Pemilik Kulit Sensitif Perlu Tahu Cara Merawatnya Berikut Ini


Kulit sensitif mungkin membuat pemiliknya lebih rentan mendapatkan berbagai masalah kulit. Merawat kulit seperti ini tidak gampang namun bukan perkara mustahil.

(0)
18 Nov 2020|Dedi Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Masalah kulit sensitif beragam, dari memerah, ruam, hingga jerawatKulit sensitif rentan mengalami masalah seperti ruam dan jerawat
Salah satu masalah paling umum yang mendera bagian terluar tubuh adalah kulit sensitif. Kondisi ini disematkan pada kulit yang rentan mengalami peradangan dan mudah mengalami masalah. Pemilik kulit demikian akan rentan mengalami masalah jika bersentuhan dengan bahan kimia, pewarna, dan bahan kosmetik lainnya.Reaksi kulit yang sensitif terhadap berbagai bahan di atas bisa berupa ruam atau iritasi. Bukan hanya ketika digunakan, kulit jenis ini akan bereaksi demikian bahkan hanya ketika bergesekan atau menempel.Kemunculan masalah ini umumnya terjadi karena ada kondisi yang melatarbelakanginya. Mengetahui kondisi yang mendasari kemunculan masalah kulit ini adalah cara merawat kulit sensitif yang paling awal yang harus dilakukan. Selain bisa membantu meredakan iritasi juga mampu meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Ciri kulit sensitif yang sering muncul

Untuk mengetahui apakah Anda memiliki kulit sensitif, beberapa gejala di bawah ini bisa dijadikan parameter:
  • Mudah memerah

Saat keluar rumah dan terkena matahari atau angin, kulit wajah mudah memerah? Kemungkinan hal tersebut menandakan bahwa kulit Anda memang termasuk kategori sensitif. Dalam hal ini, kemungkinan besar fungsi perlindungan kulit mengalami gangguan.
  • Sensasi terbakar saat memakai kosmetik

Ciri lain memiliki kulit terlalu peka adalah sering merasakan sensasi terbakar saat memakai kosmetik. Pelindung kulit yang lebih tipis membuat bahan aktif dan wewangian lebih mudah meresap. Tak ayal mereka akan mudah merasakan perih saat memakai sabun, pembersih, atau parfum dengan bahan tersebut.
  • Sering merasa gatal

Kulit yang memiliki pelindung tidak berfungsi dengan baik umumnya akan dengan mudah kehilangan kelembapan. Hal ini membuat kulit menjadi kering dan lebih rentan merasa gatal. Gatal umumnya dating saat cuaca dingin atau sering berendam dengan air panas.
  • Sering mengalami ruam

Jika kulit mudah mengalami ruam merah, kering, atau bersisik jika terkena bahan tertentu? Itu merupakan salah satu ciri kulit sensitif yang biasanya muncul saat pemiliknya menggunakan produk kosmetik, misalnya krim wajah.
  • Mudah muncul jerawat

Kulit yang mudah muncul jerawat berbentuk benjolan merah dan mengandung nanah adalah ciri lain dari kulit sensitif. Waspadailah pemakaian produk penghilang jerawat karena biasanya akan memperburuk keadaan. Konsultasikan dengan dokter agar bisa mendapat produk yang tepat.

Penyebab kulit sensitif dan cara mengobatinya

Cara merawat kulit sensitif atau mengobatinya harus disesuaikan dengan penyebabnya. Beberapa di bawah ini adalah penyebab dan cara mengobatinya:
  • Kulit kering

Jika penyebabnya adalah kulit kering maka yang harus dilakukan adalah menggunakan produk yang bisa menjaga kelembapan kulit. Produk yang digunakan harus lembut namun mampu menjaga kandungan minyak dalam kulit agar kelembapan tetap terjaga. Jika memungkinkan, gunakanlah pelembap yang bebas parfum.
  • Dermatitis kontak iritan

Kulit langsung mengalami masalah seperti ruam merah atau gatal saat bersentuhan dengan iritan disebut dermatitis kontak iritan. Umumnya kondisi ini akan hilang dengan sendirinya. Penting untuk mengetahui bahan yang bisa menyebabkan iritasi.Untuk mengobatinya, oleskan krim steroid untuk meminimalisir peradangan dan gatal. Untuk meredakan rasa terbakar, krim kebas bisa digunakan. Selain itu, Anda juga bisa mandi dengan air dingin dicampur oatmeal guna meredakan kulit yang terbakar.
  • Dermatitis kontak alergi

Pada kasus yang lebih jarang, dermatitis juga mungkin muncul jika kulit bersentuhan dengan alergen. Untuk mengetahui sumber allergi, Anda harus melakukan tes guna memastikannya. Bisa saja alergen berupa sabun, tanaman, perhiasan, nikel, hingga kosmetik.Untuk meredakannya, Anda bisa menggunakan obat antihistamin baik oral maupun oles. Jika alergi disebabkan produk tertentu, menggantinya adalah tindakan cerdas. Bagi yang memiliki alergi nikel, gunakan cat kuku bening pada cincin dan gelang bisa dilakukan.
  • Dermatitis atopik (eksim)

Penyebab kulit menjadi sensitif lainnya adalah dermatitis atopik atau eksim. Kondisi ini menyebabkan kulit kurang mampu melindungi dirinya dari kuman atau bahan kimia dalam produk sehari-hari seperti deterjen. Jika produk lain seperti sabun dan kosmetik aman bagi orang kebanyakan, tidak demikian untuk yang terkena eksim.Untuk mengobatinya, Anda bisa menggunakan pelembab yang mengandung ceramide. Jika deterjen biang keroknya, gantilah dengan produk hipoalergenik yang bebas pewangi. Pada kulit yang gatal, krim antigatal bisa digunakan untuk meredakannya.Kulit sensitif memiliki karakteristik tersendiri tergantung pada penyebab utamanya. Cara merawat kulit sensitif juga harus disesuaikan agar hasilnya tepat dan akurat. Sembarangan menanganinya bisa menyebabkan kondisi kulit makin memburuk.Penasaran dengan kulit dan cara merawat kulit sensitif? Anda bisa konsultasi langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit sensitifkulit keringruam kulitdermatitiseksimeksim atopik
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/sensitive-skin
Diakses pada 18 November 2020
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/news/signs-that-may-mean-you-have-sensitive-skin/
Diakses pada 18 November 2020
Health Grades. https://www.healthgrades.com/right-care/skin-hair-and-nails/9-signs-of-sensitive-skin
Diakses pada 18 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/skin-disorders/sensitive-skin
Diakses pada 18 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait