnya begitu rendah, ada baiknya mencatat pola makan dan aktivitasnya selama ini. Membuat meal plan sembari berdiskusi dengan dokter bisa membantu menjaga gula darah tetap stabil.

Tak lupa, selalu sediakan makanan yang menjadi cara menaikkan gula darah dengan cepat. Pastikan makanan tersebut selalu ada dalam jangkauan tangan penderita hipoglikemia jika sewaktu-waktu gula darah anjlok.

American Diabetes Association. https://www.diabetes.org/diabetes/medication-management/blood-glucose-testing-and-control/hypoglycemia
Diakses pada 30 Oktober 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/diabetes/low-blood-sugar-healthy-food-type-1-diabetes#8
Diakses pada 30 Oktober 2019

WebMD. https://www.webmd.com/diabetes/guide/diabetes-hypoglycemia#1
Diakses pada 30 Oktober 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed