Penasaran Mengapa Pasangan Setia dalam Sebuah Hubungan? Ini 6 Jawabannya

(0)
16 Jun 2020|Azelia Trifiana
Komunikasi dan kepercayaan yang baik adalah dasar dari pasangan yang setiaAda beberapa faktor yang menyebabkan pasangan setia
Ada banyak alasan seseorang tidak setia pada pasangannya, begitu pula sebaliknya. Meskipun presentase terjadinya perselingkuhan atau ketidaksetiaan dalam sebuah hubungan cukup tinggi, nyatanya banyak pasangan setia satu sama lain. Dalam hubungan yang setia ini, artinya pondasi hubungan mereka telah benar-benar kuat, mulai dari komunikasi hingga kepercayaan.Belum lagi ketika berada dalam sebuah hubungan, seseorang rentan merasakan stres. Entah itu stres karena faktor pekerjaan atau stres karena situasi internal dalam hubungan itu. Mengetahui bahwa situasi tak mungkin berjalan mulus-mulus saja, di sinilah komitmen diperlukan.

Alasan pasangan setia dalam sebuah hubungan

Menjaga komitmen dalam sebuah hubungan bukan hal sepele. Perlu tekad kuat bukan hanya menghalau godaan dari luar saja, tapi juga menjaga agar hubungan tetap romantis dan tidak menjemukan.Beberapa alasan pasangan setia dalam sebuah hubungan adalah:

1. Tanggung jawab moral

Ketika mengikat janji untuk bersama-sama dalam sebuah hubungan, entah itu pacaran atau pernikahan, ada komitmen yang harus dipegang bersama-sama. Pasangan setia adalah orang yang memegang teguh janji ini, terlepas dari situasi apapun yang terjadi. Tak hanya itu, ada faktor religius atau agama juga dalam hal ini. Seperti orang yang tidak berani melanggar janji setia dengan pasangan karena bertentangan dengan ajaran dalam agamanya.

2. Inner child yang “utuh”

Inner child adalah sisi kepribadian seseorang yang tak lepas dari seluruh perjalanan hidupnya. Bagi mereka yang mengalami troubled inner child, bisa saja sulit menjalani hubungan sebagai pasangan setia. Mungkin ini terpengaruh masa lalunya melihat perceraian orangtuanya atau karena faktor keluarga kurang harmonis.Sebaliknya, orang dengan inner child yang terjaga seperti berasal dari keluarga harmonis yang terus bersama hingga tua, juga akan mengaplikasikan hal yang sama pada hubungannya. Secara tak sadar, relationship goal yang diterapkannya adalah agar hubungan yang dibangun ini bisa benar-benar langgeng.

3. Menemukan kenyamanan

Ada banyak orang yang lebih rupawan dan menarik di luar sana, itu pasti. Namun tidak semuanya bisa memberikan kenyamanan seperti pasangan yang dimiliki saat ini. Hal ini juga bisa mendasari pasangan setia dalam sebuah hubungan. Mereka tidak akan repot-repot merugikan diri sendiri dengan mencoba tidak setia, karena seluruh kenyamanan sudah diperolehnya dari pasangan sendiri.

4. Komunikasi lancar

Salah satu faktor yang berperan dalam nyaman tidaknya sebuah hubungan adalah komunikasi. Pada orang yang sudah bisa berkomunikasi tentang apapun pada pasangannya, tentu jarang ada pikiran untuk tidak setia. Komunikasi dalam hal ini mulai dari hal sepele hingga yang berkaitan dengan prinsip hidup sekalipun.

5. Enggan berurusan dengan konflik

Mencoba tidak setia sama seperti membuka pintu selebar-lebarnya untuk masuknya konflik dalam sebuah hubungan. Tak hanya pasti melukai perasaan pasangan, hal ini juga bisa berpengaruh terhadap integritas dan stigma sosial seseorang.Terlebih, menjadi pasangan setia adalah hal yang menyenangkan. Sebaliknya, mencoba main-main dengan kesetiaan hanya akan membuat emosi, tenaga, waktu, dan segala sumber daya lainnya terkuras hanya demi menutupi atau menyelesaikan masalah akibat ketidaksetiaannya.

6. Sangat mengenal pasangan

Salah satu faktor yang membuat seseorang tidak setia adalah banyak pemicu dalam sebuah hubungan, seperti sifat pasangan yang berubah atau tak terduga sebelumnya. Artinya, seseorang belum mengenal betul sifat pasangannya sebelum memutuskan untuk berkomitmen dengannya.Lain halnya dengan orang yang sangat mengenal pasangannya, terlepas dari berapa lama mereka saling mengenal. Ada yang sudah mengenal sejak di bangku sekolah sehingga tak ada lagi yang ditutupi, atau ada pula yang baru mengenal tapi komunikasi dan kejujuran menjadi prioritas sehingga sama-sama saling mengenal.Ketika ada pasangan yang tidak setia, akar masalah bisa terjadi karena banyak faktor. Bukan hanya karena kegagalannya dalam menjaga komitmen, tapi mungkin juga dipengaruhi rasa tidak nyaman dalam membina hubungan dengan pasangan saat ini.Apapun itu alasannya, pasangan setia adalah harta karun yang harus dijaga. Terus berikan apresiasi dengan menghargai orang lain, termasuk pasangan sendiri. Jangan lupa terus perkuat pondasi hubungan dengan mengalokasikan waktu untuk quality time serta mencurahkan kasih sayang sesuai dengan bahasa cinta pasangan.
kesehatan mentalhidup sehatmenjalin hubungan
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/sg/blog/attraction-evolved/201904/what-makes-most-partners-remain-faithful
diakses 1 Juni 2020
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/why-married-people-cheat-2300656
diakses 1 Juni 2020
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/sg/blog/why-bad-looks-good/201905/top-reasons-spouses-stay-faithful
diakses 1 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait