Kenali Ciri Pemicu Nyeri Pergelangan Tangan yang Anda Alami

nyeri pergelangan tangan bisa disebabkan oleh keseleo
Nyeri pergelangan tangan bukan hanya karena keseleo

Umumnya nyeri pada pergelangan tangan disebabkan oleh keseleo saat berolahraga atau beraktivitas. Namun, tahukah Anda kalau nyeri pergelangan tangan juga bisa disebabkan oleh berbagai hal?

Nyeri pergelangan tangan yang muncul tanpa pemicu yang jelas biasanya mengindikasikan adanya kondisi medis tertentu yang memerlukan pemeriksaan. Penyebab dari nyeri pergelangan tangan beragam mulai dari yang ringan sampai yang berbahaya.

Apa saja penyebab nyeri pergelangan tangan?

Cedera bukan hanya satu-satunya yang menyebabkan nyeri pada pergelangan, lho. Ada juga penyebab lainnya dari kebiasaan yang salah. Berikut penyebab rasa nyeri di lengan.

1. Cedera pergelangan tangan

Nyeri pergelangan tangan dapat diakibatkan karena cedera berupa jatuh dengan lengan terlentang, terlipat yang bisa memicu keseleo, menahan tubuh dengan pergelangan tangan dan bahkan keretakan pada tulang. Cedera yang ringan seperti keseleo masih bisa ditangani di rumah, tetapi keretakan pada tulang memerlukan penanganan dari dokter.

2. Kista ganglion

Kista ganglion merupakan jenis kista yang muncul di jaringan halus pada bagian pergelangan tangan atas dan memunculkan nyeri pergelangan tangan yang menyakitkan. Kista ganglion yang kecil biasanya lebih menyakitkan daripada yang besar terutama jika menekan persarafan.

3. Sindrom terowongan karpal (carpal tunnel syndrome)

Sindrom terowongan karpal adalah salah satu penyebab nyeri pergelangan tangan yang juga cukup umum terjadi. Gangguan ini diakibatkan oleh adanya tekanan atau terjepitnya saraf di bagian pergelangan tangan.

Sindrom terowongan karpal dapat diakibatkan oleh gerakan berulang yang berlangsung dalam waktu yang lama, seperti menggunakan mouse dengan cara yang salah. Selain nyeri pergelangan tangan, penderita sindrom terowongan karpal juga bisa mengalami kelemahan di tangan dan sensasi kebas.

4. Penyakit De Quervain

Penyakit De Quervain ditandai dengan pembengkakan dan peradangan pada bagian tendon dan lapisan di pergelangan tangan yang berada di sisi jempol. Umumnya, penyebab nyeri pergelangan tangan yang satu ini diakibatkan oleh cedera atau penggunaan pergelangan tangan secara berulang.

Gejala dari penyakit De Quervain tidak hanya berupa nyeri pergelangan tangan, tetapi juga adanya pembengkakan pada pergelangan tangan, kelemahan yang menjalar dari jempol sampai lengan bagian bawah, serta sensasi seperti diparut di bagian dalam pergelangan tangan.

5. Tendonitis

Tendonitis dapat menyebabkan nyeri pergelangan tangan akibat adanya robekan pada tendon di pergelangan tangan atau karena peradangan di tendon. Biasanya tendonitis dipicu oleh gerakan berulang yang dilakukan dengan pergelangan tangan.

6. Bursitis

Bursitis melibatkan organ bursa yang berfungsi sebagai bantalan di persendian. Saat organ bursa meradang, maka muncullah kondisi bursitis. Bursitis bisa muncul di bagian tubuh mana saja, seperti di pergelangan tangan.

Tanda-tanda dari bursitis adalah nyeri pergelangan tangan, pembengkakan, dan kemerahan pada pergelangan tangan. 

7. Rheumatoid artritis

Rheumatoid artritis adalah salah satu jenis artritis yang dapat menyerang jaringan di pergelangan tangan dan memicu nyeri pergelangan tangan. Rheumatoid artritis disebabkan karena sistem imun tubuh yang berbalik menyerang diri sendiri.

8. Osteoartritis

Selain rheumatoid arthritis, jenis artritis lain yang bisa menyerang bagian pergelangan tangan adalah osteoartritis. Berbeda dengan rheumatoid artritis, osteoartritis terjadi karena lapisan tulang rawan yang melapisi tulang terkikis.

Kondisi ini sering memicu nyeri pergelangan tangan pada orang-orang yang lanjut usia atau pernah mencederai pergelangan tangannya sebelumnya.

9. Penyakit Kienbock

Penyakit Kienbock mungkin terdengar asing di telinga Anda, tetapi penyakit ini justru sering melanda kaum dewasa muda. Kondisi ini muncul ketika tulang-tulang kecil di pergelangan tangan mulai rusak dan asupan darah ke daerah tersebut mulai terganggu.

10. Patah tulang

Pada kasus tertentu, nyeri pergelangan tangan bisa mengindikasikan patah atau keretakan pada pergelangan tangan. Terkadang patah atau retak tulang tidak disadari dan menimbulkan nyeri pergelangan tangan, bengkak, kesulitan untuk menggerakkan pergelangan tangan, dan kekakuan di pergelangan tangan.

11. Stenosing Tenosynovitis

Pemicu nyeri pergelangan tangan yang satu ini disebabkan oleh jari atau jempol yang terkunci di posisi tertekuk. Penyebab dari gangguan ini tidak diketahui secara pasti, tetapi kondisi ini muncul ketika terjadi iritasi di bagian tendon yang mengatur pergerakan jempol dan jemari.

Penyebab nyeri pergelangan tangan di atas hanya segelintir dari daftar pemicu nyeri pergelangan tangan. Apabila Anda merasakan nyeri pergelangan tangan yang tidak kunjung sembuh atau makin parah, segera konsultasikan ke dokter ortopedi untuk menjalani pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/wrist-pain/symptoms-causes/syc-20366213
Diakses pada 02 Desember 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/312070.php
Diakses pada 02 Desember 2019

WebMD. webmd.com/pain-management/guide/hand-pain-causes#1
Diakses pada 02 Desember 2019

Artikel Terkait